Logo BeritaSatu

SPTP: Standar Layanan Terminal Peti Kemas Jadi Prioritas

Rabu, 29 Juni 2022 | 18:25 WIB
Oleh : JNS

Surabaya, Beritasatu.com - Operator terminal peti kemas terbesar di Indonesia PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) saat ini tengah gencar melakukan transformasi di seluruh area kerja perseroan.

Hal itu dilakukan SPTP untuk meningkatkan pelayanan terhadap para perusahaan pelayaran yang menjadi pelanggan utamanya.

Advertisement

Standar pelayanan di area terminal peti kemas menjadi prioritas perusahaan untuk memberikan layanan yang optimal dan efisien.

Corporate Secretary SPTP Widyaswendra mengatakan transformasi yang dilakukan oleh perseroan menjangkau 27 terminal peti kemas di bawah pengelolaan perseroan. Terminal peti kemas yang berada di wilayah Indonesia timur tak luput dari proses transformasi tersebut. Beberapa terminal peti kemas di wilayah timur yang saat ini menjadi perhatian utama adalah TPK Sorong dan TPK Jayapura.

“Seluruh terminal peti kemas nanti akan memiliki standar pelayanan yang sama sesuai dengan kelas masing-masing, ini memudahkan kontrol dan monitoring baik bagi kami selaku operator maupun perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa layanan kami,” kata Widyaswendra, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Rabu (29/6/2022).

Salah satu upaya SPTP untuk memberikan standar layanan yang sama adalah dengan pemenuhan kebutuhan minimal fasilitas dan peralatan pada terminal peti kemas.

Untuk percepatan, perseroan melakukan pemindahan sejumlah peralatan bongkar muat peti kemas dari satu terminal ke terminal yang lain.

Seperti pemindahan 1 unit quay container crane (QCC) yang merupakan alat bongkar muat peti kemas di dermaga dari Pelabuhan Ternate ke TPK Kaltim Kariangau Terminal dan 2 unit QCC dari Jakarta International Container Terminal (JICT) ke TPK MNP. Pemindahan alat lainnya yaitu 2 unit rubber tyred gantry (RTG) yang merupakan alat bongkar muat peti kemas di lapangan penumpukan dari TPK MNP ke TPK Kaltim Kariangau Terminal.

“Selain pemenuhan peralatan, kami juga melakukan standardisasi sistem yang ada di terminal, sehingga seluruh terminal nantinya akan terintegrasi dengan satu sistem yang sama,” lanjutnya.

General Manager Operasional PT Temas Shipping Iwan Hernawan mengatakan standardisasi pelayanan di terminal peti kemas menjadi hal utama yang dinantikan oleh sejumlah perusahaan pelayaran.

Pihaknya menyebut pengelolaan terminal peti kemas sebelum merger memiliki perbedaan standar pelayanan di masing-masing terminal. Pengelolaan seluruh terminal peti kemas oleh SPTP diharapkan dapat mewujudkan harapan para perusahaan pelayaran melalui standar layanan yang sama di seluruh terminal peti kemas.

“Terminal peti kemas di wilayah barat, tengah, dan timur seharusnya memiliki standar layanan yang sama, baik itu dari sisi peralatan, kecepatan bongkar muat, tarif, hingga layanan pelanggan, kami melihat hal tersebut sudah disiapkan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas tanpa kami para perusahaan pelayaran meminta hal tersebut,” terang Iwan.

Transformasi terminal peti kemas oleh SPTP sudah dirasakan oleh pengguna jasa di TPK Belawan, Sumatra Utara.

General Manager PT Tanto Intim Line Bustanul Arifin Siregar mengatakan kinerja bongkar muat di TPK Belawan mengalami peningkatan hingga rata-rata mencapai 45 BSH (bongkar muat peti kemas pada 1 kapal dalam 1 jam). Pihaknya menyebut dalam 1 bulan perusahaan pelayaran PT Tanto Intim Line memiliki 11 jadwal kedatangan kapal dengan rata-rata bongkar muat sebanyak 1.300-1.600 TEUs.

“Dengan peningkatan kinerja bongkar muat tersebut waktu sandar kapal (port stay) menjadi lebih cepat, sehingga bisa segera berangkat untuk menuju ke pelabuhan selanjutnya, kami harapkan kinerja ini bisa tetap terjaga dan dapat ditingkatkan,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Upaya Pemerintah Uzbekistan Wujudkan Toleransi Beragama

Pemerintah Uzbekistan mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan toleransi antarumat beragama.

NEWS | 15 Agustus 2022

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI bakal memberikan sanksi tegas kepada guru intoleran di sekolah. Disdik menjamin proses edukasi tentang keberagaman di seluruh sekolah.

NEWS | 15 Agustus 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 15 Agustus 2022

Berikut ini Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Deolipa Gugat Bharada E, Ronny Talapessy, dan Kabareskrim

Deolipa Yumara menggugat Bharada E, Ronny Talapessy selaku pengacara baru Bharada E, dan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

NEWS | 15 Agustus 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 15 Agustus 2022

Berikut ini data Kasus Positif & Kematian Covid-19 di Jakarta, 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 15 Agustus 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022

Berikut ini data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Jelang Pemilu, KPK Diminta Lebih Gencarkan Mitigasi Pencegahan Korupsi

Kini, menjelang digelarnya Pemilu 2024, KPK diminta lebih menggencarkan mitigasi pencegahan korupsi.

NEWS | 15 Agustus 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 15 Agustus 2022

Berikut ini Data Positivity Rate Covid-19 sampai 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022

Berikut ini data Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings