Logo BeritaSatu

Petani Didorong Tingkatkan Nilai Tambah Produk lewat Olahan Pascapanen

Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:59 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menerapan teknologi pascapanen terpadu yang diharapkan mampu mengurangi kehilangan hasil padi dari 10-13% hanya menjadi 5-7%. Pengurangan kehilangan dari hasil ini diharapkan akan sangat membantu pertanian di Indonesia untuk bisa tumbuh lebih produktif ke depan.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, mengatakan dengan teknologi pascapanen maka konsumen semakin menerima berbagai produk olahan dari pangan lokal, seperti sagu, aneka umbi, aneka sereal nonpadi yang banyak tersebar di pulau-pulau yang ada di Indonesia.

“Penguatan ketahanan pangan lokal masih memerlukan berbagai dukungan inovasi teknologi pascapanen,” ujar Mentan, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Sabtu (18/6/2022).

Mentan berharap teknologi pascapanen mengikuti perkembangan teknologi terkini sehingga menghasilkan pertanian yang makin maju, mandiri dan modern. Ditambahkannya, diversifikasi pangan lokal diperlukan untuk memperkuat ketahanan pangan dan gizi mulai dari tingkat individu hingga tingkat negara.

Masalah ini juga disampaikan dalam agenda Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 22 bertemakan kostratani sebagai pusat agribisnis, Jumat (17/6/2022), di AOR BPPSDMP, Jakarta.

Hadir secara virtual pada kegiatan MSPP Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Pada arahannya, Dedi mengatakan untuk menghindari akibat dari krisis pangan global maka para petani dan pemerhati pertanian harus terus mengenjot tanam pangan lokal untuk meningkatkan produktivitas.

“Ayo beralih ke pangan lokal, ganti gandum dengan singkong ganti jeruk mandarin dengan jeruk lokal, karena ini yang dapat menyelamatkan pangan lokal,” jelas Dedi.

Hal ini sejalan dengan dengan salah satu fungsi Kostratani sebagai pusat konsultasi agribisnis.

Dedi berharap insan pertanian dapat menggunakan pangan lokal dan produk turunannya untuk kehidupan sehari-hari karena dapat membantu para petani dan keluarganya sejahtera.

Sementara itu narasumber MSPP, Netti Tinaprilla, dosen universitas IPB, mengatakan untuk menghasilkan produk yang akan dijual dilakukan proses produksi. Pengusaha melakukan proses produksi untuk menghasilkan produk yang dijual, dan dapat menjadi input/bahan baku bagi perusahaan lain (intermediate product).

“Proses produksi terjadi melalui berbagai tahap yang menghasilkan value added, karena setiap perlakuan berdampak biaya dan produk telah berubah bentuk sehingga harga jual menjadi naik," jelas Netti.

Adapun nilai tambah (value added) merupakan penambahan nilai karena perlakuan fungsi pemasaran (pengolahan, grading, packaging, slicing).

Narasumber MSPP lainnya, Boyke Sukarya, merupakan petani dan pengusaha milenial tepung talas beserta turunannya. Pada materinya, Boyke menjelaskan bahwa tanaman Balitung (Xanthosoma sagittifolium) merupakan makanan pokok alternatif di berbagai belahan dunia/tropis dan daerah di Indonesia dan termasuk salah satu komoditas sebagai sumber karbohidrat yang sampai sekarang masih belum mendapat perhatian baik dalam pembudidayaan dan industri.

“Balitung merupakan tumbuhan herba dengan batang bagian bawah yang membentuk cabang di bawah tanah yaitu cormel atau sprout. Daur hidup berlangsung dalam 11 bulan," jelas Boyke.

Balitung merupakan sumber karbohidrat tepung dan pati diolah menjadi starchips untuk snacks, roti dan cake, perkedel, campuran bubur serta olahan kuliner lainnya.

“Ke depannya saya ingin mendapatkan dukungan pemerintah di antaranya Bappenas dan Kementan sebagai mitra strategis untuk keberhasilan rencana pengembangan Balitung seluas 5.000 hektar," tutup Boyke.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Relawan Puan Maharani Gelar Kegiatan Memancing

Relawan Puan Maharani menggelar kegiatan Mancing Seru di Cilacap, Jawa Tengah Minggu (2/10/22).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Anies Baswedan Sampaikan Dukacita

Anies Baswedan turut menyampaikan dukacita atas tragedi Kanjuruhan setelah kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Paus Fransiskus Panjatkan Doa untuk Para Korban

Paus Fransiskus memanjatkan doa untuk ratusan jiwa para korban tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

NEWS | 2 Oktober 2022

Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh akan mengumumkan capres yang akan diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024 pada Senin (3/10/2022) besok.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kang Emil Doakan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Diberikan Ketabahan

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau disapa Kang Emil mendoakan agar keluarga korban tragedi Kanjuruhan diberikan ketabahan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Politikus PDIP Minta Tragedi Kanjuruhan Diselidiki secara Serius

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Pareira meminta agar tragedi Kanjuruhan diselidiki secara serius.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sempat Turun, Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Kembali Naik

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi kembali meningkat setelah sempat turun karena kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Calon Pemimpin Papua ke Depan Dinilai Perlu Skrining Ketat

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay mendorong agar rekrutmen para pemimpin Papua ke depan perlu melalui skrining ketat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ketum Muhammadiyah Nilai Tragedi Kanjuruhan Koyak Muruah Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai tragedi Kanjuruhan, telah mengoyak muruah bangsa.

NEWS | 2 Oktober 2022

Respons Anies Disebut Bakal Diusung Nasdem sebagai Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bungkam soal wacana bakal diusung sebagai capres Partai Nasdem di Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Relawan Puan Maharani Gelar Kegiatan Memancing

Relawan Puan Maharani Gelar Kegiatan Memancing

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings