Logo BeritaSatu

Warga Cikini VII Keberatan Nama Jalan Diganti Jadi Tino Sidin

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:06 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta mengganti 22 nama Jalan di Ibu Kota. Salah satunya yaitu Jalan Cikini VII yang berada di Jakarta Pusat menjadi Jalan Tino Sidin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua RT Jalan Cikini VII, Nur Zaman (42) mengungkapkan, warga Cikini tidak setuju dengan pergantian nama tersebut. Sebab ia dan warganya ingin nama jalan tersebut diambil dari tokoh masyarakat setempat.

"Kalau tanggapan saya pribadi dan juga tanggapan warga asli sini pada kurang setuju karana kurang tepat saja. Biasanya yang diambil dari tokoh masyarakat atau agama setempat yang lebih tepat orang aslinya," kata Nur kepada Beritasatu.com di lokasi, Rabu (29/6/2022).

Nur telah tinggal di Jalan Cikini VII sejak 42 tahun lalu. Bahkan, keluarganya sudah tinggal di tempat tersebut sejak tahun 1950. Berdasarkan cerita dari orang tuanya sejak dahulu nama Jalan Cikini VII yaitu Jalan Kali Pasir Guru Demar. Nama tersebut diambil dari tokoh agama yang merupakan warga asli setempat.

"Sebelumnya namanya Kali Pasir Guru Demar itu emang tokoh agama asli sini orangnya. Itu dari cerita Ibu, nenek saya dan nama Cikini VII ini baru kurang lebih 15 tahun," ucapnya.

Menurut Nur, selain alasan tersebut adapun alasan lainnya yaitu terkait urusan dokumen seperti KTP, STNK, nantinya akan rumit butuh waktu lama.

Dalam kesempatan yang sama, warga Jalan Cikini VII, Aris Fadilah (44) senada dengan Nur bahwa ia tidak setuju dengan pergantian nama jalan tersebut. Sebab, akan rumit mengurus dokumen dan juga menginginkan namanya merupakan tokoh setempat.

"Tidak setuju karena apa nanti kesananya sulit dalam arti pajak kendaraan ubah nama alamat rumah. Keluhannya banyak ya kalau mau dari nama semula aja Kali Pasir Guru Demar," ujar Aris.

Berdasarkan data dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta, sebanyak 264 wajib KTP warga Jalan Cikini VII akan diganti data kependudukannya akibat perubahan nama jalan.

Meskipun Pemprov DKI telah meresmikan perubahan nama jalan, akan tetapi Jalan Cikini VII belum dipasang plang dengan nama baru.

Berbeda dengan Jalan Kebon Kacang Raya Sisi Utara, Jakarta Pusat yang diganti menjadi Jalan M.Mashabi dan juga Jalan HM Saleh Ishak menggantikan Jalan Kebon Kacang Raya Sisi Selatan, Jakarta Pusat telah dipasang dengan plang jalan baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings