Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Bersedia Bawa Pesan Zelensky kepada Putin

Rabu, 29 Juni 2022 | 23:02 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Usai menggelar pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perdamaian antara Ukraina dengan Rusia masih sulit tercapai. Namun, Jokowi menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat mengunjungi negara tersebut.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Zelensky seusai pertemuan. Jokowi mengungkapkan dalam pertemuannya dengan Zelensky, disampaikannya tujuan kunjungannya ke Ukraina sebagai perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” ujar Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G-20 yang akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali. Ia juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Presiden Zelensky menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Jokowi ke Ukraina. Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ujar Volodymyr Zelensky.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendikbudristek Diminta Perhatikan Nasib Guru Honorer

Menteri Nadiem diminta untuk bergerak cepat menyelesaikan masalah guru honorer dan pegawai pemerintah dalam perjanjian kerja (P3K).

NEWS | 26 September 2022

Kebijakan WHO, Petunjuk Akhiri Pandemi Covid-19 ke Endemi

Enam kebijakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi petunjuk untuk mengakhiri pandemi Covid-19 dan menuju endemi.

NEWS | 26 September 2022

Kuasa Hukum: Lukas Enembe Belum Perlu Dijemput Paksa

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening menilai kliennya belum perlu dijemput paksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

NEWS | 26 September 2022

Pihak Lukas Enembe Ajak Tim Dokter ke Papua, KPK Heran

KPK mempertanyakan solusi kuasa hukum Lukas Enembe yang meminta agar tim dokter KPK mendatangi Papua guna memeriksa kondisi kesehatan kliennya.

NEWS | 26 September 2022

Kelompok Buruh di Samarinda Dukung Firli Bahuri Maju Pilpres 2024

Kelompok buruh di Samarinda mendeklarasikan dukungan kepada Ketua KPK Firli Bahuri untuk maju dalam Pilpres 2024. 

NEWS | 26 September 2022

Organisasi Profesi Kesehatan Sebut Belum Dilibatkan di RUU Kesehatan

Lima organisasi profesi kesehatan mengaku belum dilibatkan dalam penyusunan RUU Kesehatan yang telah masuk Prolegnas.

NEWS | 26 September 2022

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara akan ditutup malam ini. Sebanyak 30 PSK di lokalisasi di Cilincing dipulangkan ke kampung halaman.

NEWS | 26 September 2022

8 Aki Kendaraan Dinas di Kantor Wali Kota Jakpus Dicuri

Delapan aki kendaraan dinas di Kantor Wali Kota Jakpus (Jakarta Pusat) digondol maling. Kendaraan itu terparkir di halaman parkir.

NEWS | 26 September 2022

Sandiaga Optimistis Situs Gunung Padang Cianjur Capai Kunjungan 1,9 Juta Wisman

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis destinasi situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat mampu mencapai kunjungan 1,9 juta wisman.

NEWS | 26 September 2022

Gara-gara Somasi Pelanggan, Es Teh Indonesia Viral

Es Teh Indonesia menjadi viral karena Es Teh Indonesia melayangkan somasi kepada pelanggannya yang mengkritik soal kadar gula dalam kandungan Es Teh Indonesia.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings