Logo BeritaSatu

Puan: Cuti Melahirkan 6 Bulan demi Cegah Stunting dan Ikatan Ibu-Anak

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:58 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR, Puan Maharani mengungkap alasan pihaknya mendorong cuti melahirkan 6 bulan, yakni untuk mencegah stunting dan memperkuat bonding atau ikatan ibu dan anak. Hal ini, kata Puan, akan diperjuangkan dalam Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

RUU ini berupa memaksimalkan tumbuh kembang anak sehingga permasalahan seperti stunting dapat dihindari. Hal tersebut disampaikan Puan saat mengisi acara Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat yang digelar DPP PDI Perjuangan (PDIP) di Sekolah Partai, Jl Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu, (18/6/2022).

Advertisement

Didampingi Ketua DPP PDIP Bidang Penanggulangan Bencana dr Ribka Tjiptaning, Puan memberikan penyuluhan kepada ratusan ibu hamil dan calon pengantin. Dia juga memberikan sosialisasi mengenai tumbuh kembang anak kepada orang tua yang memiliki anak usia di bawah 2 tahun.

“Di DPR kami sedang memperjuangkan UU Kesejahteraan Ibu dan Anak, yang mana nantinya ibu bekerja yang melahirkan itu cutinya Insyaallah dari 3 bulan menjadi 6 bulan,” kata Puan.

RUU KIA dirancang untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul. RUU yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2022 itu, disebut Puan, penting untuk menyongsong generasi emas Indonesia.

RUU KIA menitikberatkan pada masa pertumbuhan emas anak atau golden age yang merupakan periode krusial tumbuh kembang anak yang kerap dikaitkan dengan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sebagai penentu masa depan anak. Oleh karena itu, RUU ini menekankan pentingnya penyelenggaraan kesejahteraan ibu dan anak secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan.

Dalam RUU KIA, DPR akan memperjuangkan hak bagi para ibu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan saat kehamilan, perlakuan dan fasilitas khusus, serta dan prasarana umum. Salah satunya, kata Puan, dengan cuti melahirkan selama 6 bulan agar anak memiliki tumbuh kembang yang lebih baik.

“Ini juga demi mencegah stunting. Ibu-ibu bekerja diberi kesempatan lebih banyak setelah melahirkan. Supaya memberikan ASI-nya lebih penuh daripada hanya cuti 3 bulan,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perdana, Upacara 17 Agustus Digelar di Titik Nol IKN

Peringatan HUT ke-77 RI digelar di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini merupakan upacara kemerdekaan perdana yang digelar di IKN. 

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

Presiden Jokowi bersama dua cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution menyaksikan kirab budaya saat peringatan HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Partai Prima Harap Keterbukaan Informasi Publik Polri Dievaluasi

Partai Rakyat adil Makmur (Prima) meminta agar keterbukaan informasi publik di lembaga pemerintah, khususnya Polri harus dievaluasi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Menkominfo Tekankan Kedaulatan Digital

Peringatan HUT Ke-77 RI menjadi momentum untuk mengenang perjuangan bangsa dalam menegakkan kedaulatan negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pakai Baju Adat Lampung, John Wempi Wetipo Pimpin Upacara

John Wempi Wetipo mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Unik, Warga Batang Arau Rayakan HUT RI di Atas Perahu

Warga Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat merayakan HUT RI dengan cara yang unik yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di muara sungai.

NEWS | 17 Agustus 2022

Eks Wali Kota Cimahi Dibawa ke KPK, Firli: Tunggu Pemeriksaan

Mantan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna digiring ke Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (17/8/2022)

NEWS | 17 Agustus 2022

Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

Irama musik dangdut membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjoget di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Menlu Blinken Bangga atas Sejarah Persahabatan AS-Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken menyatakan kebanggaannya atas sejarah persahabatan dan kerja sama antara AS-Indonesia.

NEWS | 17 Agustus 2022

Koalisi Gerindra-PKB Depok Akan Berlanjut di Pilkada 2024

Di Kota Depok, PKB dan Gerindra sepakat untuk fokus dan mendukung kandidat yang diusung sampai tingkat kelurahan dan RT, bahkan hingga ke Pilkada 2024.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

EKONOMI | 11 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings