Logo BeritaSatu

Komisi IX Desak Kemenkes Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:05 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi IX DPR mendesak agar Kemenkes menuntaskan target vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 dosis suntikan. Komisi IX DPR mendesak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beserta jajarannya untuk secepatnya menuntaskan target vaksinasi Covid-19 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 70% yakni sebanyak 208 juta atau tepatnya 208.265.720.

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo menyatakan belakangan ini masyarakat sudah enggan atau tidak semangat lagi untuk divaksin. Ini dikarenakan varian atau subvarian Covid-19 dianggap sudah tidak begitu berbahaya lagi atau tidak sedahsyat seperti varian sebelumnya yakni Delta.

"Ini menjadi PR atau pekerjaan rumah besar buat kita bersama karena memang laju vaksinasikita belum sesuai dengan target WHO yakni 70% dari total populasi masyarakat per Juni dari seluruh dunia. Kalau dari target nasional yang ditetapkan yakni 208 juta, kita baru mencapai 81%. Masih menyisakan cukup banyak menuju target," katanya kepada Beritasatu.com, Jumat (1/7/2022).

ini juga menjadi perhatian bersama, apalagi capaian vaksinasi boosterjuga masih sangat rendah dan membutuhkan perjuangan dan ide-ide kreatif dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Kita sadari bahwa vaksinasi itu pemerintah pusat yang mengalokasikan dan menyediakan anggaran termasuk membelinya. Namun demikian sukses tidaknya program vaksinasi tergantung dari mesinnya yang ada di pemerintah daerah dan seluruh jajarannya termasuk tokoh-tokoh masyarakat di daerah," ungkap politisi PDI Perjuangan itu.

Menurutnya disaat ini animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin terbilang rendah, harus diingatkan bahwa saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih labil serta bisa naik turun, meskipun WHO menyampaikan bahwa saat ini varian yang paling berbahaya saat ini adalah Omicron termasuk di dalamnya ada turunannya subvarian BA.4 dan BA.5.

Namun demikian, harus disadari bersama disampaikan kepada masyarakat bahwa meskipun tidak berbahaya seperti varian Delta, tetapi subvarian Omicron ini masih tetep risiko bagi warga masyarakat yang belum divaksin, termasuk di dalamnya adalah warga yang punya penyakit penyerta atau komorbid.

Selain itu, masih adanya pasien Covid-19 yang dirawat di ICU rumah sakit dan yang meninggal. Ini perlu menjadi perhatian bersama. Maka diharapkan pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk punya ide kreatif bagaimana "menjemput bola".

"Langkah itu bisa dengan bekerja sama dengan kepala desa, pamong desa, RT-RW setempat untuk menyisir data warga yang belum divaksin untuk diajak, dibujuk dan diantar ke fasilitas kesehatan (faskes) agar mau divaksin, terutama vaksin lengkap serta booster," tegasnya.

Kedua, pemerintah bisa meminta tolong kepada warga dan tokoh-tokoh setempat agar bergerak terus dan tidak lelah menyampaikan dan mengingatkan serta menghimbau kepada warga masyarakat yang belum divaksin terutama yang komorbid maupun yang lansia untuk mau pergi ke faskes dan segera divaksin.

"Dengan tidak tercapai sesuai target vaksinasi dan stok vaksin yang masih ada di gudang baik yang di Biofarma maupun di daerah-daerah tentu ada ancaman adalah yakni mubazir karena bakal menjadi kadaluwarsa. Tentu ini berpotensi dibuang atau dihanguskan semakin besar. Ini sangat disayangkan jadinya," urainya.

Menurutnya, pemerintah tentu menjadi rugi dari sisi pengadaan karena vaksin menjadi terbuang percuma. Kerugian lainnya adalah ancaman Covid-19 masih nyata bagi yang belum divaksin lengkap maupun yang belum vaksin sama sekali.

"Makanya saya kira kita tidak boleh lelah dan tidak boleh capek untuk mengimbau kepada warga masyarakat untuk mau secepatnya divaksin untuk keselamatan bersama," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo, Pengirim Paket Diperiksa

Ledakan di sekitar Asrama Polisi (Aspol) Arumbara di Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (25/9/2022), pengirim paket diperiksa polisi.

NEWS | 26 September 2022

Lukas Enembe Sakit Tak Bisa Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Gubernur Papua Lukas Enembe tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Mutasi di Tubuh Polri, 3 Wakapolda Diganti dan Ini Namanya

Terjadi mutasi jabatan di tubuh Polri, dan ada tiga wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) yang diganti oleh Kapolri.

NEWS | 26 September 2022

Ke Museum Nias, Ganjar Diberi Alat Musik Tutuhao dan Buku

Gubernur Jateng menerima alat musik tradisional khas Nias Tutuhao dan sebuah buku saat berkunjung ke Museum Nias.

NEWS | 26 September 2022

Interpol Buru Pendiri Mata Uang Kripto Terra/Luna

Interpol telah mengeluarkan surat pemberitahuan merah (red notice) untuk Do Kwon pendiri mata uang kripto Terra/Luna asal Korea Selatan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team Kemendikbudristek, Nadiem Akui Salah Sebut

Nadiem Makarim mengakui bahwa penyebutan shadow team Kemendikbudristek adalah sebuah kesalahan. Pasalnya, tim dimaksud adalah vendor di bawah PT Telkom.

NEWS | 26 September 2022

Prabowo Ingatkan Cak Imin Soal Kesepakatan jika Ingin Jadi Cawapres Puan

Prabowo Subianto menanggapi keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ingin menjadi cawapres Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

NEWS | 26 September 2022

Terakhir di Era Mussolini, Italia Bakal Dipimpin Pemerintahan Sayap Kanan

Giorgia Meloni mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum yang menandai kembalinya pemerintahan sayap kanan sejak era Benito Mussolini.

NEWS | 26 September 2022

Melek Hukum Lewat Bantuan Teknologi di Platform Reg-tech

Platform Hukumonline bertujuan untuk menjadi solusi satu atap bagi praktisi hukum Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di Pakistan

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat Pakistan yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo, Pengirim Paket Diperiksa

Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo, Pengirim Paket Diperiksa

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings