Logo BeritaSatu

Mahasiswa Papua Dorong DPR dan Pemerintah Segera Sahkan RUU DOB

Kamis, 23 Juni 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Forum Mahasiswa Papua untuk Daerah Otonomi Baru Jabodetabek menggelar aksi damai di dua lokasi, yakni gedung DPR dan kawasan patung kuda, Jakarta, Kamis (23/6/2022). Sekitar 200 mahasiswa ini mendorong DPR dan pemerintah agar segera mengesahkan RUU daerah otonom baru (DOB) Papua.

Koordinator aksi Charles Kossay mengatakan pengesahan RUU harus dilakukan secepat mungkin. Tujuannya agar masyarakat Papua dapat merasakan kesejahteraan, seperti provinsi lain di Indonesia. “Pemekaran DOB akan meletakkan kesejahteraan Tanah Papua dan OAP (orang asli Papua) sejajar dengan saudara-saudaranya di provinsi lain,” ujar Charles.

Menurutnya, pemekaran akan memperpendek jalur logistik di Tanah Papua yang secara geografis penuh dengan tantangan alam, sehingga pemenuhan logistik dapat dilakukan dengan cepat, efektif, efisien, dan murah. Selain itu, pemekaran akan mempersingkat tali komando administrasi, sehingga pelayanan masyarakat dapat diakukan dengan cepat, terutama di daerah-daerah terpencil.

“Pemekaran ini akan memeratakan hasil pembangunan, yang selama ini praktis hanya dinikmati oleh para penduduk OAP yang berada di perkotaan, yang infrastrukturnya telah terbangun. Lapangan kerja baru juga akan terbuka lebar bagi OAP,” katanya.

Pihaknya menyadari sepenuhnya bahwa prakarsa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut berpotensi mengganggu kepentingan sempit segelintir elite. Sebab, dana otonomi khusus dan dana-dana APBD lainnya akan teralokasikan secara merata ke ketiga daerah otonomi baru. “Sehingga praktik korupsi mereka semakin sempit,” ungkap Charles.

Untuk itu, pihaknya mendesak agar seluruh aparat penegak hukum, baik KPK, Kejaksaan Agung, maupun Polri segera menangkap elite-elite yang selama ini melakukan praktik korupsi. Dengan begitu, diharapkan tidak lagi yang menghambat upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Papua, khususnya OAP.

“Forum mahasiswa juga berkeyakinan bahwa bukti-bukti konkret dari penyelewengan dana otonomi khusus dan dana-dana APBD lainnya telah dimiliki aparat penegak hukum,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Temukan Banyak Ruang Rahasia di Pesantren Shiddiqiyah

Polisi menemukan banyak ruang rahasia di kawasan Pesantren Shiddiqiyah, Kabupaten Jombang, ketika mencari MSAT, tersangka pencabulan santriwati

NEWS | 7 Juli 2022

Tiga Orang Tewas Terseret Ombak di Madasari, Pangandaran

Tiga orang wisatawan tewas terseret ombak karena berenang di area berbahaya di kawasan Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

NEWS | 7 Juli 2022

MK Tolak Gugatan La Nyalla dan Yusril soal Presidential Threshold

MK menolak judicial review ketentuan presidential threshold dalam UU Pemilu yang diajukan pimpinan DPD termasuk La Nyalla Mattalitti dan Yusril Ihza Mahendra.

NEWS | 7 Juli 2022

Jokowi Dinilai Punya Pengaruh Besar Damaikan Rusia-Ukraina

Pengamat militer Robi Sugara mengatakan Presiden Jokowi berperan sebagai negosiator kelas dunia dan punya pengaruh besar mendamaikan Rusia dan Ukraina.

NEWS | 7 Juli 2022

Penularan Covid-19 Tak Berhenti karena Level PPKM Berubah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, penularan Covid-19 tidak berhenti karena status PPKM berubah dari dua ke satu.

NEWS | 7 Juli 2022

Pemkab Bogor Prioritas Penanganan Stunting di 36 Desa

Pemkab Bogor memprioritaskan penanganan stunting di 36 desa dari total 432 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten ini.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Sisir Pesantren Cari Putra Kiai Tersangka Cabul

Polisi hingga kini masih menyisir area Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, mencari tersangka cabul, yang merupakan anak kiai pengasuh pesantren itu

NEWS | 7 Juli 2022

Hari Raya Iduladha, CFD di Ibu Kota DKI Jakarta Ditiadakan

Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day atau CFD saat Hari Raya Iduladha.

NEWS | 7 Juli 2022

Ini Tampang Medina Zein Saat Mengenakan Rompi Tahanan

Selebgram Medina Zein ditahan Kejari Jakarta Selatan di Rutan Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Uci Flowdea.

NEWS | 7 Juli 2022

Boris Johnson Mundur sebagai Pemimpin Partai Konservatif

Boris Johnson mengundurkan sebagai pemimpin partai Konservatif Inggris, pada Kamis (7/7/2022) yang membuka jalan bagi pemilihan perdana menteri baru.

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perluas Distribusi dan Penjualan, Martina Berto Gandeng DNR

Perluas Distribusi dan Penjualan, Martina Berto Gandeng DNR

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings