Logo BeritaSatu

Tiongkok dan Rusia Ingin Bentuk G7 Tandingan

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Tiongkok dan Rusia ingin membentuk alternatif G7 atau G7 tandingan. Media Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung melaporkan bahwa Beijing dan Moskwa ingin memperluas BRICS dengan memasukkan empat negara lagi.

Tiongkok dan Rusia ingin BRICS, satu klub dari lima negara berkembang utama, menjadi penyeimbang bagi Kelompok Tujuh (G7) yang didominasi Barat. Untuk tujuan ini, Beijing dan Moskwa tampaknya berusaha untuk memperluas kelompok, selain Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Advertisement

Dalam satu laporan pada hari Rabu, Frankfurter Allgemeine Zeitung mengklaim bahwa sejak dimulainya serangan Rusia terhadap Ukraina, dan pengenaan sanksi Barat, Moskwa telah berusaha untuk memperkuat dan memperluas aliansinya dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Kremlin dilaporkan telah menumbuhkan harapan untuk mengubah BRICS menjadi G7 tandingan selama bertahun-tahun, setelah dikeluarkan dari G8 sebelumnya. Menurut surat kabar Jerman, Kremlin kini telah menggandakan upaya ini.

Pada Senin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengumumkan bahwa dua negara lagi, Argentina dan Iran, telah mendaftar untuk bergabung dengan kelompok tersebut. Di saluran Telegram, diplomat itu mencatat bahwa situasi ini terjadi, saat Gedung Putih sedang memikirkan apa yang harus diputuskan, dilarang, atau dirusak di dunia.

Sebelumnya, para pejabat di Teheran dan Buenos Aires mengkonfirmasi kesediaan negara mereka untuk menjadi anggota penuh.

Juga mengomentari Telegram, senator Rusia Aleksey Pushkov, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Komite Urusan Luar Negeri di Duma Negara, berpendapat pada hari Senin bahwa meskipun BRICS tidak menyatakan ini, mereka mampu menjadi alternatif dan bahkan penyeimbang ke G7 di masa depan karena menyatukan negara-negara terkemuka di dunia non-Barat.

Pushkov menggambarkan tawaran Iran dan Argentina sebagai terobosan, karena ini tidak hanya merusak upaya Barat untuk mengisolasi Rusia, tetapi juga secara signifikan memperluas organisasi ekonomi-politik dunia non-Barat.

Sementara itu, para ahli yang dikutip oleh kantor berita Rusia RIA Novosti mengklaim bahwa sepuluh negara lagi dapat bergabung dengan BRICS di masa depan, termasuk Meksiko, Turki, dan Arab Saudi.

Menurut Frankfurter Allgemeine Zeitung, anggota pendiri BRICS lainnya, Tiongkok, juga ingin melihat klub berkembang lebih jauh. Beijing dikabarkan ingin mengundang Indonesia dan Mesir ke organisasi tersebut. Sama seperti Rusia, Tiongkok menganggap BRICS yang lebih besar sebagai alternatif potensial untuk G7 yang didominasi Barat, klaim artikel tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022

BP Jamsostek Tingkatkan Produktivitas Pekerja Lewat Gerakan Sejuta Langkah

BP Jamsostek meluncurkan Gerakan Sejuta Langkah (GSL) agar para pekerja harus bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lanjutkan Clean Sheet, Man City Gilas Bournemouth 4-0

Lanjutkan Clean Sheet, Man City Gilas Bournemouth 4-0

BOLA | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings