Logo BeritaSatu

Provinsi Ini Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Hari Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:53 WIB
Oleh : JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah provinsi di Indonesia dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Minggu (26/6/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun Antara dari laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu, prakiraan cuaca tersebut berlaku untuk Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Advertisement

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menurut informasi BMKG, potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Filipina bagian tenggara dan Maluku yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Utara, Filipina bagian tengah, Samudra Pasifik utara Papua Barat, di Maluku dan Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga barat daya Lampung, di pesisir barat Kalimantan Barat.

Selain itu, konvergensi juga memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, di Laut Flores, dari Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, di Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, dari Laut Timor hingga Maluku bagian selatan, dan dari Laut Arafuru hingga Sulawesi Tenggara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Edutech, Solusi Percepatan Digitalisasi Pendidikan Tinggi

Adaptasi edutech menjadi kebutuhan mutlak digitalisasi ribuan kampus swasta di Indonesia untuk meningkatkan mutu layanan bagi mahasiswa.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kajati Jawa Barat Dianugerahi Gelar Profesor Kehormatan dari UPI

Kajati Jawa Barat, Dr Asep N Mulyana SH MHum, Jumat (19/8/2022), menerima anugerah gelar profesor kehormatan bidang ilmu hukum dari UPI Bandung.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kronologi Identifikasi‎ Korban Kebakaran Indekos di Tambora

Empat dari enam jenazah korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat, telah terindentifikasi. 

NEWS | 19 Agustus 2022

Warga Tuntut Polisi Tuntaskan Pengusutan Kasus Pembunuhan Subang

Dengan membentangkan spanduk, warga menuntut kepolisian menuntaskan pengusutan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang yang terjadi setahun lalu. 

NEWS | 19 Agustus 2022

Ditemukan, CCTV yang Rekam Kejadian Sebelum hingga Sesudah Brigadir J Tewas

Polri berhasil menemukan CCTV yang menggambarkan situasi sebelum, sesaat, dan setelah Brigadir J tewas di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 19 Agustus 2022

Istri Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J, dan Putri terancam hukuman mati.

NEWS | 19 Agustus 2022

Alasan Polisi Belum Menahan Putri Candrawathi

Putri Candrawathi ditetapkan tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Namun, Putri Candrawathi belum ditahan karena sakit.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kemendagri Harap Kerja Sama Survei Demarkasi Indonesia-Malaysia Makin Baik

Kemendagri berharap kerja sama curvei demarkasi Indonesia-Malaysia untuk menentukan batas negara kedua negara akan berjalan makin baik.

NEWS | 19 Agustus 2022

Ketua FKMTI: Ada Upaya Membungkam Korban Mafia Tanah

Kriminalisasi yang dilakukan terhadap korban mafia tanah diduga sebagai upaya untuk membungkam suara mereka yang berjuang untuk mendapatkan hak.

NEWS | 19 Agustus 2022

Jaga Kelestarian Lingkungan, KVG Kembangkan Budi Daya Kenaf

Guna menjaga kelestarian lingkungan, KVG melakukan kerja sama dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemprov Aceh mengembangkan budi daya kenaf.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jasad dalam Boks Kontainer Gegerkan Warga Kali Bayur Kota Tangerang

Jasad dalam Boks Kontainer Gegerkan Warga Kali Bayur Kota Tangerang

NEWS | 38 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings