Logo BeritaSatu

Ikan Pari Raksasa Ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Phnom Penh, Beritasatu.com- Ikan pari raksasa yang hidup di air tawar ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja. Seperti dilaporkan AP, Senin (20/6/2022), para ilmuwan dari negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat menyebut ikan itu adalah ikan air tawar terbesar yang tercatat di dunia.

Ikan pari, yang ditangkap pada 13 Juni, berukuran hampir empat meter dari moncong ke ekor dan beratnya sedikit di bawah 300 kilogram, menurut satu pernyataan Senin (20/6) oleh Wonders of the Mekong, gabungan Kamboja-AS. proyek Penelitian.

Advertisement

Wonders of the Mekong menyatakan rekor sebelumnya untuk ikan air tawar adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kilogram. Ikan itu ditemukan di Thailand pada 2005.

Ikan pari itu ditangkap oleh seorang nelayan lokal di selatan Stung Treng di timur laut di Kamboja. Nelayan itu memberi tahu tim ilmuwan terdekat dari proyek Keajaiban Mekong, yang telah mempublikasikan pekerjaan konservasinya di masyarakat di sepanjang sungai.

Para ilmuwan tiba dalam beberapa jam setelah menerima telepon setelah tengah malam dengan berita tersebut, dan kagum dengan apa yang mereka lihat.

“Ya, ketika Anda melihat ikan seukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang,” kata pemimpin Keajaiban Mekong Zeb Hogan dalam sebuah wawancara online dari University of Nevada di Reno. Universitas ini bermitra dengan Administrasi Perikanan Kamboja dan USAID, badan pembangunan internasional pemerintah AS.

Ikan air tawar didefinisikan sebagai ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar, berbeda dengan spesies laut raksasa seperti tuna sirip biru dan marlin, atau ikan yang bermigrasi antara air tawar dan air asin seperti sturgeon beluga besar.

“Penangkapan ikan pari bukan hanya tentang membuat rekor baru. Fakta bahwa ikan masih bisa sebesar ini adalah tanda harapan bagi Sungai Mekong,” kata Hogan, mencatat bahwa jalur air menghadapi banyak tantangan lingkungan.

Sungai Mekong mengalir melalui Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Ini adalah rumah bagi beberapa spesies ikan air tawar raksasa tetapi tekanan lingkungan meningkat. Secara khusus, para ilmuwan khawatir program besar pembangunan bendungan dalam beberapa tahun terakhir mungkin secara serius mengganggu tempat pemijahan.

“Ikan besar secara global terancam punah. Mereka adalah spesies bernilai tinggi. Mereka membutuhkan waktu lama untuk menjadi dewasa. Jadi jika mereka ditangkap sebelum dewasa, mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak,” kata Hogan.

Para peneliti mengatakan temuan itu adalah ikan pari raksasa keempat yang dilaporkan di daerah yang sama dalam dua bulan terakhir, semuanya betina. Mereka pikir ini mungkin hotspot pemijahan untuk spesies tersebut.

“Ikan-ikan besar ini banyak yang bermigrasi, sehingga membutuhkan lahan yang luas untuk bertahan hidup. Mereka dipengaruhi oleh hal-hal seperti fragmentasi habitat dari bendungan, jelas dipengaruhi oleh penangkapan ikan yang berlebihan. Jadi sekitar 70% ikan air tawar raksasa secara global terancam punah, dan semua spesies Mekong,” paparnya.

Tim yang bergegas ke lokasi memasukkan alat penanda di dekat ekor ikan perkasa sebelum melepaskannya. Perangkat akan mengirimkan informasi pelacakan untuk tahun depan, memberikan data yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang perilaku ikan pari raksasa di Kamboja.

“Ikan pari raksasa adalah ikan yang sangat kurang dipahami. Namanya, bahkan nama ilmiahnya, telah berubah beberapa kali dalam 20 tahun terakhir,” kata Hogan. “Ini ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi kami hampir tidak memiliki informasi tentangnya. Kami tidak tahu tentang sejarah hidupnya. Kami tidak tahu tentang ekologinya, tentang pola migrasinya,” ujar Hogan.

Penduduk setempat menjuluki ikan pari “Boramy” atau “bulan purnama” karena bentuknya yang bulat dan karena bulan berada di cakrawala ketika dibebaskan pada 14 Juni. Nelayan yang beruntung diberi kompensasi dengan harga pasar, yang berarti dia menerima pembayaran sekitar US$ 600 atau Rp 8,8 juta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai penerbangan Rusia, termasuk Aeroflot yang dikendalikan negara, mulai kesulitan suku cadang pesawat.

NEWS | 11 Agustus 2022

Junjung Etika Berinternet Saat Beraktivitas di Ruang Digital

Kompetensi literasi digital menjadi sebuah kebutuhan lantaran di dunia digital acapkali juga dijumpai adanya konten negatif.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings