Logo BeritaSatu

KPK Pertanyakan ICW yang Hanya Ungkit Harun Masiku

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:41 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang hanya mengungkit buronan Harun Masiku. Hal ini mengingat buronan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK bukan hanya Harun Masiku.

"Kenapa ICW hanya fokus soal buronan Harun Masiku? Bagi kami semua perkara yang tersangkanya DPO saat ini sama pentingnya untuk dicari dan segera diselesaikan," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Dikatakan Ali, pencarian para buronan yang masuk DPO menjadi kewajiban KPK agar dapat ditemukan dan kemudian diadili atas perbuatannya. Dia juga mendorong publik untuk menyampaikan informasi terbaru ke KPK perihal keberadaan para buronan tersebut.

Selain Harun Masiku, buronan KPK lainnya yakni Surya Darmadi selaku pemilik PT Darmex Group atau PT Duta Palma yang merupakan tersangka kasus dugaan korupsi terkait ‎pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau, tahun anggaran 2014.

Kemudian, Izil Azhar atau Ayah Merin yang merupakan tersangka kasus dugaan suap penerimaan gratifikasi bersama-sama dengan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Buron lainnya, Kirana Kotama yang merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penunjukan Ashanti Sales Inc. sebagai agen eksklusif PT PAL Indonesia (Persero) dalam Pengadaan Kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) untuk Pemerintah Filipina Tahun 2014-2017.

"Kami pastikan KPK tetap melakukan pencarian para DPO tersebut, baik yang ditetapkan sejak tahun 2017 maupun 2020," ujar Ali.

Perlu diketahui, ICW melangsungkan aksi teatrikal di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Aksi tersebut berkaitan dengan masih belum ditangkapnya buronan Harun Masiku.

Sebagai informasi, Harun merupakan politikus PDIP yang terjerat perkara dugaan suap dalam PAW anggota DPR periode 2019-2024. Dia diduga menyuap Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. Adapun saat ini nama Harun sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Namun, sejak OTT terhadap Wahyu dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020 hingga saat ini, Harun Masiku masih buron dan menghirup udara bebas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022

AHY Hormati Kedaulatan Partai Nasdem Usung Anies Capres

AHY menegaskan pihaknya menghormati kedaulatan Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

NEWS | 4 Oktober 2022

Penjelasan KPK soal Pertemuan dengan BPK Terkait Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penelusuran kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bercanda Soal KDRT Lesti Kejora, Deddy Corbuzier Dikritik Netizen

Pada konten Somasi, Deddy Corbuzier bersama komedian Uus mengangkat kasus KDRT yang dialami penyanyi Lesti Kejora dengan bercanda.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bharada E Siap Dipertemukan dengan Ferdy Sambo di Persidangan

Bharada E siap dipertemukan langsung dengan mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo di persidangan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Maharani Harapkan Hak-hak Perempuan Kian Terjamin

Ketua DPR Puan Maharani berharap semua anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dapat melindungi hak-hak rakyat secara maksimal, khususnya hak-hak perempuan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan <em>First Class</em>

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings