Logo BeritaSatu

Kota Bogor Akan Lindungi Masyarakat Korban Rentenir

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:05 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Bogor, Beritasatu.com - Masyarakat Kota Bogor akan mendapatkan perlindungan dari dampak pinjaman uang nonkonvensional seperti pinjaman online, bank keliling, koperasi, dan rentenir.

DPRD Kota Bogor telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usul tentang Perlindungan Masyarakat Dari Dampak Pinjaman Online, Bank Keliling, Koperasi Liar dan Rentenir, pada rapat paripurna internal, Kamis (23/6/2022).

Persetujuan ini dilakukan setelah Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Bogor, Siti Maesaroh, menyampaikan laporan terkait Raperda tentang Perlindungan Masyarakat Dari Dampak Pinjaman Online, Bank Keliling, Koperasi Liar dan Rentenir.

Dalam laporannya, Siti Maesaroh mengatakan, terdapat tiga landasan yang mendasari penyusunan Raperda usul prakarsa ini. Yakni, landasan filosofis, landasan sosiologis, dan landasan yuridis.

“Masyarakat perlu mendapat perlindungan terhadap praktik-praktik pinjaman online, bank keliling, koperasi liar dan rentenir yang menimbulkan gangguan ketertiban di lingkungan masyarakat,” jelas Siti.

Adapun isi Raperda ini rencananya terdiri dari 11 bab dan 17 pasal. Untuk materi pokok yang diatur dalam layanan pinjam-meminjam uang di antaranya terkait mitigasi risiko, asas perlindungan pengguna, larangan dan sanksi bagi penyelenggara dan pengguna, kewajiban pemerintah daerah, serta larangan, monitoring dan evaluasi serta partisipasi masyarakat.

Seluruh fraksi di DPRD Kota Bogor pun menyetujui Raperda ini untuk dibahas ke depannya. Dalam pandangan umum fraksi terhadap Raperda Usul Prakarsa ini, Heri Cahyono selaku perwakilan fraksi-fraksi, menyampaikan, pemerintah hendaknya terus meningkatkan perlindungan kepada masyarakat dan melakukan pengawasan serta menindak tegas penyalahgunaan pinjaman online yang meresahkan masyarakat.

“Oleh karenanya kehadiran Raperda Usul Prakarsa DPRD ini diharapkan mampu menjawab persoalan masyarakat. Setidaknya negara harus hadir di tengah-tengah persoalan masyarakat terutama dalam hal sosialisasi dan edukasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, latar belakang diusulkannya Raperda ini adalah karena banyaknya aduan yang masuk ke DPRD Kota Bogor dari korban pinjaman online maupun bank keliling.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengungkapkan pada akhir 2020, ia menerima audiensi dari tokoh masyarakat yang berharap adanya kehadiran pemerintah terhadap fenomena rentenir dan bank keliling yang meresahkan.

“Banyak warga yang mengeluhkan fenomena korban bank keliling, rentenir, dan pinjol. Dengan bunga yang tinggi telah menjerat warga dan menimbulkan masalah sosial, ekonomi, hingga rumah tangga," katanya.

Pada akhir 2021, Kang Atang panggilan akrabnya menyampaikan, Raperda ini telah disetujui masuk dalam daftar propemperda 2022.

“Selanjutnya kami akan menunggu pandangan dari Pemkot Bogor dan akan segera menindaklanjuti dengan pembentukan pansus untuk pembahasan. Besar harapan kami Raperda ini bisa dibahas secepatnya karena dampak bank keliling, rentenir, dan pinjol ilegal ini menyebabkan masalah sosial, ekonomi, hingga bubarnya rumah tangga,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Rawat 202 Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (4/7/2022) berjumlah 202.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, Tersangka Pemuda Usia 22 Tahun

Seorang pemuda berusia 22 tahun menjadi tersangka pelaku penembakan di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Cuti 14 Hari, Bima Arya dan Ridwan Kamil Tunaikan Haji

Bima Arya mengajukan cuti dalam jabatannya Wali Kota Bogor selama 14 hari untuk menunaikan ibadah haji bersama Ridwan Kamil.

NEWS | 4 Juli 2022

Longsoran Es di Pegunungan Alpen Italia Tewaskan 6 Orang

Foto ini diambil pada 3 Juli 2022 dari Canazei, menunjukkan lapisan es yang runtuh di Marmolada, dekat Punta Rocca, menewaskan enam orang.

NEWS | 4 Juli 2022

Pelatihan Hidroponik Warnai Deklarasi Sandiaga Uno di Binjai

Rangkaian kegiatan dilakukan Relawan Sandi dalam deklarasi Menparekraf Sandiaga Uno untuk maju di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Hari Ini Hujan Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Jakarta

BMKG memperkirakan hujan akan terjadi secara merata di seluruh wilayah DKI Jakarta pada Senin (4/7/2022) siang.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Kopenhagen pada Minggu (3/7/2022), kata polisi Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Santri dan Ulama di Karawang Doakan Ganjar Pranowo

Santri dan ulama hadir di Masjid Jami Baitul Anwar, Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022), untuk mendoakan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Ketua Ormas di Lampung Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Seorang pria yang ternyata ketua ormas ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Ir Sutami, Way Laga, Sukabumi, Bandar Lampung.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

EKONOMI | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings