Logo BeritaSatu

Polisi: Dalam 6 Bulan, KKB Tembak Mati 20 Orang di Papua

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:36 WIB
Oleh : Nugie Tangkepayung / FFS

Jayapura, Beritasatu.com - Dalam kurun enam bulan atau dari Januari hingga Juni 2022, kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua makin beringas. Berdasar data Polda Papua, selama semester pertama 2022 ini dilaporkan sebanyak 44 kasus gangguan keamanan yang dilakukan KKB di Papua. Dari 44 kasus tersebut, 20 orang dilaporkan tewas, sementara dari pihak KKB 4 orang tewas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri saat pemaparan kinerja Kepolisian Daerah Papua semester I tahun 2022 di Mapolda Papua, Kamis ( 30/6/2022).

"Selama semester I tahun 2022 ini gangguan KKB mengalami peningkatan sebanyak 10 kasus dibanding periode yang sama ditahun 2021," ungkap Irjen Fakhiri.

Dijelaskan Kapolda, 44 kasus gangguan KKB itu terdiri dari aksi penembakan, kontak tembak, penganiayaan, pembakaran dan perampasan senjata api. Sementara 20 orang yang tewas di tangan KKB terdiri dari warga sipil, anggota TNI, dan anggota Polri.

"Banyak nyawa yang melayang akibat aksi mereka (KKB), Laporan yang saya terima ada 12 warga sipil, tujuh anggota TNI dan satu anggota Polri yang meninggal akibat ulah KKB," ungkap Fakhiri.

Dijelaskan Kapolda, dari 44 kasus gangguan keamanan yang disebabkan KKB, terbanyak terjadi di Kabupaten Puncak yakni 20 kasus, Pegunungan Bintang dan Nduga masing-masing lima kasus.

Kabupaten Yahukimo dan Intan Jaya masing-masing tiga kasus, sedangkan Kabupaten Puncak Jaya, Mimika, Paniai, Nabire, Jayawijaya dan Deiyai masing-masing satu kasus.

"Khusus untuk warga sipil kami sudah berulang kali ingatkan agar tidak menjangkau wilayah-wilayah yang rawan, tetapi mereka masih saja ke sana dengan alasan mencari nafkah," jelas Kapolda menjawab pertanyaan banyaknya korban sipil alibat ulah KKB.

Kepada aparat TNI-Polri, Irjen Fakhiri berpesan agar selalu waspada dan menjalankan SOP dengan baik, khususnya di daerah rawan.

"Harus Selalu waspada dan jangan lengah, perhatikan SOP saat berada di daerah konflik, memang itu resiko sebagai aparat, tapi bisa kita cegah bila selalu waspada," tutup Irjen Fakhiri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Perlindungan Cuaca

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Perlindungan Cuaca

EKONOMI | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings