Logo BeritaSatu

Rumah Sakit Perlu Disiapkan Antisipasi Kenaikan Covid-19

Minggu, 19 Juni 2022 | 18:18 WIB
Oleh : JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar kesehatan, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan penyiapan rumah sakit (RS) dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) perlu dilakukan sejak sekarang guna mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

"Walaupun sejauh ini persentase yang masuk RS tidak besar, jika jumlah total kasus jadi tinggi, persentase yang harus masuk RS mungkin saja meningkat. Dengan demikian, kesiapan RS dan fasyankes diperlukan," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Advertisement

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI itu mengatakan jika memang peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh subvarian Omicron BA.4 atau BA.5, sejauh ini gejala yang ditimbulkan tidaklah berat.

"Kalau memang peningkatan kasus diakibatkan BA.4 dan BA.5, sejauh ini gejalanya tidaklah berat, sehingga persentase yang butuh masuk RS tidak besar. Sehingga, dampak pada RS atau fasyankes tidak seberat pada waktu Delta," katanya.

Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Asia Tenggara itu mengatakan bahwa pada saat ini beberapa negara Eropa juga tengah mengantisipasi tentang kemungkinan perawatan di RS, terutama untuk layanan dan ruang perawatan intensif (ICU) bagi lansia.

"Tentang lansia ini, ada yang menyebut di atas 60 tahun ada juga di atas 65 tahun. Mungkin lebih baik kalau kita juga mempersiapkan hal yang sama," katanya.

Menurutnya, antisipasi perlu dilakukan guna mencegah kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air. "Seperti yang dikatakan sejak awal, tentu saja tetap harus diantisipasi kalau sekiranya kasus meningkat cukup tinggi, walau persentase yang sakit berat kecil, kalau jumlah total kasus jadi tinggi, persentase yang harus masuk RS dapat saja meningkat," katanya.

Tjandra mengatakan bahwa kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia beberapa pekan terakhir menunjukkan pandemi masih berlangsung. "Kenaikan kasus Covid-19 kembali menegaskan bahwa kondisi saat ini masih dalam pandemi, dan situasi dapat saja sulit diperkirakan," katanya

Tjandra menambahkan bahwa saat ini perlu dicari dengan lebih pasti penyebab kenaikan kasus, dengan menggunakan dua cara. Pertama, meningkatkan pengurutan genom menyeluruh atau whole genome sequencing (WGS) sesuai proporsi. Kedua, perlunya penyelidikan epidemiologi mendalam pada semua atau sebagian besar kasus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

15 Migran Ditemukan Tewas di Perbatasan Libya dengan Sudan

Sedikitnya 15 migran tewas di gurun di perbatasan Libya dengan Sudan. Para migran mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa

NEWS | 14 Agustus 2022

Kejagung Persilakan Surya Darmadi Datang Menghadap

Kejagung (Kejaksaan Agung) mempersilakan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng datang menghadap untuk mengikuti proses hukum.

NEWS | 14 Agustus 2022

Jika Aset Disita, Moskwa Ancam Akhiri Hubungan Rusia-AS

Setiap kemungkinan penyitaan aset Rusia oleh Amerika Serikat (AS) akan sepenuhnya menghancurkan hubungan bilateral Moskwa dengan Washington.

NEWS | 14 Agustus 2022

Kejagung Belum Peroleh Konfirmasi soal Kedatangan Surya Darmadi

Kejagung mengaku belum memperoleh konfirmasi langsung dari bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng terkait kesediaannya balik ke Indonesia.

NEWS | 14 Agustus 2022

Peringatan 120 Tahun Bung Hatta Berlangsung Meriah

Peringatan 120 tahun kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi dan Kabupaten Agam berlangsung seru dan meriah, Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 14 Agustus 2022

Sahabat Polisi Indonesia Ramaikan Run & Ride for Independence Day

Sahabat Polisi Indonesia ikut meramaikan ajang olahraga Run & Ride for Independence Day (RFID) 2022 yang digelar Minggu (14/8/2022) pagi.

NEWS | 14 Agustus 2022

Cacar Monyet, Kanada Distribusikan 99.000 Dosis Vaksin Imvamune

Kanada mendistribusikan lebih dari 99.000 dosis vaksin Imvamune untuk merespons cacar monyet.

NEWS | 14 Agustus 2022

Polandia dan Jerman Hadapi Bencana Lingkungan Besar

Polandia dan Jerman menghadapi bencana lingkungan yang besar. Beberapa ton ikan mati ditemukan minggu ini di Sungai Oder.

NEWS | 14 Agustus 2022

Shanghai Perpanjang Persyaratan Tes Covid-19 Mingguan

Kota Shanghai di Tiongkok memperpanjang persyaratan pengujian Covid-19 mingguan hingga akhir September.

NEWS | 14 Agustus 2022

Menangi Covid-19, Korea Utara Mencabut Aturan Wajib Masker

Korea Utara telah mencabut aturan wajib masker dan melonggarkan pembatasan virus lainnya setelah klaim menangi perang Covid-19.

NEWS | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perlu Waktu Sosialisasi, Pemberlakuan Tarif Baru Ojol Mundur

Perlu Waktu Sosialisasi, Pemberlakuan Tarif Baru Ojol Mundur

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings