Logo BeritaSatu

Transparan dan Akuntabel, Polri Raih WTP 9 Kali Berturut-turut

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:33 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk yang kesembilan kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dengan perolehan predikat ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan bahwa hal ini merupakan wujud komitmen dari institusi Korps Bhayangkara yang selalu transparan dan akuntabel dalam menggunakan keuangan negara.

Advertisement

"Kami akan terus berkomitmen terkait dengan pemanfaatan dan penggunaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel serta bisa dipertanggungjawabkan," kata Kapolri usai meraih predikat WTP dari BPK di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

Kapolri menekankan, dengan capaian WTP kesembilan kalinya ini, ke depan Polri akan terus mengawal seluruh kebijakan pemerintah hingga mendorong pemasukan atau peningkatan anggaran APBN.

"Kami juga selalu ikut mendorong dari sisi PNBP dan mengawal seluruh kebijakan pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, menjaga agar APBN tetap bisa berjalan baik di situasi yang penuh ketidakpastian ini, dengan mengawal melalui berbagai strategi tranformasi ekonomi," ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Kapolri juga menegaskan, Polri akan terus berkomitmen untuk melaksanakan seluruh rekomendasi yang diberikan oleh BPK sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagaimana dalam aturan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

"Sekali lagi terima kasih atas opini yang telah diberikan kepada kami. Kami akan terus melakukan perbaikan untuk tahun-tahun ke depan," ucap eks Kapolda Banten itu.

Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK Nyoman Adhi Suryadhnyana menyebutkan bahwa perolehan predikat WTP sembilan kali berturut-turut yang diterima Polri merupakan suatu prestasi dari institusi negara.

"Hasil dari pemeriksaan tersebut, saat ini kepolisian memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP, dan ini adalah perolehan yang kesembilan kali berturut turut, suatu prestasi yang membanggakan. Pak Kapolri beserta seluruh jajaran, dalam melaksanakan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara akuntabel dan transparan," kata Adhi.

Adhi berharap, ke depan prestasi yang diperoleh Polri ini dapat dipertahankan. Mengingat, menurutnya, kepolisian selain melaksanakan tugas dan fungsi utamanya, juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penerimaan negara, khususnya dari penerimaan negara bukan pajak atau PNBP bagi negara.

"Sehingga Kepolisian adalah suatu institusi yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laporan keuangan pemerintah pusat secara keseluruhan," tutup Adhi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua FKMTI: Ada Upaya Membungkam Korban Mafia Tanah

Kriminalisasi yang dilakukan terhadap korban mafia tanah diduga sebagai upaya untuk membungkam suara mereka yang berjuang untuk mendapatkan hak.

NEWS | 19 Agustus 2022

Jaga Kelestarian Lingkungan, KVG Kembangkan Budi Daya Kenaf

Guna menjaga kelestarian lingkungan, KVG melakukan kerja sama dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemprov Aceh mengembangkan budi daya kenaf.

NEWS | 19 Agustus 2022

Sebelum Jadi Tersangka, Putri Candrawathi Sudah 3 Kali Diperiksa

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus Brigadir J, istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sudah diperiksa tiga kali oleh timsus Polri.

NEWS | 19 Agustus 2022

Jadi Tersangka Pembunuhan, Putri Candrawathi Belum Ditahan

Sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Putri Candrawathi belum ditahan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Menkumham Harap Farel Prayoga Bisa Menginspirasi Anak-anak Lainnya

Menkumham Yasonna H Laoly berharap keberadaan Farel Prayoga dapat menginspirasi anak-anak lainnya untuk menunjukkan potensi mereka.

NEWS | 19 Agustus 2022

Beyond 360 Indonesia, Solusi Pemasaran Digital dan Virtual Tour Properti

Beyond 360 Indonesia hadir di Indonesia sebagai spesialis produsen 3D & 360 virtual tour, untuk solusi penjualan dan pemasaran virtual dan digital di dunia properti.

NEWS | 19 Agustus 2022

Putin Janjikan Rp 241 Juta untuk Wanita Rusia yang Lahirkan 10 Anak

Vladimir Putin menjanjikan US$ 16.000 atau Rp 241 juta untuk wanita Rusia yang lahirkan 10 anak.

NEWS | 19 Agustus 2022

Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V

Badan Bahasa, Kemendikbudristek meluncurkan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) Edisi V.

NEWS | 19 Agustus 2022

Jadi Tersangka, Putri Candrawathi Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan dijerat dengan Pasal 340 KUHP.

NEWS | 19 Agustus 2022

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Jadi Tersangka

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polisi Pastikan Penembakan di Cengkareng Bukan Perampokan

Polisi Pastikan Penembakan di Cengkareng Bukan Perampokan

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings