Logo BeritaSatu

Ukraina Laporkan Serangan Besar dari Wilayah Belarusia

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Ukraina melaporkan pihaknya berada di bawah "pemboman besar-besaran" pada Sabtu (25/6/2022) dari negara tetangga Belarusia, sekutu Rusia yang tidak secara resmi terlibat dalam konflik itu. Seperti dilaporkan AFP, serangan terjadi selang sehari setelah Ukraina mengumumkan mundur dari kota strategis Sievierodonetsk.

“Dua puluh roket menargetkan desa Desna di wilayah Chernigiv utara,” kata komando militer utara Ukraina seraya menambahkan bahwa infrastruktur terkena, tetapi belum ada korban yang dilaporkan.

Belarusia telah memberikan dukungan logistik ke Moskwa sejak invasi 24 Februari, terutama dalam beberapa minggu pertama. Seperti Rusia, Belarusia telah menjadi sasaran sanksi Barat wwalaupun secara resmi tidak terlibat dalam konflik tersebut.

"Serangan hari ini secara langsung terkait dengan upaya Kremlin untuk menyeret Belarusia sebagai pihak yang berperang bersama ke dalam perang di Ukraina," kata dinas intelijen Ukraina.

Serangan itu terjadi menjelang pertemuan yang direncanakan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Belarusia dan sekutu dekatnya Alexander Lukashenko di Saint Petersburg pada hari Sabtu.

Kementerian luar negeri Rusia pada hari Jumat mengutuk keputusan Brussel untuk memberikan status kandidat resmi Uni Eropa kepada Ukraina sebagai langkah untuk "menahan Rusia" secara geopolitik.

"Keputusan itu menegaskan bahwa monopoli geopolitik ruang CIS (Persemakmuran Negara-Negara Merdeka) terus aktif untuk menahan Rusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Sementara itu, sekutu Barat Ukraina berkumpul pada Minggu (26/6) di pertemuan puncak para pemimpin G7 di Jerman. Di sana, Presiden Volodymyr Zelensky berbicara.

Dalam pembicaraan tatap muka, sekutu Barat akan mempertimbangkan efektivitas sanksi yang dijatuhkan sejauh ini terhadap Moskwa, mempertimbangkan kemungkinan bantuan baru untuk Ukraina, dan mulai mengalihkan perhatian mereka ke rencana rekonstruksi jangka panjang.

Uni Eropa (UE) memberikan pernyataan dukungan yang kuat pada hari Kamis ketika memberikan status kandidat pada Ukraina, meskipun jalan menuju keanggotaan masih panjang. Moskwa menolak keputusan UE sebagai langkah untuk "menahan Rusia" secara geopolitik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, AKBP Ridwan Soplanit Jalani Sidang Etik Hari Ini

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Rheky Nellson Soplanit menjalani sidang etik imbas dari kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022

AHY Sebut Partai Demokrat Siap Bantu Lukas Enembe jika Dibutuhkan

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyatakan pihaknya siap memberikan bantuan hukum kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka KPK.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Murbani Budi Pitono Dijatuhi Sanksi Demosi 1 Tahun

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono dijatuhi sanksi demosi satu tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022

Orang Miskin di Dubai Bisa Dapat Roti Gratis di Mesin Otomatis

Orang miskin di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) kini bisa mendapatkan roti hangat gratis di mesin otomatis.

NEWS | 29 September 2022

Jadi Tersangka KPK, Lukas Enembe Dinonaktifkan dari Partai Demokrat

Gubernur Papua Lukas Enembe dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Papua setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

NEWS | 29 September 2022

Buka Lowongan, Kini Non PNS Bisa Jabat Dirjen Imigrasi

Seleksi Dirjen Imigrasi kali ini dibuka khusus dari kalangan non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang kini dikenal dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

NEWS | 29 September 2022

Besok, Putri Candrawathi Wajib Lapor ke Bareskrim Polri

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akan menjalani wajib lapor pada besok, Jumat (30/9/2022) dalam statusnya sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Lukas Enembe, AHY Minta Jangan Ada Politisasi

Ketua Umum Partai Demokrat AHY angkat bicara terkait kasus hukum yang menimpa Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 29 September 2022

Polisi Arogan yang Ancam Pengendara dengan UU ITE Diperiksa Propam Bogor

Propam Polres Bogor memeriksa anggota polisi arogan yang mengancam akan menjerat perekam aksi penilangan di Tol Bocimi Bogor dengan UU ITE.

NEWS | 29 September 2022

Andika dan Dudung Kompak, Pengamat: Bukti Tak Ada Disharmoni

Panglima TNI Andika Perkasa terlihat kompak bersama Kasad Dudung Abdurachman yang membuktikan bahwa tidak ada disharmoni antara keduanya.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dibisiki Pengamat Internasional, Jokowi: Tahun Depan, Ekonomi Dunia Lebih Gelap

Dibisiki Pengamat Internasional, Jokowi: Tahun Depan, Ekonomi Dunia Lebih Gelap

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings