Logo BeritaSatu

Sandiaga: Partisipasi Masyarakat Penting untuk Pengembangan Desa Wisata

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Muhammad Awaludin / FFS

Lombok Barat,Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam mendukung pengembangan desa wisata sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Hal itu disampaikan Sandiaga saat menghadiri sosialisasi sadar wisata di Desa Senteluk, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (26/6/2022).

Kegiatan ini juga digelar serentak di empat desa lainnya, yaitu Desa Pusuk Lestari di Kabupaten Lombok Barat, Desa Gili Indah dan Desa Medana di Kabupaten Lombok Utara serta Desa Jerowaru di Kabupaten Lombok Utara. Sosialisasi diikuti kelompok masyarakat dan pelaku pariwisata yang bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam pelayanan di desa wisata.

Advertisement

"Kita menyosialisasikan desa wisata ini dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mengangkat keunggulan daerahnya masing-masing. Masyarakat harus betul-betul sadar wisata dan kesadaran ini akan menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno.

Selain memahami akan potensi yang ada, masyarakat juga harus memahami nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona, yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

Aktualisasi nilai-nilai tersebut menjadi bagian dari perilaku sehari-hari dalam melayani wisatawan sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal.

Pemahaman sadar wisata diharapkan dapat membangun pola pikir masyarakat agar berperan aktif dalam pengembangan pariwisata di daerahnya.

"Kebersihan dan keramahtamahan adalah dua hal yang sangat penting (untuk dijaga) dan tentunya yang tidak kalah penting adalah partisipasi masyarakat untuk mengangkat keunggulan daerahnya masing-masing,” katanya.

Sandiaga Uno berharap sosialisasi ini tidak hanya menjadi bukti konkret kehadiran pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Sosialisasi ini juga diharapkan menjadi momentum pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang ada di daerahnya.

Terlebih, ada sejumlah event besar yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat seperti MotoGP Mandalika, Pesona Senggigi, dan MXGP Samota, Sumbawa.

"Warga di sini harus betul-betul sadar wisata. Harus betul-betul menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dan nantinya investor akan datang sendirinya membangun homestay bersama warga, membangun produk-produk ekonomi kreatif dan dengan sendirinya kunjungan wisatawan akan meningkat," ungkap Sandiaga.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings