Logo BeritaSatu

G-20 Akan Galang Dana untuk Persiapan Pandemi Masa Depan

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kelompok 20 (G-20) akan galang dana tidak kurang dari US$ 1,5 miliar (Rp 22 triliun) pada akhir tahun ini untuk persiapan pandemi masa depan. Seperti dilaporkan Xinhua, Kamis (23/6/2022), dana akan digunakan untuk membangun infrastruktur untuk mencegah dan mempersiapkan potensi pandemi di masa depan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan komitmen pembentukan dana yang disebut Financial Intermediary Fund (FIF) ini disepakati oleh para menteri kesehatan anggota G20, bersama dengan Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Pertemuan Tingkat Menteri Kesehatan (HWG) pertama. diselenggarakan pada tanggal 20-21 Juni di Yogyakarta, Indonesia.

Pada konferensi pers Kamis, Budi mengatakan bahwa sampai sekarang, beberapa negara dan beberapa yayasan amal telah berjanji untuk menyumbangkan total US$ 1,1 miliar (Rp16,2 triliun).

Dana tersebut akan ditampung oleh Bank Dunia, sementara WHO akan menyarankan pelaksanaan dan alokasi uang tersebut.

Budi menguraikan beberapa rencana alokasi untuk dana tersebut, termasuk membangun dan meningkatkan akses ke penanggulangan medis darurat, membangun jaringan global laboratorium pengawasan genom, dan membangun pusat penelitian dan manufaktur global.

Bbudi mengatakan uang itu akan digunakan untuk memproduksi alat-alat darurat yang diperlukan untuk tanggapan yang tepat waktu dan adil terhadap pandemi di masa depan, termasuk vaksin, terapi, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), dan alat tes, yang akan didistribusikan secara merata ke semua negara setelah pandemi.

Menteri mengatakan anggota G-20 sepakat bahwa mereka membutuhkan beberapa laboratorium sekuens yang terhubung untuk mengidentifikasi dan berbagi data sekuens genom dari patogen yang dapat menyebabkan wabah.

“Dengan adanya laboratorium yang terkoneksi seperti itu, kita dapat mengantisipasi atau mengatasi wabah dengan lebih baik. Kita akan bisa mendapatkan informasi lebih cepat dengan mekanisme berbagi data yang lebih kuat, kemudian mendiagnosis lebih cepat, kemudian kita bisa memproduksi vaksin lebih cepat,” katanya.

Menteri mengatakan forum G-20 sepakat untuk membangun beberapa pusat penelitian dan manufaktur global tambahan dinegara-negara Selatan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

Sebagian besar negara di Global South adalah negara terbelakang dan berkembang, yang menghadapi lebih banyak kesulitan dalam menghadapi pandemi dan mendapatkan akses ke vaksin.

Sadikin mengatakan negara yang ideal untuk membangun hub adalah negara dengan jumlah penduduk yang besar.

"Jadi, negara-negara Selatan Global dapat mengembangkan dan memasok vaksin ke populasi mereka dengan cara yang lebih tepat waktu dan adil."

Media lokal melaporkan bahwa Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus secara langsung menghadiri HWG, dan dia memperkirakan kebutuhan finansial untuk memperkuat keamanan kesehatan global mencapai US$31 miliar (Rp 458 triliun) per tahun.

"WHO dan Bank Dunia memperkirakan bahwa kita membutuhkan US$ 31 miliar setiap tahun untuk memperkuat keamanan kesehatan global. Dua pertiga dari jumlah itu bisa berasal dari sumber daya yang ada, tetapi itu menyisakan kesenjangan 10 miliar per tahun," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Manajemen Resto Basque Jakarta Buka Pintu Musyawarah

Manajemen restoran Basque Bar de Tapas Jakarta membuka pintu musyawarah terkait insiden yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

NEWS | 7 Juli 2022

DPR Sahkan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Jadi UU

Dalam rapat paripurna, Kamis (7/7/2022), DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang (UU).

NEWS | 7 Juli 2022

Boris Johnson Disebut-sebut Bakal Mundur dari Jabatan PM Inggris

Boris Johnson disebut-sebut akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris.

NEWS | 7 Juli 2022

RUU Pembentukan Papua Barat Daya Jadi Usul Inisiatif DPR

Rapat paripurna DPR menyetujui RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi RUU usul inisiatif DPR. Sebelumnya, DPR telah mengesahkan tiga UU DOB Papua.

NEWS | 7 Juli 2022

Pak RT Ungkap Detik-detik Napoleon Bonaparte Lumuri M Kace

Pak RT alias Harmeniko alias Choky mengungkap detik-detik terdakwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte melumuri muka youtuber M Kace.

NEWS | 7 Juli 2022

Polisi Bekuk Sopir Halangi Penangkapan Putra Kiai Tersangka Cabul

Polisi menangkap sopir mobil yang menghalang-halangi petugas saat hendak menangkap MSAT, putra seorang kiai ternama di Jombang berstatus tersangka cabul

NEWS | 7 Juli 2022

BMKG Sebut Suhu Udara Permukaan di Jakarta Meningkat

Suhu udara permukaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya saat ini meningkat dengan laju 0,40 – 0,47℃ per dekade.

NEWS | 7 Juli 2022

Presiden Jokowi Ajak Semua Elemen Bangsa Turunkan Stunting

Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa bergerak bersama untuk menurunkan angka stunting.

NEWS | 7 Juli 2022

Tim Gabungan Kembali Temukan Ladang Ganja di Gunung Karuhun

Tim gabungan Polres Cianjur, Jawa Barat, bersama Perhutani kembali menemukan ladang ganja di bagian timur Gunung Karuhun.

NEWS | 7 Juli 2022

Puan: UU Pemasyarakatan Mengakomodasi Perkembangan Hukum

Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan, pengesahan UU Pemasyarakatan untuk mengakomodasi perkembangan hukum dalam memperlakukan narapidana.

NEWS | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dukungan Ganjar sebagai Capres Menguat, Relawan Deklarasi di 3 Kota

Dukungan Ganjar sebagai Capres Menguat, Relawan Deklarasi di 3 Kota

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings