Logo BeritaSatu

Vaksin Covid Moderna Bisa Picu Risiko Radang Jantung

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Vaksin Covid-19 Moderna dapat menimbulkan risiko peradangan jantung yang lebih tinggi pada beberapa kelompok usia daripada vaksin Pfizer-BioNTech.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (14/6/2022), potensi itu diungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS).

Badan tersebut, bagaimanapun, mengatakan temuan pada miokarditis dan perikarditis, jenis peradangan jantung yang terkait dengan kedua suntikan mRNA, tidak konsisten di semua sistem pemantauan keamanan vaksin Amerika Serikat.

Analisis CDC muncul ketika penasihat Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS bertemu pada hari Selasa untuk membahas otorisasi vaksin Moderna untuk anak-anak dan remaja berusia enam hingga 17 tahun.

Berdasarkan data dari Vaccine Safety Datalink (VSD) sistem, insiden peradangan jantung adalah 97,3 kasus per juta dosis untuk pria berusia 18 hingga 39 tahun setelah dosis kedua suntikan Moderna, dibandingkan 81,7 kasus per juta dosis vaksin Pfizer.

“Informasi yang tersedia menunjukkan bahwa kebanyakan orang dengan miokarditis setelah vaksinasi mRNA Covid-19 pulih dari waktu ke waktu,” kata CDC.

Sementara itu, Politico melaporkan penasihat vaksin independen FDA memberikan suara bulat pada Rabu (15/6) untuk merekomendasikan badan tersebut mengesahkan dua vaksin Covid-19 untuk bayi, balita, dan anak-anak usia prasekolah. Persetujuan panel FDA menempatkan kelompok usia termuda di negara itu selangkah lebih dekat ke imunisasi hampir dua setengah tahun ke depan. pandemi.

Panel beranggotakan 21 orang – terdiri dari dokter anak, pakar penyakit menular, dan peneliti vaksin. Panel menemukan bahwa manfaat memvaksinasi anak di bawah 5 tahun terhadap Covid dengan salah satu vaksin lebih besar daripada potensi risikonya.

FDA diharapkan segera mengizinkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak-anak di bawah 5 tahun dan vaksin Moderna untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Kedua opsi tersebut dapat digunakan pada anak-anak berusia 6 bulan.

Panel penasihat ahli CDC akan mempertimbangkan apakah akan merekomendasikan administrasi tembakan selama pertemuan pada hari Jumat dan Sabtu. Begitu Direktur CDC Rochelle Walensky menandatangani rekomendasi, anak-anak diharapkan mulai menerima suntikan pada hari Selasa.

Anak-anak di bawah 6 tahun yang menerima vaksin Moderna akan mendapatkan dua dosis 25 mikrogram, dengan selang waktu empat minggu. Vaksin Pfizer adalah dua dosis 3 mikrogram tiga minggu terpisah, diikuti dengan dosis ketiga setidaknya delapan minggu kemudian.

Beberapa anggota panel mengisyaratkan kekhawatiran bahwa orang tua mungkin bingung dengan rejimen dosis produk yang berbeda — terutama karena vaksin Pfizer-BioNTech tidak menawarkan banyak perlindungan setelah dua dosis, sementara seri utama Moderna lengkap dengan dua dosis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings