Logo BeritaSatu

BSKDN Ingatkan Pemda Penuhi Variabel Penilaian Kota Bersih

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:21 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER


Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto mengatakan, kebersihan tidak hanya menjaga lingkungan dari sampah dan hal kumuh lainnya. Lebih dari itu, kebersihan adalah bagian dari upaya menyejahterakan masyarakat. Sebab itu, pemerintah daerah mesti terus menjaga kebersihan lingkungannya.

"Ini (kebersihan) sangat berkaitan dengan keberlanjutan kota. Kalau kita bisa menjaga kebersihan kota kita, tentu ini akan mendukung kesehatan masyarakat. Dengan kesehatan, masyarakat dapat mengupayakan kesejahteraannya. Artinya bagi pemerintah daerah, menjaga kebersihan kota, bukan hanya menjadi amanat undang-undang saja, tapi juga amanat konstitusi untuk menyejahterakan umum,” ungkap Eko dalam forum diskusi aktual Kesiapan Pemerintah Daerah Menuju Penilaian Kota Bersih, Selasa (28/6/2022).

Eko mewanti-wanti agar pemerintah daerah tidak lalai menjaga kebersihan lingkungan di daerah mereka. Pasalnya, ketika kota tidak dalam keadaan bersih, masyarakat akan mendapatkan banyak kesulitan.

"Kita lihat di televisi beberapa waktu lalu. Ketika kita melihat gunungan sampah di India, beberapa kota mengalami kesulitan membuang sampah. Sampai ditutup selama dua hari. Tentu saja, ini membuat keprihatinan bagi kita semua. Kita harus berupaya keras. Bagaimana persoalan sampah, persoalan lingkungan hidup, persoalan kebersihan ini dapat kita selesaikan bersama,” ucapnya.

Ia menyadari mengatasi sampah yang mengotori lingkungan kota tidak mudah. Namun demikian dapat diupayakan dengan kerja keras dan kemitraan. “Memang tidak mudah bagi bangsa Indonesia yang besar ini, karena sampah itu di mana-mana. Tidak hanya di daratan, tapi juga di lautan. Kebersihan itu bukan hanya di daratan di lautan saja, tapi juga di udara, artinya ini lebih komprehensif. Sebab itu pada kesempatan ini, mari kita bersama-sama mencari solusi yang terbaik untuk kota bersih,” tambahnya.

Kepala Pusat Litbang Pembangunan dan Keuangan Daerah, Heru Tjahyono mengatakan diskusi ini sekaligus akan menganalisa persiapan pemerintah daerah dalam penilaian kota bersih yang akan segera digelar.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk menganalisa kesiapan pemerintah daerah dalam penilaian kota bersih, dan menganalisa faktor-faktor yang menghambat pemerintah daerah dalam memenuhi variabel kota bersih,” ucapnya.

Heru mengatakan, diskusi tersebut akan dimanfaatkan untuk menerima masukan dari pemerintah daerah terkait penyusunan kebijakan kota bersih. "Kegiatan ini dilakukan juga dilakukan untuk menjaring masukan untuk pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan terkait penilaian kota bersih," tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laporkan Mamat Alkatiri, Pengacara: Hillary Lasut Tidak Antikritik

Pengacara Hillary Lasut, menegaskan, kliennya tidak antikritik. Ia pun membantah laporan polisi yang dibuat kliennya sebagai bentuk sikap antikritik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Referendum di Ukraina, Putin: Sudah Konklusif dan Transparan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut hasil referendum di Ukraina wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporoszhye sudah konklusif dan transparan

NEWS | 6 Oktober 2022

Kader GPII Diminta Wujudkan Indonesia Emas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GPII Ujang Ridwansyah mendorong para kader pemuda Islam mewujudkan Indonesia emas

NEWS | 6 Oktober 2022

Lesti Kejora Ternyata Sudah Sering Mengalami KDRT

Rizky Billar dikatakan polisi juga pernah coba melukai Lesti Kejora dengan melempar bola billiard tapi tidak terkena.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Buka Konferensi Ke-3 Ekonomi Kreatif 2022 di Bali

Jokowi Buka Konferensi Ke-3 Ekonomi Kreatif 2022 di Bali

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings