Logo BeritaSatu

Hasto: Masa Depan Indonesia Cerah dengan Pancasila

Rabu, 29 Juni 2022 | 18:40 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto, menyatakan bangsa Indonesia harus berani menatap masa depan yang cerah dengan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja (working ideology).

Hasto menyampaikan hal itu saat memoderatori Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila di Universitas Pertahanan (Unhan) dengan tema "Implementasi Pancasila untuk Memperkokoh Nasionalisme dan Bela Negara pada Civitas Akademika Perguruan Tinggi", Rabu (29/6/2022).

Advertisement

Sebagai pembicara kunci Rektor Unhan Amarulla Octavian. Dan narasumber lainnya adalah Guru Besar Unhan Pribadiyono serta Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.

Hasto mengatakan, dalam disertasinya mengenai Gepolitik Soekarno, ditemukan bahwa Pancasila terbukti sebagai ideologi yang berfungsi secara geopolitik. Karena berhasil membuat bangsa di Asia dan Afrika merdeka berkat campur tangan Indonesia.

“Pancasila adalah jawaban atas tata dunia yang dipenuhi ketidakadilan. Banyak negara merdeka karena Pancasila kita,” kata Hasto.

Hasto melanjutkan, Pancasila juga menjadi sebuah ideologi yang bekerja, yang menjadi landasan jalannya pemerintahan. Pancasila menghasilkan sistem politik dan perekonomian yang khas indonesia.

“Sehingga kita sebagai bangsa harus berani menatap masa depan yang cerah,” tegas Hasto.

Hasto juga mengungkap paparan Pribadiyono di seminar itu, yang melihat aspek penting bagaimana wawasan kebangsaan dan semangat bela negara, tak hanya dibangun dari kesadaran kognitif, namun juga emotional bonding.

“Tak mungkin memahami Pancasila tanpa keseimbangan otak kiri dan kanan. Tak mungkin melaksanakan Pancasila tanpa rasa cinta Tanah Air berkobar. Sehingga penting ada perubahan mindset yang terkungkung pada pandangan sempit, harus ada transformasi mindset,” ujar Hasto.

Hasto mengatakan transformasi mindset sangat diperlukan. Bahwa memahami Pancasila harus dilihat semangat progresivitasnya.

“Semua sila Pancasila menganding semangat yang progresif. Sehingga kemajuan Indonesia Raya dapat dicapai sepenuhnya,” ujar Hasto.

Sebelumnya Rektor Unhan Amarulla Octavian yang menjadi pembicara kunci menyebutkan lembaga pendidikan berperan penting dalam dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila. Perbedaan suku/etnis, agama, ras, dan golongan bukan untuk dipertentangkan.

"Pendidikan pada semua strata harus mengajarkan nilai-nilai kebajikan memahami perbedaan suku/etnis, agama, ras, dan golongan bukan untuk dipertentangkan. Berbeda keyakinan tidak berarti bermusuhan,” jelas Amarulla.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Warga Antusias Sambut Senam Cinta Tanah Air yang Digelar PDIP

Senam Cinta Tanah Air atau Sicita digelar PDIP untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

NEWS | 15 Agustus 2022

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Rawat 199 Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (15/8/2022) berjumlah 199.

NEWS | 15 Agustus 2022

LSI Denny JA Nilai KIB Menang di Pemilih yang Moderat

LSI Denny JA menilai, partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP lebih unggul di segmen pemilih yang moderat.

NEWS | 15 Agustus 2022

Mahasiswa Papua di Selandia Baru Dapat Kesempatan Bekerja

Mahasiswa Papua yang sebelumnya merasa resah dengan kelanjutan studinya di Selandia Baru, kini berhasil mendapatkan visa kerja di perusahaan konstruksi di sana.

NEWS | 15 Agustus 2022

Harapan Baru Hukum Pidana di Indonesia

Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP) perlu segera disahkan untuk mengikuti pergeseran paradigma hukum pidana.

NEWS | 15 Agustus 2022

Peringatan HUT Ke-72 Jateng Jadi Wujud Semangat Keberagaman

Upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di halaman Kantor Gubernur Jateng diikuti oleh beragam etnis nusantara yang ada di Jateng.

NEWS | 15 Agustus 2022

Satgas: Jakarta Masih Sumbangkan Kasus Terbanyak Covid-19

Secara nasional, tambahan kasus positif Covid-19 paling banyak berasal dari DKI Jakarta, yakni 1.902 orang.

NEWS | 15 Agustus 2022

Sarihusada Dukung Peningkatan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak

Melalui keberlanjutan usaha, kata dia, Sarihusada menghadirkan produk asli Indonesia melalui operasional produksi pada empat pabriknya.

NEWS | 15 Agustus 2022

Kasus Pengutil Cokelat di Alfamart, Ini Kata Hotman Paris

Hotman Paris menilai, meski telah mengembalikan cokelat yang dicuri di Alfamart, bukan berarti pengutil cokelat bisa disebut tidak melakukan tindak pidana.

NEWS | 15 Agustus 2022

PDIP: Jangan Keliru Artikan Restu Jokowi untuk Prabowo Cs

PDIP meminta semua pihak tidak keliru mengartikan restu Presiden Jokowi untuk para menterinya yang akan mencalonkan diri.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Warga Antusias Sambut Senam Cinta Tanah Air yang Digelar PDIP

Warga Antusias Sambut Senam Cinta Tanah Air yang Digelar PDIP

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings