Logo BeritaSatu

Putin Peringatkan NATO jika Kerahkan Pasukan di Swedia dan Finlandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO jika mengerahkan pasukan di Finlandia dan Swedia. Seperti dilaporkan AP, Rabu (29/6/2022), Putin menuduh aliansi militer berusaha untuk menegaskan "supremasi" melalui konflik Ukraina.

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan akan menanggapi dengan cara yang sama jika NATO mengerahkan pasukan dan infrastruktur di Finlandia dan Swedia setelah kedua negara Nordik itu bergabung dengan aliansi militer.

Advertisement

“Dengan Swedia dan Finlandia, kami tidak memiliki masalah yang kami miliki dengan Ukraina. Mereka ingin bergabung dengan NATO, silakan," kata Putin kepada televisi pemerintah Rusia setelah pembicaraan dengan para pemimpin regional di negara bagian Turkmenistan, bekas Soviet di Asia tengah.

Putin membuat komentarnya sehari setelah anggota NATO Turki mencabut hak vetonya atas tawaran Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi ketika ketiga negara sepakat untuk melindungi keamanan satu sama lain.

Helsinki dan Stockholm bergabung dengan NATO menandai salah satu perubahan terbesar dalam keamanan Eropa dalam beberapa dekade.

“Tetapi mereka harus memahami bahwa tidak ada ancaman sebelumnya, sementara sekarang, jika kontingen militer dan infrastruktur dikerahkan di sana, kita harus merespons dengan baik dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah dari mana ancaman terhadap kita diciptakan,” katanya.

Menurut Putin, hhubungan Moskwa dengan Helsinki dan Stockholm pasti akan memburuk setelah keanggotaan NATO kedua negara.

“Semuanya baik-baik saja di antara kami, tetapi sekarang mungkin ada beberapa ketegangan, pasti akan ada. Itu tidak bisa dihindari jika ada ancaman bagi kita,” kata Putin.

Putin juga membantah bahwa pasukan Moskwa bertanggung jawab atas serangan rudal di pusat perbelanjaan yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina, awal pekan ini. Di sana, sedikitnya 18 orang tewas dan banyak yang masih hilang di reruntuhan.

“Tentara kami tidak menyerang situs infrastruktur sipil mana pun. Kami memiliki setiap kemampuan untuk mengetahui apa yang terletak di mana. Saya yakin bahwa kali ini, semuanya dilakukan dengan cara yang tepat ini,” kata Putin pada konferensi pers di ibu kota Turkmenistan, Ashgabat.

Ukraina menuduh Rusia menargetkan pusat perbelanjaan dan pembeli sipil.

Putin membuat komentarnya ketika NATO pada hari Rabu mencap Rusia sebagai “ancaman langsung” terbesar bagi keamanan Barat setelah invasinya ke Ukraina.

Aliansi militer juga menyetujui rencana untuk memodernisasi angkatan bersenjata Kyiv yang terkepung, dengan mengatakan bahwa mereka berdiri sepenuhnya di belakang “pertahanan heroik negara mereka” Ukraina.

“Perang Presiden Putin melawan Ukraina telah menghancurkan perdamaian di Eropa dan telah menciptakan krisis keamanan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. NATO telah merespons dengan kekuatan dan kesatuan,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam konferensi pers.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG Prakirakan Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan pada Sabtu (20/8/2022)

NEWS | 20 Agustus 2022

Aksi Penembakan di Kota Malmo Swedia, 1 Orang Tewas

Aksi penembakan terjadi di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Swedia pada Jumat (19/8/2022) yang menewaskan seorang pria.

NEWS | 20 Agustus 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022

PPDI Gandeng IFES dan UMJ Selenggarakan Engage Training

PPDI berkolaborasi dengan IFES dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program Engage Training.

NEWS | 19 Agustus 2022

Pemkot Bogor Membekukan Izin Operasional 1.010 Angkot

Pemkot Bogor membekukan izin trayek 1.010 angkot di wilayahnya. Sanksi pembekuan izin lantaran pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya.

NEWS | 19 Agustus 2022

Srikandi KIB Gelar Pelatihan Pembuatan Roti dan Pastri

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memanfaatkan momen HUT ke-77 RI untuk mengonsolidasikan kekuatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Putri Candrawathi Tersangka, DPR: Gugur Motif Cemburu

Trimedya Panjaitan angkat bicara soal penetapan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 19 Agustus 2022

Burhanuddin Minta Seluruh Jaksa Jadi Teladan di Masyarakat

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan jaksa sebagai abdi negara harus selalu mengingat peran, tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Parpol Catut NIK Staf Bawaslu, Ketua KPU: Sipol Berjalan

Ketua KPU  Hasyim Asy'ari mengatakan kasus pencatutan NIK dua staf Bawaslu di Yogyakarta menjadi bukti sipol berjalan efektif.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berikut 6 Polisi dan Perannya yang Diduga Halangi Penyidikan Kasus Tewasnya Brigadir J

Berikut 6 Polisi dan Perannya yang Diduga Halangi Penyidikan Kasus Tewasnya Brigadir J

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings