Logo BeritaSatu

Bukan Juni, Vaksinasi Primer Ditargetkan Rampung Juli 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Upaya Kejar Target

Advertisement

Guna mengejar target capaian vaksinasi primer, Kemenkes menyampaikan dan menyosialisasikan saat ini telah terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia yang mungkin bisa menjadi lonjakan tinggi. Hal ini mengingat sejumlah negara sudah memasuki gelombang kelima, seperti Amerika Serikat, Inggris dan Portugal, meski saat ini angkanya sudah menurun.

"Sekarang kita sampaikan bahwa ada ancaman kenaikan kasus Covid-19 dan kita semua bisa terkena atau terinfeksi, baik yang sudah di-booster maupun yang hanya baru dosis kedua apalagi dosis satu. Bagi yang belum booster, nantinya bisa lebih parah tingkat kesakitannya. Maka kita ajak masyarakat segera vaksin yang bertujuan kalau terinfeksi hanya alami gejala ringan dan tidak berat sehingga tidak perlu ke rumah sakit dan banyak korban berjatuhan," ungkap Syahril.

Langkah Kemenkes lainnya agar vaksinasi dosis lengkap bisa segera tuntas dengan menciptakan kembali sentral-sentral vaksin yang dilakukan berbagai pihak mulai dari TNI, Polri, BUMN, swasta, kampus, sekolah, perusahaan dan lainnya. Hal ini harus dilakukan untuk keselamatan masyarakat bersama.

Satgas Penanganan Covid-19 juga sudah menerbitkan surat edaran terkait protokol kesehatan pada kegiatan berskala besar. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 1.000 orang wajib vaksinasi booster. Aturan baru ini tercantum dalam SE Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Berskala Besar dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Hal ini sebagai salah satu bentuk masyarakat harus ikut aturan, karena kita ingin melindungi mereka dengan aturan tersebut. Mungkin juga bisa diberlakukan untuk pertemuan bersifat internasional yang dilakukan di Indonesia karena kita ingin melindungi masyarakat," tegas Syahril.

Kemenkes juga membuka peluang vaksinasi booster kembali menjadi syarat perjalanan sebagaimana yang pernah diterapkan pada musim mudik Idulfitri pada April hingga Mei lalu.

"Bisa saja kita mengusulkan persyaratan perjalanan itu harus pakai booster. Namun usulan tersebut harus disepakati seluruh pihak, dan akan diputuskan pemerintah pusat. Opsi ini bisa menjadi strategi meningkatkan jumlah capaian booster di Indonesia," terangnya.

Namun, hal ini menjadi kewenangan pemerintah pusat, sekaligus menjadi kesepakatan bersama. Kalau opsi ini dianggap suatu hal yang paling baik, maka bisa dilakukan untuk kebaikan bangsa dan negara.




hal 2 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penjelajah Antariksa NASA Tangkap Gambar Beruang di Permukaan Mars

Para ilmuwan NASA telah menemukan penemuan tak terduga di permukaan planet Mars, sebuah formasi yang membentukan gambar menyerupai wajah beruang.

NEWS | 5 Februari 2023

Anggota DPR Sarankan AKBP (Purn) Eko Minta Maaf ke Keluarga Hasya UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarankan agar AKBP (Purn) Eko Setia Budi meminta maaf ke keluarga mendiang Muhammad Hasya Athallah.

NEWS | 5 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Ungkap Warga Manggarai Risih Dicap Kampung Tawuran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan warga Manggarai sudah risih wilayahnya dicap sebagai kampung tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pesona Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Konawe Utara

Pesona Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Konawe Utara

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE