Logo BeritaSatu

Presiden Duterte Puji Kebijakan Menkumham Yasonna Laoly

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:22 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Manila, Beritasatu.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menerima penghargaan Kaanib Ng Bayan Award atau Ally of Nation dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Penghargaan diberikan di malam Penghargaan Presiden untuk Individu dan Organisasi Filipina di Luar Negeri atau Presidential Awards for Filipino Individuals and Organizations Overseas (PAFIOO) 2021 di Hotel Marriot Manila, Filipina, Rabu (29/6/ 2022).

Pemerintah Filipina memberikan anugerah tersebut kepada Menkumham Yasonna Laoly, karena dinilai berjasa melalui kebijakan di bidang keimigrasian pada masa pandemi Covid-19. Sebagaimana tertulis di layar saat penghargaan diberikan, Rodrigo Duterte memberikan penghargaan itu atas dedikasi dan upaya Yasonna dalalm menjamin keamanan, keselamatan, dan kesejahteraan orang Filipina yang tinggal di Indonesia, melalui kebijakan politik dan pendampingan kepada warga Filipina di Indonesia.

Advertisement

Mewakili Yasonna dalam menerima penghargaan simbolik berupa piagam dan medali adalah Duta Besar RI untuk Filipina, Agus Widjojo. Adapun mewakili Presiden Duterte untuk memberikan penghargaan tersebut adalah Ketua Komisi untuk Orang Filipina di Luar Negeri (Commission on Filipinos Overseas/CFO) Justice Fransisco P Acosta.

Dalam pidatonya, Fransisco mengatakan gelaran PAFIOO kali ini memecahkan rekor penerima penghargaan terbanyak sejak pertama kali digelar pada 1991, yakni 56 individu dan organisasi. Para penerima tersebut dipilih dari 117 nominasi dari 31 negara. “Atas dedikasi dan upaya Menteri Yasonna Laoly dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga Filipina yang tinggal di Indonesia melalui kehendak politik, keahlian, dan bantuannya,” ujarnya.

PAFIOO pertama kali digelar pada 1991. Pada waktu itu, Presiden Corazon Aquino memberi penghargaan kepada 36 individu dan organisasi Filipina di luar negeri.

Ada empat kategori dalam PAFIOO, yakni Kaanib ng Bayan, penghargaan bagi individu atau organisasi dari luar negeri yang dinilai berkontribusi secara signifikan terhadap progres dan perkembangan Filipina, atau membantu komunitas warga Filipina di luar negeri. Kemudian penghargaan Lingkad Sa Kapwa Pilipino, Banaag, dan Pamanan ng Pilipino.

Yasonna mengapresiasi penghargaan dari pemerintah Filipina. Dia menegaskan pemerintah Indonesia akan mengambil kebijakan yang mengutamakan keselamatan manusia, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi untuk komunitas masyarakat Filipina di Indonesia yang telah mengusulkan saya sebagai salah satu penerima penghargaan tersebut. Dari lubuk hati paling dalam, saya dengan tulus menghargai apa yang telah kalian lakukan. Sekarang, saya telah menjadi saudara kalian,” ujar Yasonna.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Perlu Tambahan 351 Pegawai

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu penambahan pegawai di internal sebanyak 351 orang

NEWS | 20 Agustus 2022

151 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Sabtu (20/8/2022) berjumlah 151

NEWS | 20 Agustus 2022

Kapolri Yakin dari 430.000 Polisi, Masih Banyak yang Baik

Kapolri meyakini dari seluruh personel kepolisian yang saat ini berjumlah  430.000 masih banyak anggota yang baik ketimbang yang buruk.

NEWS | 20 Agustus 2022

Mahfud MD: Birokrasi Korup Hambat Pelayanan Publik

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, birokrasi korupsi menghambat kerja-kerja pelayanan publik.

NEWS | 20 Agustus 2022

HA IPB dan Stakeholders Dukung Kementan Pertahankan Swasembada Beras

Prestasi swasembada beras mendapatkan apresiasi dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) dan stakeholders pertanian.

NEWS | 20 Agustus 2022

Ini 6 Nama Polisi yang Diduga Menghalangi Penyidikan Kasus Brigadir J

Polri hingga saat ini masih terus mendalami anggotanya yang terlibat obstruction of justice atau menghalangi penyidikan terkait kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 20 Agustus 2022

Kanada Izinkan Vaksin Pfizer untuk Booster Anak 5-11 Tahun

Kanada mengatakan, telah mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer dan BioNTech sebagai booster Covid-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun

NEWS | 20 Agustus 2022

Kapolri: Masih Banyak Polisi yang Baik, Jaga Muruah Polri

Dalam arahan kepada jajarannya, Kapolri mengajak seluruh personel untuk menjaga muruah institusi

NEWS | 20 Agustus 2022

Timothy Ivan Motivasi Mahasiswa UAJY Pimpin Masa Depan

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau UAJY diajak menjadi pemimpin di masa depan guna menyambut bonus demografi pada tahun 2045.

NEWS | 20 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan pada Sabtu (20/8/2022)

NEWS | 20 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Perlu Tambahan 351 Pegawai

KPK Perlu Tambahan 351 Pegawai

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings