Logo BeritaSatu

Puan: RUU KIA Pedoman agar Generasi Penerus Jadi SDM Unggul

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:08 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak atau RUU KIA resmi menjadi usul inisiatif DPR. Ketua DPR Puan Maharani memastikan RUU KIA bertujuan agar anak sebagai generasi penerus bangsa bisa bertumbuh kembang secara baik. Pengesahan RUU KIA sebagai inisiatif DPR dilakukan dalam rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/6/2022).

“RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak adalah terobosan DPR dengan harapan agar RUU ini nanti menjadi pedoman bagi negara untuk memastikan generasi penerus bangsa memiliki tumbuh kembang yang baik agar menjadi SDM unggul,” kata Puan usai rapat.

Advertisement

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR ini menambahkan RUU KIA sangat berhubungan dengan pencegahan stunting yang masih menjadi problem di Indonesia. Salah satu upaya pencegahan stunting itu adalah lewat inisiasi cuti melahirkan bagi ibu pekerja selama enam bulan.

“Lewat cuti melahirkan yang cukup, para ibu diharapkan secara maksimal bisa memberikan ASI kepada para bayinya yang merupakan langkah awal pemberian gizi untuk pencegahan stunting,” ucapnya.

RUU KIA juga mengusulkan adanya cuti ayah selama 40 hari bagi pekerja laki-laki yang istrinya baru saja melahirkan. Sebab, RUU ini menekankan pentingnya penyelenggaraan kesejahteraan ibu dan anak secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan, termasuk atas dukungan dari keluarga.

“Lewat RUU ini kita akan memberikan peran yang leluasa kepada para suami untuk bersama-sama bertanggung jawab atas tumbuh kembang di masa awal lewat pemberian cuti yang cukup kepada para suami ketika istrinya melahirkan,” ucap Puan.

RUU KIA pun memastikan ibu dan anak mendapatkan fasilitas khusus di fasilitas dan sarana prasarana umum. Salah satunya adalah kewajiban bagi fasilitas umum dan perkantoran menyediakan tempat penitipan anak untuk pegawainya. “Karena dalam perkembangannya saat ini, daycare sangat dibutuhkan pasangan suami istri yang bekerja,” katanya.

Puan memahami adanya dinamika terkait usulan cuti melahirkan bagi ibu selama enam bulan dan cuti ayah, khususnya dari para pengusaha. Meski demikian, ia memastikan RUU KIA tidak akan bertentangan dengan undang-undang lainnya yang sudah eksis.

“Tentang sikap atau opini dari perspektif pengusaha, nanti silakan ikut membahas dan memberi masukan kepada DPR. Prinsipnya ini demi kebaikan dan masa depan anak-anak kita. Saya yakin akan ada titik temu,” tegas Puan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahfud MD: Birokrasi Korup Hambat Pelayanan Publik

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, birokrasi korupsi menghambat kerja-kerja pelayanan publik.

NEWS | 20 Agustus 2022

HA IPB dan Stakeholders Dukung Kementan Pertahankan Swasembada Beras

Prestasi swasembada beras mendapatkan apresiasi dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) dan stakeholders pertanian.

NEWS | 20 Agustus 2022

Ini 6 Nama Polisi yang Diduga Menghalangi Penyidikan Kasus Brigadir J

Polri hingga saat ini masih terus mendalami anggotanya yang terlibat obstruction of justice atau menghalangi penyidikan terkait kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 20 Agustus 2022

Kanada Izinkan Vaksin Pfizer untuk Booster Anak 5-11 Tahun

Kanada mengatakan, telah mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer dan BioNTech sebagai booster Covid-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun

NEWS | 20 Agustus 2022

Kapolri: Masih Banyak Polisi yang Baik, Jaga Muruah Polri

Dalam arahan kepada jajarannya, Kapolri mengajak seluruh personel untuk menjaga muruah institusi

NEWS | 20 Agustus 2022

Timothy Ivan Motivasi Mahasiswa UAJY Pimpin Masa Depan

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau UAJY diajak menjadi pemimpin di masa depan guna menyambut bonus demografi pada tahun 2045.

NEWS | 20 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan pada Sabtu (20/8/2022)

NEWS | 20 Agustus 2022

Aksi Penembakan di Kota Malmo Swedia, 1 Orang Tewas

Aksi penembakan terjadi di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Swedia pada Jumat (19/8/2022) yang menewaskan seorang pria.

NEWS | 20 Agustus 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Buka Layanan Penukaran Rupiah Baru untuk Warga Malang

BI Buka Layanan Penukaran Rupiah Baru untuk Warga Malang

EKONOMI | 36 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings