Logo BeritaSatu

Menkes: Indonesia Sudah Lewati Puncak Kasus Varian BA.4-BA.5

Senin, 4 Juli 2022 | 13:48 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JAS

Jakarta, Beritasatu.comMenteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia telah berhasil melewati masa puncak atau kritis dari kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

“Kalau kita bandingkan dengan negara-negara lain, seharusnya puncaknya sudah tercapai. Data yang kami miliki menunjang memang ke hal tersebut,” ujar Menkes Budi saat memberikan keterangan pers seusai menghadiri rapat evaluasi PPKM di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022).

Menkes Budi menerangkan pihaknya sudah mengamati kasus Covid-19 tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga menimbulkan banyak pertanyaan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Untuk Indonesia sendiri, kita mengamati bahwa Indonesia tidak naik-naik. Jadi ada pertanyaan tadi, dimana kasus di Indonesia,” ujar Budi Gunadi Sadikin.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Menkes Budi menerangkan, dari hasil pengamatan Kementerian Kesehatan berdasarkan perkembangan kasus Covid-19 di luar negeri, puncak kasus terjadi dalam waktu 30-40 hari sejak kasus ditemukan.

“Indonesia sudah di sekitar 30 hari. Jadi kita mungkin masih ada waktu satu atau dua minggu ke depan,” terang Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Dijelaskannya, puncak kenaikan kasus Covid-19 tercapai kalau dominasi satu varian itu sudah tinggi. Sekarang, di Indonesia, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah lebih 80% dari varian yang telah melalui tes genomsequence.

“Biasanya kalau kita lihat di negara-negara lain dan juga di Indonesia pada puncak-puncak kasus, sebelumnya saat dominasi Delta, itu sudah hampir 100% dari populasi virusnya, itu boleh terjadi penurunan,” jelas Menkes Budi Gunadi Sadikin.

“Demikian juga pada saat Omicron itu sudah hampir 100% dari kita genomsequence adalah varian Omicron, mulai terjadi penurunan,” lanjutnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah resepsi pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang digelar di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

NEWS | 21 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE