Logo BeritaSatu

Paspampres Bersenjata Laras Panjang Kawal Ketat Presiden Jokowi di Kyiv

Rabu, 29 Juni 2022 | 17:10 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / DAS

Jakarta, Beritasatu.com – Tidak seperti di Jerman saat mengikuti pertemuan G-7, Presiden Jokowi di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022), mendapat pengawalan ketat pasukan pengamanan presiden (paspampres).

Paspampres yang mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) dan membawa senjata laras panjang mengawal ketat Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan terbatas.

Advertisement

Pengawalan ketat tersebut terlihat ketika rombongan Presiden tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina. Saat Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turun dari kereta luar biasa yang membawa rombongan dari Polandia, tampak sejumlah pengawal berada tak jauh dari Presiden.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com dari video yang disiarkan Sekretariat Presiden, terlihat paspampres mengenakan rompi dan helm anti peluru serta membawa senjata laras panjang berdiri di belakang Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Saat turun dari kereta, Jokowi dan Iriana disambut oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik yang mengucapkan selamat datang kepada keduanya.

Good morning, welcome to Kyiv. Selamat datang di Ukraina,” kata Dmytro Senik sambil menjabat tangan Jokowi.

Kemudian keduanya berjalan berdampingan sambil berbincang-bincang. Sementara anggota paspampres terlihat terus melakukan pengawalan di belakang Jokowi dan Dmytro Senik.

Terdengar Jokowi memuji udara cerah yang menyambut kedatangannya di Kyiv. “Good weather also,” ucap Jokowi.

Kemudian, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Dmytro Senik yang mengantarkannya masuk ke dalam mobil yang akan membawanya melakukan sejumlah kegiatan di Kyiv hari ini.

Paspampres Bersenjata Laras Panjang Kawal Ketat Presiden Jokowi di Kyiv
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu, 29 Juni 2022.

“Terima kasih, terima kasih,” ujar Jokowi.

Sementara paspampres yang mengenakan rompi dan helm anti peluru serta membawa senjata laras panjang langsung melakukan pengawalan dengan mengitari mobil yang dinaiki Kepala Negara.

Mereka tetap siaga dengan melihat suasana dan kondisi di sekitarnya sampai Jokowi dan Iriana masuk ke dalam mobil dan meninggalkan stasiun.

Menurut Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, sebanyak 39 personel paspampres disiapkan untuk melindungi Presiden Jokowi.

Mereka terdiri dari 10 personel tim penyelamatan, 19 personel grup utama dan 10 personel tim yang akan berada di lokasi terlebih dahulu.

Perlengkapan perlindungan diri pun sudah disiapkan, seperti helm dan rompi antipeluru yang akan dikenakan Presiden dan delegasi Indonesia.

Untuk senjata, pihak Ukraina sudah memberikan izin untuk membawa senjata laras panjang dengan amunisi tidak terbatas sesuai dengan jumlah personel paspampres yang turut mendampingi Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Misi pertemuannya dengan Zelensky adalah membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian.

Sebelumnya Presiden Jokowi menghadiri KTT G-7 di Schloss Elmau, Jerman.

Presiden Jokowi hadir bersama pemimpin dari negara mitra G-7 yaitu Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Jokowi juga melakkukan pembicaraan dengan PM Kanada Justin Trudeau.

"Sekali lagi dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kanada Izinkan Vaksin Pfizer untuk Booster Anak 5-11 Tahun

Kanada mengatakan, telah mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer dan BioNTech sebagai booster Covid-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun

NEWS | 20 Agustus 2022

Kapolri: Jaga Muruah Intitusi Polri

Dalam arahan kepada jajarannya, Kapolri mengajak seluruh personel untuk menjaga muruah institusi

NEWS | 20 Agustus 2022

Timothy Ivan Motivasi Mahasiswa UAJY Pimpin Masa Depan

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau UAJY diajak menjadi pemimpin di masa depan guna menyambut bonus demografi pada tahun 2045.

NEWS | 20 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan pada Sabtu (20/8/2022)

NEWS | 20 Agustus 2022

Aksi Penembakan di Kota Malmo Swedia, 1 Orang Tewas

Aksi penembakan terjadi di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Swedia pada Jumat (19/8/2022) yang menewaskan seorang pria.

NEWS | 20 Agustus 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022

PPDI Gandeng IFES dan UMJ Selenggarakan Engage Training

PPDI berkolaborasi dengan IFES dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program Engage Training.

NEWS | 19 Agustus 2022

Pemkot Bogor Membekukan Izin Operasional 1.010 Angkot

Pemkot Bogor membekukan izin trayek 1.010 angkot di wilayahnya. Sanksi pembekuan izin lantaran pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya.

NEWS | 19 Agustus 2022

Srikandi KIB Gelar Pelatihan Pembuatan Roti dan Pastri

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memanfaatkan momen HUT ke-77 RI untuk mengonsolidasikan kekuatan.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wall Street Terkoreksi dalam Seminggu, Nasdaq Minus 2,6%

Wall Street Terkoreksi dalam Seminggu, Nasdaq Minus 2,6%

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings