Logo BeritaSatu

Tjahjo Kumolo Meninggal, Ganjar Langsung Terbang ke Jakarta

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:40 WIB
Oleh : Rachman Pratama / JAS

Semarang, Beritasatu.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung terbang ke Jakarta begitu mendengar kabar Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo, meninggal dunia.

Ganjar Pranowo menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Tjahjo Kumolo. Ia mengenang Tjahjo Kumolo sebagai sosok senior yang suka memotivasi generasi muda.

Advertisement

"Saya mewakili keluarga, pribadi, dan masyarakat Jawa Tengah menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan seluruh dosanya diampuni," kata Ganjar saat ditemui sebelum berangkat ke Jakarta, Jumat (1/7/2022) siang.

Ganjar mengaku terkejut saat mendengar kabar seniornya itu meninggal dunia. Saat itu Ganjar sedang dalam perjalanan menuju ke Kebumen. Ganjar kemudian membatalkan agenda ke Kebumen. Ia langsung berbalik arah menuju Bandara Ahmad Yani Semarang dan terbang ke Jakarta untuk melayat.

"Tadi pagi saya mendengar berita ini, rencana saya mau ke Kebumen langsung saya batalkan dan insyaallah saya mau takziah ke Jakarta. Ini baru menuju ke bandara karena masih menunggu pesawat mampir dulu di tempat warung makan Ibu Ana, manyung yang sangat terkenal, dan semua seperti dilalah begitu ya, di belakang saya persis ada fotonya Pak Tjahjo Kumolo sama Ibu Ana. Ternyata beliau juga suka makan di sini," ujar Ganjar sebelum bertolak ke Jakarta.

Ganjar kemudian menceritakan sosok Tjahjo Kumolo yang sudah ia kenal lama. Menurutnya, Tjahjo Kumolo merupakan orang yang luar biasa humble, grapyak, dan tidak protokoler sebagai menteri. Sementara sebagai senior di partai, Tjahjo menjadi sosok yang sangat mendorong dan memotivasi generasi muda.

"Itu luar biasa. Saya pernah menjadi sekretaris beliau di fraksi, sama Mas Bambang Pacul waktu itu. Terus kemudian waktu beliau jadi sekjen, kita juga membantu lini-lini partai melalui lembaga-lembaga fungsional partai dan itu menurut saya bagian cara beliau memberi ruang kepada generasi muda," tutur Ganjar.

Ganjar juga mengenang jasa dan terobosan-terobosan yang dilakukan Tjahjo Kumolo saat menjabat sebagai menteri. Misalnya saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, kata Ganjar, Tjahjo merupakan sosok yang terbuka dan suka mendengar suara dari bawah, termasuk dari bupati, wali kota, dan gubernur.

"Bahkan seringkali beliau bertanya bagaimana kondisi sebenarnya dan bagaimana mengusulkan itu. Terakhir menjadi Menteri PAN dan RB, beliau sangat aktif mendorong reformasi birokrasi di daerah. Tadi pagi kami juga lagi lomba inovasi di Kementerian PAN dan RB," papar Ganjar.

"Biasanya beliau menyambut tapi sudah beberapa minggu ini gerah (sakit) dan hari ini kapundhut (wafat), tadi suasana itu belum terasa karena belum ada berita. Tapi itulah aktivitas yang beliau pimpin di Kementerian PAN dan RB yang terus mendorong seluruh lini pelayanan publik ini untuk melakukan inovasi dan memberikan pelayanan terbaik," kenang Ganjar tentang Tjahjo Kumolo.

Sementara itu, Ana, pemilik warung makan seafood Ibu Ana di komplek PRPP Semarang mengaku terkejut saat mendengar berita Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Ia kemudian menceritakan bahwa Tjahjo Kumolo sering mampir untuk makan di warungnya saat berkunjung ke Semarang.

"Sudah lima kali makan di sini. Kalau mau ke Jakarta langsung mampir makan di sini bersama timnya. Sukanya makan srimping, udang saus besar, sukanya itu. Tapi kadang tidak dimakan semua. Mangut juga, beliau suka. Orangnya itu pendiam, sabar, dan merakyat. Saya pernah ngobrol dan ini foto saya sama beliau," ujarnya sambil menunjukkan foto bersama Tjahjo Kumolo yang dipajang di samping fotonya bersama Ganjar Pranowo.

Seperi diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi WaluyoJakarta, Jumat, sekitar pukul 11.10. Sebelum meninggal, Tjahjo sempat menjalani perawatan selama beberapa pekan. Informasi yang diperoleh, Tjahjo mengalami sakit infeksi paru-paru dan harus menjalani perawatan intensif.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejagung Tahan Surya Darmadi di Rutan Salemba

Kejagung menahan bos PT Duta Palma Group/Darmex Group Surya Darmadi alias Apeng di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

NEWS | 15 Agustus 2022

Polemik Pembangunan Masjid, Pemkot Bogor Minta Bantuan Pusat

Pemkot Bogor berencana meminta bantuan ke Pemerintah Pusat terkait polemik pembangunan Masjid Imam Ahmad bin Hanbal

NEWS | 15 Agustus 2022

Vaksinasi Booster Covid-19 Capai 58,64 Juta Dosis Hari Ini

Update vaksinasi booster Covid-19 telah diberikan kepada 58.642.419 orang hingga hari ini, Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Satgas Sebut Kesadaran Prokes Pengelola Ruang Publik Menurun

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan kesadaran prokes yang dijalankan oleh pengelola ruang publik mengalami penurunan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Konfirmasi Hari Ini 3.588

Update Covid-19 pada Senin (15/8/2022), kasus positif mengalami kenaikan sebanyak 3.588 kasus.

NEWS | 15 Agustus 2022

‎Komnas HAM Tak Temukan Indikasi Penganiayaan terhadap Brigadir J

Komnas HAM tidak menemukan indikasi penganiyaan terhadap Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 15 Agustus 2022

‎Komnas HAM Belum Temukan Motif Pembunuhan Brigadir J

Komnas HAM sampai saat ini belum menemukan motif pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

NEWS | 15 Agustus 2022

HUT RI, TNI AL Kibarkan Merah Putih di 77 Lokasi Bawah Laut

TNI AL akan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 RI yang tersebar di 77 wilayah Indonesia.

NEWS | 15 Agustus 2022

Polisi Diminta Tindak Wanita Diduga Mengutil di Alfamart

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta polisi menindak wanita yang diduga mengutil di Alfamart Sampora, Tangerang, Banten.

NEWS | 15 Agustus 2022

LPSK Tolak Permohonan Perlindungan Istri Ferdy Sambo

LPSK menolak permohonan perlindungan sebagai korban kekerasan seksual yang diajukan istri Ferdy Sambo, dalam kasus penembakan Brigadir J.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ramah Lingkungan, Sepeda Motor Listrik Kurangi Emisi Karbon

Ramah Lingkungan, Sepeda Motor Listrik Kurangi Emisi Karbon

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings