Logo BeritaSatu

Baru Diluncurkan, Ini Spesifikasi KMP Bahtera Nusantara 03

Rabu, 18 Mei 2022 | 17:55 WIB
Oleh : JNS

Batam, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi melakukan peluncuran kapal penyeberangan Ro-Ro 1500 Gross Ton (GT) yang diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03, Batam, Rabu (18/5/2022).

Kapal ini nantinya akan melayani lintas Dompak-Matak-Penagi di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS). Dilansir dari siaran pers Ditjen Hubdat, KMP Bahtera Nusantara 03 memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot. Kapal ini disebut mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4.

Advertisement

"Kita akan menyiapkan sarana prasarana bagi kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan sarana prasarana untuk daerah 3 TP (tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan),” ungkap Dirjen Budi dalam peluncuran kapal tersebut, sebagaimana dikutip dari siaran pers, Rabu (18/5/2022).

Menurut Dirjen Budi, kehadiran kapal yang diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03 ini di wilayah Batam dapat mempermudah mobilitas masyarakat yang akan menyeberang serta membuka akses yang lebih luas bahkan hingga ke wilayah di sekitar Batam maupun wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

“Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura juga merupakan prioritas kami untuk memperhatikan pembangunan sarana dan prasarana transportasinya. Dari yang disampaikan Bapak Presiden itu maka kami di Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Hubdat secara bertahap sudah mewujudkan semuanya. Kita bangun kapal dan dermaga di sini cukup banyak. Jadi semuanya ini tidak tiba-tiba, mudah-mudahan multiplier effect dari pembangunan kapal ini akan dirasakan masyarakat,” jelas Dirjen Budi Setiyadi.

Dirjen Budi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat KMP Bahtera Nusantara 03 dan dapat menyelesaikannya tepat waktu.

“Kiranya kapal ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap mengutamakan aspek keselamatan," imbuh Dirjen Budi Setiyadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022

BP Jamsostek Tingkatkan Produktivitas Pekerja Lewat Gerakan Sejuta Langkah

BP Jamsostek meluncurkan Gerakan Sejuta Langkah (GSL) agar para pekerja harus bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gabriel Jesus Fantastis, Arsenal Bekuk Leicester 4-2

Gabriel Jesus Fantastis, Arsenal Bekuk Leicester 4-2

BOLA | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings