Logo BeritaSatu

Pemilu 2024, Ditjen Dukcapil Kemendagri Beri KPU Hak Akses NIK

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:36 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ((Ditjen Dukcapil Kemendagri) memberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hak akses nomor induk kependudukan (NIK). Pemberian hak akses NIK kepada KPU ini sebagai bentuk dukungan Ditjen Dukcapil Kemendagri dalam peningkatan kualitas pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mulai dari pemilihan legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilpres) hingga pemilihan kepala daerah (pilkada).

Penyerahan hak akses itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan data kependudukan Dukcapil serta penyerahan hak akses NIK kepada KPU di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Advertisement

PKS ditandatangani oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri. Zudan Arif Fakrulloh dan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

Dalam sambutannya, Zudan mengatakan penandatangan PKS ini mengulang sejarah 5 tahun lalu. Saat itu, Ditjen Dukcapil juga menyerahkan hak akses yang disebut sebagai super user. Dengan penyerahan akses NIK ini, KPU di 514 kabupaten/kota dan di 34 provinsi nantinya dapat melihat database Dukcapil.

“Jadi rekan-rekan KPU, kalau ingin melihat seseorang ini terdaftar di kabupaten mana, ketik NIK-nya saja, maka status umur dan pemilih berasal dari mana akan ketemu,” kata Zudan Arif Fakrulloh.

Hak akses NIK ini, lanjut Zudan, dapat digunakan KPU dengan kuota sebanyak 200.000 klik per hari. Namun, bila KPU merasa masih kurang, Zudan dengan tangan terbuka akan menambah jumlah kuota tersebut.

“Jumlah ini masih bisa ditambah. WA saja dulu boleh, baru disusul surat resmi. Inilah yang namanya agile bureaucracy, birokrasi yang lincah dan gesit yang bakal mempercepat pembangunan demokrasi,” ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Dengan pemberian hak akses NIK ini, kata Zudan, diharapkan dapat mempercepat upaya membangun demokrasi lebih baik di Tanah Air. Dikatakan, peningkatan kualitas demokrasi berawal dari data kependudukan sebagai awal penyusunan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dan daftar pemilih tetap (DPT).

“Sehingga kita sudah bisa memprediksi, kalau dihitung hari ini untuk DP4 Pemilu di Februari 2024, kira-kira penduduknya berapa itu sudah bisa diprediksi,” terang Zudan Arif Fakrulloh.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus PMK Terus Bertambah Jika Tak Terapkan Pembatasan

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK bakal terus bertambah jika pembatasan dan pengetatan antar daerah zona merah dan hijau tidak diterapkan secara tepat.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Tetapkan 1 Tersangka Baru Kasus Korupsi di Taspen

Kejagung menetapkan Dirut PT Prioritas Raditya Multifinance (PT PRM) berinisial AM sebagai tersangka baru kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwa Taspen.

NEWS | 11 Agustus 2022

Bareskrim: Ferdy Sambo Marah Usai Dapat Laporan dari Istri

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan tersangka Irjen Pol Ferdy Sambo (FS) mengaku marah setelah mendapat laporan dari istrinya PC.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kapolri Berhentikan Satgassus yang Pernah Dipimpin Ferdy Sambo

Kapolri, Kamis (11/8/2022) secara resmi menghentikan kegiatan Satgassus Merah Putih yang pernah dipimpin Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 11 Agustus 2022

Satgas Ungkap Puncak Gelombang Covid-19 Terjadi Jika...

Satgas Covid-19 menyebut puncak gelombang keempat bisa terjadi jika sebagian besar masyarakat Indonesia abai protokol kesehatan dan muncul varian yang ganas.

NEWS | 11 Agustus 2022

Polisi Sudah Telusuri Pohon Koka di Kebun Raya Bogor, Ini Hasilnya

Polda Metro Jaya telah menelusuri pohon koka di Kebun Raya Bogor yang disebut menjadi bibit pohon koka pengekspor biji kokain berinisial SDS (51).

NEWS | 11 Agustus 2022

Dana Covid-19 Dihapus, BRIN: Riset Vaksin Tetap Jalan

Kendati anggaran Covid-19 dihapus, namun untuk riset seputar Covid-19 termasuk pengembangan vaksin tidak akan terganggu.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kemendagri Dorong Percepatan Realisasi Anggaran di Kalbar

Kemendagri melalui Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir Balaw dan Dirjen Keuda Kemendagri Agus Fatoni mendorong percepatan realisasi anggaran daerah.

NEWS | 11 Agustus 2022

Bakamla RI Gelar Latihan Identifikasi Narkoba di Laut

Bakamla RI berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menyelenggarakan Latihan Bersama Teknik Identifikasi Narkoba di Laut

NEWS | 11 Agustus 2022

BRIN: Pandemi Covid-19 Jadi Pembelajaran Perkuat Riset

Pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran berharga untuk pengembangan riset mulai dari sumber daya manusia (SDM) yakni tim periset hingga infrastruktur.

NEWS | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendagri Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Tidak Korupsi

Mendagri Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Tidak Korupsi

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings