Logo BeritaSatu

Survei LSP: Tingginya Popularitas Prabowo Dipengaruhi Kiprah Berpolitik

Senin, 20 Juni 2022 | 20:05 WIB
Oleh : FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Hasil survei Lingkaran Suara Publik (LSP) menyatakan tingkat popularitas dan kesukaan terhadap Prabowo Subianto dipengaruhi oleh kiprah politik Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu selama belasan tahun. Demikian disampaikan peneliti LSP, Indra Nuryadin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (20/6/2022).

"Hal ini wajar mengingat kiprahnya dalam politik nasional dalam kurun waktu 13 tahun terakhir setelah reformasi," kata Indra.

Berdasarkan hasil survei LSP, tingkat popularitas Prabowo Subianto mencapai 95,1 persen, sedangkan tingkat kesukaan sebesar 74,5. Menurut Indra, hal itu juga dipengaruhi oleh keberhasilan Prabowo dalam memimpin Kementerian Pertahanan serta diplomasi pertahanan yang dilakukannya di kancah internasional.

Selanjutnya, berdasarkan hasil survei, di bawah Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki posisi kedua dengan perolehan popularitas 87,7 persen dan tingkat kesukaan publik 57,7 persen.

Di posisi ketiga ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan popularitas 87,8 persen dan tingkat kesukaan 57,4 persen dan posisi keempat diperoleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan popularitas 87,7 persen dan tingkat kesukaan 55,7 persen.

Masih dalam survei yang sama, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh popularitas sebesar 86,1 persen dan tingkat kesukaan 55,1 persen.

Selain menangkap popularitas dan tingkat kesukaan nama-nama bakal calon presiden, survei LSP juga menyoroti tentang tingkat keterpilihan tokoh-tokoh tersebut.

Hasilnya, Prabowo Subianto mendapatkan elektablitas tertinggi dalam format pertanyaan tertutup dengan perolehan 27,7 persen.

"Dari hasil survei ini, untuk sementara waktu belum ada capres yang secara sengit mendekati atau bahkan menyamai, apalagi melewati tingkat keterpilihan Prabowo," kata Indra.

Meskipun perlahan, menurut dia, elektabilitas Prabowo terus meningkat. Terlebih lagi, tambahnya, hingga saat ini Prabowo Subianto belum menunjukkan intensitasnya sebagai capres, baik dalam kegiatan deklarasi maupun kerja-kerja pemenangan tertentu.

Gambaran situasi tersebut, katanya, menunjukkan bahwa Prabowo Subianto bisa jauh unggul jika mesin politik benar-benar digerakkan dan jika Prabowo secara gamblang mendeklarasikan diri maju dalam Pilpres 2024.

Sementara itu, tingkat keterpilihan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masing-masing memperoleh 16,8 persen dan 16,5 persen.

Menariknya, menurut Indra, ialah naiknya elektabilitas Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Secara perlahan, ia berhasil memangkas selisih dengan calon lain dan mendekati AHY dengan selisih hanya 0,4 persen," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

Hari libur akhir pekan Sabtu (1/10/2022) ini, kawasan wisata Puncak kembali diserbu ribuan pengunjung dari wilayah Jabotabek.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Sejarah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dilakukan setelah pemerintah saat itu menumbangkan Gerakan 30 September.

NEWS | 1 Oktober 2022

SiCepat dan Indonesia Pasti Bisa Bantu Rumah Pejuang Kanker Ambu

SiCepat Ekspres berkolaborasi dengan Indonesia Pasti Bisa untuk memberikan bantuan kepada Rumah Pejuang Kanker Ambu.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT, Lesti Kejora Masih Jalani Perawatan Intensif di RS Bunda

Penyanyi Lesti Kejora hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Bunda Menteng setelah mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

NEWS | 1 Oktober 2022

Isak Tangis Iringi Pemulangan 4 Jenazah Korban Pembantaian TPNPB

Empat jenazah korban pembantaian di oleh TPNPB dipulangkan ke kampung halaman diiringi isak tangis.

NEWS | 1 Oktober 2022

Viral, Video Pembantaian Mengerikan oleh TPNPB di Papua Barat

Video pembantaian 4 dari 14 pekerja proyek oleh TPNPB di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, beredar di media sosial.

NEWS | 1 Oktober 2022

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok mengumumkan, menemukan tengkorak manusia yang hampir lengkap berusia sekitar 1 juta tahun dari sebuah situs penggalian di provinsi Hubei.

NEWS | 1 Oktober 2022

Puan: P-20 Beri Dampak Positif untuk Pariwisata Indonesia

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini, forum P-20 atau The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit akan berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

NEWS | 1 Oktober 2022

DPRD Kota Bogor Serap Aspirasi Warga Pascakenaikan BBM

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menjelaskan bahwa reses memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Fotonya di Kafe Tanpa Jilbab Beredar Luas, Wanita Iran Ini Langsung Ditangkap

Pasukan keamanan Iran menangkap seorang wanita setelah foto dirinya dan wanita lain yang sedang makan di sebuah kafe di Teheran tanpa jilbab beredar luas.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings