Logo BeritaSatu

Zelensky Sambut Bebas Visa dan Undang Indonesia Berinvestasi di Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyambut baik kesepakatan bebas visa kunjungan antara Ukraina-Indonesia yang telah ditandatangani oleh kedua pemerintah pada Rabu (30/6/2022).

“Saya ingin melaporkan bahwa kesepakatan kita, adanya kesepakatan bebas visa di antara kedua negara,” kata Volodymyr Zelensky saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai pertemuan di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022) yang dikutip dari video Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Zelensky mengharapkan kesepakatan bebas visa kunjungan Indonesia-Ukraina dapat meningkatkan kemajuan ekonomi, pembangunan sosial dan hubungan antarmasyarakat di kedua negara.

“Saya kira ini sangat penting bagi kedua bangsa kita, untuk kemajuan ekonomi, pembangunan sosial dan juga pendidikan dan hubungan antar masyarakat kedua negara,” ujar Volodymyr Zelensky.

Lebih lanjut, Zelensky mengundang Indonesia, baik itu perusahaan maupun profesional untuk turut berpartisipasi dalam investasi membangun dan membantu rekonstruksi Ukraina pascaperang.

“Saya harap dapat membantu merekonstruksi Ukraina, saya mengundang Indonesia, perusahaan Indonesia, juga profesional Indonesia untuk ikut ke dalam proyek-proyek yang ada di Ukraina saat ini. Terima kasih atas negosiasi yang telah berjalan. Terima kasih untuk kepercayaan Anda,” ucap Volodymyr Zelensky kepada Presiden Jokowi.

Berdasarkan keterangan layanan pers MFA Ukraina, bahwa kesepakatan penghapusan syarat visa kunjungan singkat Indonesia dan Ukraina ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri kedua negara, yaitu Menlu Retno Marsudi dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba di gedung Kementerian Luar Negeri Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Isi kesepakatan itu adalah perjalanan bebas visa hingga 30 hari dalam setiap kunjungan warga negara Ukraina ke Indonesia. Begitu juga 30 hari bagi warga negara Indonesia yang berkunjung di Ukraina dalam periode waktu 60 hari di wilayah Ukraina.

Warga Ukraina yang diberi izin masuk bebas visa harus memiliki paspor warga negara Ukraina yang berlaku enam bulan sejak tanggal masuk ke Indonesia. Sedangkan warga negara Indonesia diperbolehkan masuk Ukraina melalui e-Visa.

Tujuan perjalanan yang diperbolehkan masuk di kedua negara adalah transit, berwisata, mengunjungi keluarga, perjalanan bisnis serta berpartisipasi pertukaran budaya dan ilmiah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE