Logo BeritaSatu

Joe Biden Umumkan Penempatan Pasukan Baru AS di Eropa

Jumat, 1 Juli 2022 | 07:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan penempatan pasukan baru di Eropa. Seperti dilaporkan RT, Rabu (29/6/2022), Korps Angkatan Darat ke-5 AS akan mendirikan markas di Polandia, sedangkan 5.000 tentara tambahan akan dikerahkan ke Rumania.

“Washington akan secara signifikan meningkatkan kehadiran militernya di Eropa untuk mempertahankan setiap inci wilayah sekutu,” kata Biden setelah tiba di Madrid, Spanyol untuk KTT tahunan NATO.

Advertisement

Pentagon juga akan meningkatkan penyebaran rotasi di negara-negara Baltik, mengirim dua skuadron tambahan pesawat tempur F-35 ke Inggris, dan menempatkan pertahanan udara tambahan di Jerman dan Italia. Angkatan Laut AS akan menambah jumlah kapal perusak yang ditempatkan di Spanyol dari empat menjadi enam unit. Saat ini, ada sekitar 100.000 tentara AS yang ditempatkan di Eropa.

“Kami meningkatkan, membuktikan bahwa NATO lebih dibutuhkan sekarang daripada sebelumnya dan itu sama pentingnya dengan sebelumnya,” kata Biden.

NATO telah meningkatkan kehadiran militernya di sisi timurnya setelah Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari. Pada Senin, Kepala blok militer, Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa aliansi akan meningkatkan pasukan respons cepat dari 40.000 menjadi 300.000 tentara.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengutip upaya NATO untuk membangun “pijakan” di Ukraina sebagai salah satu penyebab konflik.

Kehadiran militer AS yang meluas masih jauh dari jumlah selama Perang Dingin, ketika sekitar 300.000 tentara Amerika, rata-rata, ditempatkan di wilayah tersebut. Tapi itu menandakan fokus baru pada keamanan Eropa. Pengumuman AS didukung oleh komitmen lain yang dibuat oleh sekutu di benua itu.

NATO berencana untuk meningkatkan ukuran pasukan reaksi cepat dari 40.000 menjadi 300.000 tentara pada tahun depan. Meskipun pasukan akan berbasis di negara asal mereka, mereka akan siap untuk ditempatkan lebih jauh ke timur, di mana aliansi akan menimbun peralatan dan amunisi.

Max Bergmann, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang merupakan direktur Program Eropa di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan saat ini adalah “tahun yang menentukan” bagi benua dan aliansi tersebut.

“Ini adalah titik balik yang sangat signifikan, dan yang akan dilihat kembali oleh para sejarawan,” katanya.

Bergmann menggambarkan keputusan untuk memindahkan pasukan AS lebih jauh ke timur sebagai hal yang sangat penting.

“Kami akan mempertahankan garis batas. Kami tidak hanya akan memiliki tripwire. Kami tidak akan menyerahkan apa pun,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie berada dalam kondisi serius dan terancam kehilangan sebelah matanya, setelah ditikam di sebuah acara sastra di negara bagian New York.

NEWS | 13 Agustus 2022

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings