Logo BeritaSatu

Kunjungi PPLI, Tim Kemenperin dan PDGI Jajaki Kerja Sama

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:32 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan pengolah limbah bahan berbahaya beracun (B3) PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) terus menjadi rujukan sejumlah pihak untuk urusan mengolah limbah B3. Dalam waktu sepekan dua institusi menyambangi industri pengolah limbah PPLI di Bogor.

Tim Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru-baru ini meninjau sekaligus mengkaji teknologi pengolahan limbah yang dimiliki PPLI.

"PPLI merupakan tempat pengolahan limbah terbesar di Indonesia, memiliki gedung dan fasilitas yang tertata rapi dan bersih, dengan keteraturan pengelolaan lalulintas manusia dan kendaraan pada plant," ujar tim Kementerian Perindustrian Daniel Ibrahim.

Daniel berjanji usai kunjungan akan melakukan pembinaan dan mendorong industri untuk dapat berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan dan dapat memanfaatkan fasilitas pengelolaan seperti PPLI dengan baik.

Sepekan kemudian, PPLI kembali mendapatkan kunjungan dari Yayasan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) untuk melihat langsung industri pengolahan limbah B3 yang terbesar di Indonesia tersebut.

"Kunjungan kami sebagai bentuk penjajakan kerja sama yayasan PDGI dengan PPLI dalam pengolahan limbah medis yang dihasilkan praktik para dokter gigi yang ada di Indonesia," ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan PDGI, Hananto Seno di gedung Training Center PPLI, Desa Nambo, Klapanunggal Bogor.

Melihat kualitas dan teknologi pengolahan limbah yang di miliki PPLI, mantan dokter kepresidenan SBY tersebut yakin profesional dan mampu menangani limbah medis para dokter gigi se-Indonesia.

Ketua Umum Yayasan PDGI, drg Zulkifli Nasution mengaku memiliki anggota 43.000 dokter gigi se-Indonesia dan lebih dari 30.000 ribu dokter gigi yang memiliki klinik gigi.

"Sebelum mendapatkan izin praktik, seorang dokter gigi harus mengantongi sejumlah syarat. Salah satunya diwajibkan bekerja sama dengan perusahaan pengolahan limbah B3 atau membuat instalasi pengolahan limbah sendiri. Yang kedua sulit kemungkinan dilakukan karena berat persyaratannya. Peluangnya adalah yang pertama, yani sinergi dengan perusahaan pengolahan limbah B3," papar purnawirawan perwira TNI tersebut.

Merespon sejumlah kunjungan tersebut, manager Humas PPLI, Arum Tri Pusposari mengaku siap untuk bersinergi dengan semua pihak dalam menjaga kelestarian lingkungan dari pencemaran limbah B3.

"Kita siap sinergi dengan semua pihak, termasuk PDGI," uja Arum dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (18/6/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022

Bangun PLTS, Green Lifestyle DPR Dinilai Patut Dicontoh

Langkah DPR membangun PLTS untuk memenuhi tambahan kebutuhan energi di lingkungan kompleks parlemen, Gedung DPR, Senayan, Jakarta mendapat apresiasi.

NEWS | 30 September 2022

Parpol Mulai Tawar-menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Partai politik (parpol) mulai tawar-menawar koalisi menuju Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 30 September 2022

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings