Logo BeritaSatu

Presiden Biden Tanda Tangani UU Keamanan Senjata Bipartisan

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:14 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden AS Joe Biden pada Sabtu (25/6/2022) menandatangani rancangan undang-undang keamanan senjata bipartisan menjadi undang-undang. Seperti dilaporkan VoA, Sabtu (25/6), UU ini merupakan reformasi senjata federal besar pertama dalam tiga dekade, beberapa hari setelah Mahkamah Agung memperluas hak senjata.

"Ini adalah hari yang monumental. Mudah-mudahan, itu akan menyelamatkan banyak nyawa," kata Biden di Gedung Putih, didampingi istrinya Jill di sisinya.

Pada Kamis, Mahkamah Agung menyatakan untuk pertama kalinya bahwa Konstitusi AS melindungi hak individu untuk membawa pistol di depan umum untuk membela diri. Kontrol senjata telah lama menjadi masalah yang memecah belah di negara ini dengan beberapa upaya untuk menempatkan kontrol baru pada penjualan senjata gagal dari waktu ke waktu.

Kompromi bipartisan tampaknya tidak terbayangkan sampai serangkaian penembakan massal baru-baru ini, termasuk pembantaian 19 siswa dan dua guru di satu sekolah dasar Texas.

“Waktu adalah esensi. Nyawa akan diselamatkan,” katanya di Ruang Roosevelt Gedung Putih. Mengutip keluarga korban penembakan yang dia temui, presiden berkata, “Pesan mereka kepada kami adalah, ‘Lakukan sesuatu.’ Berapa kali kami mendengarnya? 'Lakukan saja sesuatu. Demi Tuhan, lakukan saja sesuatu.’ Hari ini kami melakukannya.”

DPR memberikan persetujuan akhir pada Jumat (24/6), setelah pengesahan Senat pada hari Kamis, dan Biden bertindak tepat sebelum meninggalkan Washington untuk dua pertemuan puncak di Eropa.

“Hari ini kami mengatakan, ‘Lebih dari cukup. Sudah waktunya, ketika tampaknya mustahil untuk menyelesaikan apa pun di Washington, kami melakukan sesuatu yang penting,'” kata Biden.

Undang-undang tersebut akan memperketat pemeriksaan latar belakang bagi pembeli senjata termuda, menjauhkan senjata api dari lebih banyak pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan membantu negara-negara bagian memberlakukan undang-undang bendera merah yang memudahkan pihak berwenang untuk mengambil senjata dari orang-orang yang dianggap berbahaya.

Sebagian besar dari biaya US$ 13 miliar akan membantu meningkatkan program kesehatan mental dan bantuan sekolah bantuan, yang telah ditargetkan di Newtown, Connecticut, dan Parkland, Florida, dan di tempat lain dalam penembakan.

Biden mengatakan kompromi yang dilakukan oleh sekelompok senator bipartisan dari kedua belah pihak tidak melakukan semua yang dia inginkan, tetapi itu termasuk tindakan yang sudah lama dia serukan yang akan menyelamatkan nyawa.

“Saya tahu masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan saya tidak akan pernah menyerah, tetapi ini adalah hari yang monumental,” kata presiden, yang bergabung dengan istrinya, Jill, seorang guru, saat penandatanganan.

Biden menandatangani UU itu selang dua hari setelah keputusan Mahkamah Agung pada hari Kamis yang membatalkan undang-undang New York yang membatasi kemampuan orang untuk membawa senjata tersembunyi. Upacara hari Sabtu datang kurang dari 24 jam setelah pengadilan tinggi membatalkan keputusan Roe v. Wade, yang telah melegalkan aborsi secara nasional selama hampir lima dekade.

“Kemarin, saya berbicara tentang keputusan mengejutkan Mahkamah Agung yang menjatuhkan Roe v. Wade. Jill dan saya tahu betapa menyakitkan dan menghancurkan keputusan itu bagi begitu banyak orang Amerika. Maksud saya begitu banyak orang Amerika,” tutut Biden.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lukas Enembe Sakit Tak Bisa Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Gubernur Papua Lukas Enembe tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Mutasi di Tubuh Polri, 3 Wakapolda Diganti dan Ini Namanya

Terjadi mutasi jabatan di tubuh Polri, dan ada tiga wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) yang diganti oleh Kapolri.

NEWS | 26 September 2022

Ke Museum Nias, Ganjar Diberi Alat Musik Tutuhao dan Buku

Gubernur Jateng menerima alat musik tradisional khas Nias Tutuhao dan sebuah buku saat berkunjung ke Museum Nias.

NEWS | 26 September 2022

Interpol Buru Pendiri Mata Uang Kripto Terra/Luna

Interpol telah mengeluarkan surat pemberitahuan merah (red notice) untuk pendiri mata uang kripto Terra/Luna asal Korea Selatan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team Kemendikbudristek, Nadiem Akui Salah Sebut

Nadiem Makarim mengakui bahwa penyebutan shadow team Kemendikbudristek adalah sebuah kesalahan. Pasalnya, tim dimaksud adalah vendor di bawah PT Telkom.

NEWS | 26 September 2022

Prabowo Ingatkan Cak Imin Soal Kesepakatan jika Ingin Jadi Cawapres Puan

Prabowo Subianto menanggapi keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ingin menjadi cawapres Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

NEWS | 26 September 2022

Terakhir di Era Mussolini, Italia Bakal Dipimpin Pemerintahan Sayap Kanan

Giorgia Meloni mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum yang menandai kembalinya pemerintahan sayap kanan sejak era Benito Mussolini.

NEWS | 26 September 2022

Melek Hukum Lewat Bantuan Teknologi di Platform Reg-tech

Platform Hukumonline bertujuan untuk menjadi solusi satu atap bagi praktisi hukum Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di Pakistan

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat Pakistan yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

NEWS | 26 September 2022

Kecelakaan di Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road, 2 Tewas

Dua orang tewas dalam kecelakaan di ruas jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Km 05.800 B, Senin (26/9/2022) pagi.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pahami Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Asuransi Yang Paling Tepat

Pahami Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Asuransi Yang Paling Tepat

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings