Logo BeritaSatu

Tiongkok Akan Berjuang Hentikan Upaya Kemerdekaan Taiwan

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Tiongkok akan berjuang sampai akhir untuk menghentikan kemerdekaan Taiwan. Beijing bahkan tidak punya pilihan selain bertarung jika ada upaya untuk memisahkan Taiwan dari Tiongkok.

Seperti dilaporkan Minggu (12/6/2022), hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Wei Fenghe seraya mendesak Amerika Serikat (AS) untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dan berhenti merugikan kepentingan Tiongkok.

Dua negara adikuasa terkunci dalam perang kata-kata yang berkembang atas pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri. Taiwan dipandang Beijing sebagai bagian dari wilayahnya yang menunggu penyatuan kembali.

Serangan udara Tiongkok yang sering di dekat Taiwan telah meningkatkan suhu diplomatik, dan pada Sabtu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menuduh Beijing "mengganggu stabilitas" aktivitas militer dalam pidatonya di KTT keamanan Dialog Shangri-La.

Menteri Pertahanan Wei Fenghe membalas dalam pidato berapi-api di acara yang sama, mengatakan Beijing “tidak punya pilihan” selain melawan jika upaya dilakukan untuk memisahkan Taiwan dari Tiongkok.

"Kita akan berjuang dengan segala cara, dan kami akan berjuang sampai akhir. Tidak seorang pun boleh meremehkan tekad dan kemampuan angkatan bersenjata Tiongkok untuk menjaga integritas teritorialnya,” katanya.

“Mereka yang mengejar kemerdekaan Taiwan dalam upaya untuk memecah Tiongkok pasti tidak akan berakhir dengan baik,” tambahnya.

Wei mendesak Washington untuk berhenti mencoreng dan membendung Tiongkok berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dan berhenti merugikan kepentingan Tiongkok.

Tetapi Wei juga memberikan nada yang lebih mendamaikan pada poin-poin, menyerukan hubungan Tiongkok-AS yang “stabil”, yang katanya “penting untuk perdamaian global.”

Selama pidato, Austin menekankan pentingnya jalur komunikasi yang sepenuhnya terbuka dengan para pemimpin pertahanan Tiongkok dalam menghindari salah perhitungan.

Pasangan ini mengadakan pembicaraan tatap muka pertama mereka di sela-sela KTT di Singapura pada hari Jumat, di mana mereka bentrok mengenai Taiwan. Ketegangan di Taiwan telah meningkat khususnya karena meningkatnya serangan pesawat militer Tiongkok ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau itu.

Presiden Joe Biden, selama kunjungan ke Jepang bulan lalu, tampaknya melanggar kebijakan AS selama beberapa dekade ketika, dalam menanggapi sebuah pertanyaan, dia mengatakan Washington akan membela Taiwan secara militer jika diserang oleh Tiongkok.

Gedung Putih sejak itu bersikeras bahwa kebijakan "ambiguitas strategis" mengenai apakah akan campur tangan atau tidak tidak berubah. Perselisihan tersebut hanyalah yang terbaru antara Washington dan Beijing, yang telah bentrok dalam segala hal mulai dari Laut China Selatan hingga hak asasi manusia di Hong Kong dan Xinjiang.

Klaim ekspansif Tiongkok atas laut, yang dilalui perdagangan pengiriman triliunan dolar setiap tahun, telah memicu ketegangan dengan negara pengklaim saingannya, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Stunting Bisa Berpengaruh pada Penurunan Kecerdasan Anak

Stunting harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius karena bisa berdampak ke penurunan kecerdasan anak.

NEWS | 30 September 2022

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022

2026, Tirta Pakuan Bogor Targetkan Pelanggan Capai 220.000

Tirta Pakuan Bogor menargetkan pelanggan dapat bertambah menjadi 220.000 pada 2026. Saat ini, Tirta Pakuan mempunyai 172.552 pelanggan.

NEWS | 30 September 2022

Habiskan Ratusan Juta, Perda Kota Religius Depok Ditolak Kemendagri

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku kecewa dengan keputusan Kemendagri menolak Perda Kota Religius Depok yang sudah menghabiskan ratusan juta rupiah.

NEWS | 30 September 2022

Ini 9 Flyover di Jateng yang Diinisiasi Gubernur Ganjar

Flyover Ganefo adalah salah satu dari sembilan flyover yang dibangun selama masa kepemimpinan Ganjar.

NEWS | 30 September 2022

Pj Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua Bakal Dilantik Akhir Oktober

Kemendagri menargetkan pelantikan penjabat gubernur atau Pj gubernur di tiga provinsi DOB Papua bakal digelar pada akhir Oktober ini. 

NEWS | 30 September 2022

Importir Kedelai AS akan Dapat Sertifikat SSAP dan Bisa Dialihkan ke Konsumen

Pengimpor kedelai AS akan menerima sertifikat SSAP termasuk di Indonesia dan dapat mengalihkannya kepada pihak konsumen hingga empat kali.

NEWS | 30 September 2022

BNPT: Generasi Z dan Milenial Rentan Terpapar Radikalisme

BNPT menyebut bahwa para pemuda generasi Z dan milenial di Tanah Air hingga kini masih rentan terpapar paham radikal.

NEWS | 30 September 2022

Komnas HAM Jelaskan Konteks Pertemuan dengan Lukas Enembe Usai Dicecar DPR

Komnas HAM menjelaskan konteks pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka KPK. 

NEWS | 30 September 2022

BMKG: Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jatim

BMKG Juanda Sidoarjo mengingatkan masyarakat adanya potensi bencana hidrometeorologi terkait perkembangan dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lavani Hadapi Singo Yudha di Semifinal Livoli 2022

Lavani Hadapi Singo Yudha di Semifinal Livoli 2022

SPORT | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings