Logo BeritaSatu

Muzani: Misi Perdamaian Jokowi Sejalan Amanat Konstitusi

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:49 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia. Kunjungan tersebut dinilai sejalan dengan amanat UUD 1945. Konstitusi secara terang benderang menyatakan Indonesia bertanggung jawab untuk turut serta dalam upaya menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia.

“Kami sangat mengapresiasi tindakan Presiden Jokowi dalam melakukan misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia guna mencegah perang yang berkelanjutan. Langkah ini untuk mendorong perdamian dunia sesuai amanat UUD 1945. Langkah presiden ini strategis untuk menghindari ancaman krisis pangan dan energi akibat perang tersebut,” kata Muzani dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Advertisement

Perang Ukraina-Rusia telah memicu krisis pangan dan energi yang menimbulkan peningkatan harga-harga komoditas dunia. Dampak tersebut secara langsung dirasakan oleh negara-negara di dunia. Maka penting bagi Indonesia sebagai Presidensi G-20 untuk menggunakan pengaruhnya guna meredam perang Ukraina-Rusia.

“Sebagai Presidensi G-20, keputusan Presiden Jokowi melaksanakan misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia merupakan langkah penting dan strategis untuk meredam perang yang berkepanjangan. Karena itu menjadi harapan bagi masyarakat dunia untuk kembali meringankan krisis pangan dan energi yang saat ini menjadi ancaman dan tantangan nyata bagi negara-negara dunia,” ujar Muzani.

“Krisis pangan dan energi ini telah menghambat distribusi bagi aktivitas ekonomi, industri, serta transportasi dunia. Itu menyebabkan berbagai komoditas mengalami kelangkaan dan kenaikan harga yang sangat signifikan. Masalah ini harus segera di atasi oleh negara-negara yang memiliki pengaruh kuat seperti Indonesia dan negara yang tergabung dalam G-7 maupun G-20,” imbuhnya.

Muzani juga berharap agar negara-negara G-7 dan G-20 ikut serta dalam upaya membuka kembali keran kerja sama ekonomi dengan Ukraina dan Rusia. Diketahui, Ukrania merupakan negara pemasok gandum nomor satu dunia. Sementara, Rusia adalah negara dengan industri pupuk terbesar yang selama ini produknya sangat diharapkan negara-negara dunia.

“Ancaman krisis pangan ekstrim semakin nyata apabila negara-negara yang tergabung dalam G-7 dan G-20 tidak membuka keran kerja sama ekonomi dengan Rusia dan Ukraina. Itu sebabnya seruan Presiden Jokowi untuk tidak embargo produk-produk unggulan Ukraina dan Rusia harus diikuti oleh negara-negara lainnya,” tutur wakil ketua MPR ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022

PPDI Gandeng IFES dan UMJ Selenggarakan Engage Training

PPDI berkolaborasi dengan IFES dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program Engage Training.

NEWS | 19 Agustus 2022

Pemkot Bogor Membekukan Izin Operasional 1.010 Angkot

Pemkot Bogor membekukan izin trayek 1.010 angkot di wilayahnya. Sanksi pembekuan izin lantaran pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya.

NEWS | 19 Agustus 2022

Srikandi KIB Gelar Pelatihan Pembuatan Roti dan Pastri

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memanfaatkan momen HUT ke-77 RI untuk mengonsolidasikan kekuatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Putri Candrawathi Tersangka, DPR: Gugur Motif Cemburu

Trimedya Panjaitan angkat bicara soal penetapan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 19 Agustus 2022

Burhanuddin Minta Seluruh Jaksa Jadi Teladan di Masyarakat

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan jaksa sebagai abdi negara harus selalu mengingat peran, tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Parpol Catut NIK Staf Bawaslu, Ketua KPU: Sipol Berjalan

Ketua KPU  Hasyim Asy'ari mengatakan kasus pencatutan NIK dua staf Bawaslu di Yogyakarta menjadi bukti sipol berjalan efektif.

NEWS | 19 Agustus 2022

Rayakan HUT Ke-77 RI, BP2MI Meriahkan dengan Beragam Lomba

BP2MI merayakan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun, 17 Agustus 2022 dengan beraneka ragam kegiatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kekompakan Kasad, Kasal, dan Kasau Dinilai Layak Diapresiasi

Kekompakan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dinilai layak diapresiasi.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kendaraan Otonom Wujudkan Sistem Transportas Cerdas

Kendaraan Otonom Wujudkan Sistem Transportas Cerdas

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings