Logo BeritaSatu

Jokowi ke Ukraina, Paspampres Siapkan Tim Penyelamatan

Jumat, 24 Juni 2022 | 12:11 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Prajurit yang tergabung dalam tim penyelamatan bakal ikut serta mengawal kunjungan Presiden Jokowi ke Kyiv, Ukraina, akhir Juni 2022 mendatang.

Tim penyelamatan yang berjumlah 10 prajurit pilihan ini merupakan bagian dari 39 personel TNI yang bakal mengawal perjalanan serta kegiatan Presiden Jokowi di Kyiv.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow untuk menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan terkait dengan perang yang melibatkan kedua negara tersebut.

Kunjungan ke kedua negara itu akan dilakukan Presiden Jokowi seusai menghadiri KTT G-7 di Jerman pada tanggal 26-28 Juni 2022.

Perjalanan kali ini berbeda dibanding lawatan-lawatan Presiden Jokowi sebelumnya mengingat Ukraina sedang dalam kondisi berperang dengan Rusia.

Lokasi kunjungan Jokowi berjarak sekitar 380 kilometer dari wilayah perang yang berada di Donetsk.

Menurut Komandan Paspampres Mayjen TNI Budi Utomo, pihaknya sudah menyiapkan tim penyelamatan Presiden.

Tim ini biasanya tidak dibawa pada kegiatan kunjungan Presiden. Namun, khusus kunjungan ke Kyiv, Paspampres membawa tim ini dengan mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) TNI.

“Tapi untuk main grup-nya, kami sendiri tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung. Tim penyelamatan punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kami siapkan,” ujar Tri Budi Utomo kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Di Kyiv, lanjutnya, Presiden Jokowi diagendakan akan menggunakan transportasi publik kereta api. Selama berada di kereta api, pihak militer Ukraina juga akan turut serta mengawal Presiden Jokowi, namun dengan jumlahnya dibatasi oleh Paspampres.

“Nanti di dalam rangkaian kereta api, kemungkinan juga mereka akan ikut di dalam situ. Namun kita batasi untuk jumlah tempatnya,” terang Tri Budi Utomo.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertopati mengapresiasi rencana dan niat Presiden Jokowi menjadi juru damai di tengah perang Ukraina dan Rusia mendapatkan apresiasi.

Namun, keamanan dan keselamatan Presiden Jokowi harus benar-benar dipastikan terjaga dengan baik, karena bisa saja ada pihak yang tidak suka dengan upaya perdamaian ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenang Tjahjo Kumolo yang wafat hari ini sebagai sosok mentor. Sebelum PDIP, Tjahjo merupakan kader Golkar.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Menkumham Yasonna H Laoly, berduka atas wafatnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Yasonna mengaku kehilangan sahabat dan senior dalam politik.

NEWS | 1 Juli 2022

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer.

NEWS | 1 Juli 2022

Diplomasi Presiden Jokowi Diharapkan Hasilkan Gencatan Senjata

Guru Besar Hukum Internasional UI mengharapkan diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

NEWS | 1 Juli 2022

Budi Karya Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo dalam Penerimaan PNS Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi mengenang jasa Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini dalam penerimaan PNS di Kemenhub.

NEWS | 1 Juli 2022

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Kasus pembunuhan ibu dan anak di  Subang masih menjadi misteri. Begini kondisi rumah saksi pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu setahun lalu.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Minta Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Megawati meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

NEWS | 1 Juli 2022

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Menaker Ida Fauziyah mengenang Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini sebagai sosok yang bersahaja.

NEWS | 1 Juli 2022

Dugaan Pengkhianatan Negara, Rusia Tahan Ilmuwan di Siberia

Rusia telah menahan seorang ilmuwan di Siberia atas dugaan pengkhianatan negara karena diduga bekerja sama dengan dinas keamanan Tiongkok.

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Nasionalis Sejati

Presiden Jokowi mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

Airlangga Hartarto Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Mentor

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings