Logo BeritaSatu

Temui Surya Paloh dan Prabowo, Upaya AHY Jadi Cawapres

Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:36 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa hari belakangan ini nampak sibuk melakukan safari politik dengan mengunjungi sejumlah elite.

Pada Kamis (23/6/2022), AHY dan sejumlah pengurus Partai Demokrat mengunjungi Nasdem Tower dan bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Kunjungan ke Nasdem Tower itu merupakan yang ketiga kalinya dilakukan AHY.

Advertisement

Dalam kunjungan sebelumnya pada Minggu (5/6/2022), AHY mendampingi Presiden ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar pertemuan tertutup dengan Surya Paloh. Sementara kunjungan pertama AHY dilakukan pada Selasa (29/3/2022).

Sehari setelah kunjungan terakhirnya ke Nasdem Tower, AHY menemui Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro mengatakan, safari politik yang dilakukan AHY ke Surya Paloh dan Prabowo merupakan upayanya untuk memperbesar kans sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini mengingat, Partai Nasdem telah menetapkan Gubernur DKI, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa sebagai bakal capres. Sementara Gerindra telah menetapkan Prabowo sebagai capres.

"Pergerakan AHY sejauh ini baik ke Nasdem maupun ke Gerindra, sejauh ini untuk memperbesar kans sebagai cawapres. Karena jamak diketahui, bahwa Nasdem sudah punya tiga capres rekomendasi yang melekat pada diri Anies, Andika, dan Ganjar sebagaimana Gerindra dengan Prabowo," kata Agung kepada Beritasatu.com, Sabtu (25/6/2022).

Agung menilai kans AHY sebagai cawapres lebih kuat jika Demokrat bersama poros Nasdem-PKS ketimbang poros Gerindra-PKB. Hal ini karena PKB masih mengusung ketua umumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres atau cawapres. Selain itu, PKB juga berbasis Islam dengan pusatnya pesantren dan pedesaan yang dinilai melengkapi warna Gerindra yang berwajah nasionalis.

"Sementara Demokrat memiliki irisan warna ideologi yang sama dengan Gerindra sebagai partai nasionalis," katanya.

Namun, Agung mengatakan, terdapat hal menarik yang perlu dicermati. Salah satunya pernyataan Surya Paloh yang menginginkan duet pemersatu untuk menghilangkan polarisasi. Untuk itu, Surya Paloh mengapresiasi munculnya usulan duet seperti Anies Baswedan-Puan Maharani, Ganjar Pranowo-Anies Baswedan hingga Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

Menurut Agung, dengan usulan duet pemersatu itu, kans AHY untuk melenggang sebagai cawapres semakin mengecil.

"Sementara ini peluang wacana paket pemersatu masih kecil, tetapi ketika KIB yang digalang Golkar, PAN, dan PPP sepakat dengan Nasdem, bukan tidak mungkin harapan Surya Paloh bisa menjadi kenyataan," ungkapnya.

Pada titik tersebut, kata Agung, AHY dan Demokrat harus mempertimbangkan membangun relasi baru. Setidaknya Demokrat dapat membangun komunikasi dengan mitra tersisa di luar Nasdem, baik di kubu PKS, poros Gerindra-PKB, maupun KIB.

"Agar tak tergantung dengan manuver yang dijalankan oleh Nasdem," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

LPP RRI meraih penghargaan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Most Engaging Media

NEWS | 8 Agustus 2022

Santri Dukung Ganjar Santuni Anak Yatim dan Difabel di 15 Provinsi

Santri Dukung Ganjar, salah satu relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menyantuni anak yatim dan difabel di 15 provinsi untuk memperingati Asyura 10 Muharam.

NEWS | 8 Agustus 2022

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Jasad pria membuat geger pengunjung Hotel Somerset Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022)

NEWS | 8 Agustus 2022

15 Anggota Jamaah Islamiyah Jatim Ikrar Setia kepada NKRI

Sebanyak 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022

Waspada, Flu Singapura Menyerang Anak

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit flu Singapura yang dikenal dengan sebutan penyakit tangan, kaki, dan mulut dan lazim menyerang anak-anak

NEWS | 8 Agustus 2022

Asosiasi AS Ajak Indonesia Kembangkan Kratom Jadi Komoditas Ekspor

KSP mengapresiasi tawaran kerja sama asosiasi AS mengembangkan kratom sebagai tanaman herbal komoditas ekspor yang bermanfaat untuk kesehatan.

NEWS | 8 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Pengacara: Ungkap Alasan Bharada E

Bharada E mengaku bahwa dia menembak Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J atas perintah atasan kedinasannya.

NEWS | 8 Agustus 2022

Malam-malam, Kuasa Hukum Bharada E Datangi Bareskrim, Ada Apa?

Kuasa hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Deolipa Yumara menyambangi Bareskrim Polri pada Senin (8/8/2022) malam. Ada apa?

NEWS | 8 Agustus 2022

Honor Petugas KPPS Cs Naik di Pemilu 2024, Ini Perinciannya

KPU mengungkapkan, pemerintah menyetujui kenaikan honor badan ad hoc penyelenggara pemilu, yakni PPK, PPS, dan KPPS di Pemilu 2024. Begini Perinciannya. 

NEWS | 8 Agustus 2022

Kasal Resmikan Kapal Angkut Tank KRI Teluk Calang-524

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Jenis Angkut Tank (AT)-7 KRI Teluk Calang-524 diresmikan oleh Kasal Laksmana Yudo Margono, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings