Logo BeritaSatu

Ukraina Jamin Senjata Barat Bukan untuk Serang Wilayah Rusia

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:49 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Ukraina memberikan jaminan senjata pasokan Barat tidak digunakan untuk menyerang wilayah Rusia. Seperti dilaporkan RT, Rabu (22/6/2022), hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht kepada anggota parlemen setelah mengonfirmasi pengiriman howitzer.

“Satu paket berisi tujuh howitzer self-propelled PzH 2000 Jerman 155-milimeter telah tiba di Ukraina. Kyiv berjanji untuk tidak menyerang target di Rusia dengan senjata Jerman,” kata Lambrecht.

Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov mengunjungi Brussel minggu lalu dan mengambil bagian dalam beberapa pertemuan terkait invasi Rusia.

“Penting baginya untuk membuat jaminan yang jelas bahwa senjata itu hanya akan digunakan untuk pertahanan dan tidak akan digunakan untuk menyerang wilayah Rusia,” kata Lambrecht.dalam satu laporan kepada Bundestag.

Pada Selasa, Reznikov mengumumkan pengiriman PzH 2000-an ke Ukraina. Dia secara pribadi berterima kasih kepada Lambrecht atas kiriman tersebut. Reznikov mengatakan pasukan Ukraina yang dilatih Jerman akan membawa perlawanan ke medan perang.

Pemerintah Ukraina memberikan janji serupa kepada pemasok senjata berat Barat lainnya, yang khawatir bahwa penggunaannya terhadap target di Rusia dapat meningkatkan konflik secara serius. Para pejabat di Kyiv mengindikasikan bahwa mereka menganggap Krimea sebagai bagian dari negara Ukraina daripada Rusia. Atas dasar itu, kemungkinan Krimea akan diserang dengan senjata Barat.

Kepada anggota parlemen, Menteri pertahanan Jerman mengatakan bahwa mulai minggu depan spesialis artileri Ukraina akan memulai pelatihan dalam penggunaan varian Jerman dari sistem roket M270 MLRS buatan AS, MARS II. Berlin akan mengirim tiga peluncur tersebut ke Ukraina, turun dari rencana awal untuk empat unit peluncur.

Pada Selasa, Berlin merilis rincian senjata dan peralatan militer yang dijanjikan akan dikirim ke Ukraina. Di antara senjata berat dalam daftar adalah 54 pengangkut personel lapis baja M113, 30 senjata antipesawat self-propelled Gepard dan satu sistem pertahanan udara IRIS-T SLM.

Rusia menyerang Ukraina pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskwa atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk. Protokol yang diperantarai Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada wilayah tersebut di dalam negara Ukraina.

Sejak itu, Kremlin menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS. Kyiv menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan telah membantah klaim itu berencana untuk merebut kembali kedua republik dengan paksa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penjelasan soal Penghinaan Presiden dalam Draf RUU KUHP

Dalam draf RUU KUHP yang diserahkan Kemenkumham kepada Komisi III DPR, terdapat pasal penghinaan terhadap presiden. Berikut penjelasan pasal tersebut.

NEWS | 7 Juli 2022

Manajemen Resto Basque Jakarta Buka Pintu Musyawarah

Manajemen restoran Basque Bar de Tapas Jakarta membuka pintu musyawarah terkait insiden yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

NEWS | 7 Juli 2022

DPR Sahkan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Jadi UU

Dalam rapat paripurna, Kamis (7/7/2022), DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang (UU).

NEWS | 7 Juli 2022

Boris Johnson Disebut-sebut Bakal Mundur dari Jabatan PM Inggris

Boris Johnson disebut-sebut akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris.

NEWS | 7 Juli 2022

RUU Pembentukan Papua Barat Daya Jadi Usul Inisiatif DPR

Rapat paripurna DPR menyetujui RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi RUU usul inisiatif DPR. Sebelumnya, DPR telah mengesahkan tiga UU DOB Papua.

NEWS | 7 Juli 2022

Pak RT Ungkap Detik-detik Napoleon Bonaparte Lumuri M Kace

Pak RT alias Harmeniko alias Choky mengungkap detik-detik terdakwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte melumuri muka youtuber M Kace.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Bekuk Sopir Halangi Penangkapan Putra Kiai Tersangka Cabul

Polisi menangkap sopir mobil yang menghalang-halangi petugas saat hendak menangkap MSAT, putra seorang kiai ternama di Jombang berstatus tersangka cabul

NEWS | 7 Juli 2022

BMKG Sebut Suhu Udara Permukaan di Jakarta Meningkat

Suhu udara permukaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya saat ini meningkat dengan laju 0,40 – 0,47℃ per dekade.

NEWS | 7 Juli 2022

Presiden Jokowi Ajak Semua Elemen Bangsa Turunkan Stunting

Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa bergerak bersama untuk menurunkan angka stunting.

NEWS | 7 Juli 2022

Tim Gabungan Kembali Temukan Ladang Ganja di Gunung Karuhun

Tim gabungan Polres Cianjur, Jawa Barat, bersama Perhutani kembali menemukan ladang ganja di bagian timur Gunung Karuhun.

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Untuk Pelaku UMKM, Begini Cara Menghindari Perang Harga

Untuk Pelaku UMKM, Begini Cara Menghindari Perang Harga

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings