Logo BeritaSatu

Partai Prima Minta KPU Beri Kelonggaran Waktu Pengisian Sipol

Sabtu, 18 Juni 2022 | 22:39 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan kelonggaran waktu pengisian sistem informasi partai politik (Sipol) bagi partai politik (parpol) yang mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024. Wakil Sekretaris Jenderal Prima Anshar Manrulu mengatakan waktu 40 hari yang diberikan dalam pengisian data dan dokumen yang mencapai sekitar 780.000 basis data hanya akan mempersulit bukan hanya partai baru, melainkan semua partai.

“Jika itu tidak bisa karena alasan tahapan yang sudah berjalan, maka solusi bijak harusnya lebih menyederhanakan,” ujar Anshar kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Selain itu, Anshar juga menyayangkan sampai saat ini belum terbit peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) yang mengatur terkait detail pendaftaran. Begitu juga pengisian data administrasi yang harus dilakukan oleh parpol. “Belum adanya kepastian aturan teknis itu membuat parpol kebingungan,” kata Anshar.

Anshar menuturkan Prima jauh-jauh hari sudah melakukan pengisian data internal berbasis aplikasi yang disesuaikan dengan ketentuan pengisian Sipol dalam Pemilu 2019. Sebab, belum ada aturan yang jelas. Hal ini menjadi persoalan tersendiri ke depannya.

“Ini karena sebelumnya KPU dalam agenda sosialisasi telah memastikan bahwa komponen pengisian Sipol untuk Pemilu 2024 berbeda dengan pemilu sebelumnya,” ungkap Anshar.

Anshar memberikan contoh dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pasal 9 ayat 1 huruf (f) masih memungkinkan penggunaan surat keterangan domisili bagi anggota sebagai pengganti KTP. Sementara dalam Sipol saat ini, ketentuan tersebut tidak berlaku lagi.

“Jika memang teknis pengisian Sipol acuannya sekarang masih menggunakan PKPU lama, karena belum ada yang baru, baiknya disamakan saja dengan Sipol pemilu lalu,” tandas Anshar.

Dia juga menegaskan bahwa Sipol hanya alat bantu yang tujuannya untuk mempermudah kerja dan verifikasi partai politik, bukan malah menyulitkan partai politik dalam proses pendaftaran. “Jangan sampai persoalan administrasi justru mengebiri hak politik rakyat,” ucap Anshar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings