Logo BeritaSatu

Pendekatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan BNPT Diapresiasi

Senin, 4 Juli 2022 | 19:38 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pendekatan berbasis pemberdayaan serta kesejahteraan yang dilakukan BNPT mendapatkan apresiasi. Diketahui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme telah menggelar soft launching Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen, Jawa Timur dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, kini BNPT kembali menggelar soft opening KTN seluas 10 hektare di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (2/7/2022).

Pendekatan deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yang mengutamakan pemberdayaan dan kesejahteraan mantan napi teroris (napiter) mendapat apresiasi. Salah satunya datang dari Jaringan Mubaligh Muda Indonesia (JAMMI). Koordinator nasional JAMMI, Irfaan Sanoesi memuji jurus jitu BNPT yang memberdayakan para mitra deradikasilasi atau mantan napiter.

“Alhamdulillah, kita bersyukur BNPT mampu memfasilitasi para mantan napiter dengan program pemberdayaan. Jika sudah berdaya, maka nantinya program ini akan membawa kesejahteraan bagi mereka,” terangnya saat dihubungi melalui aplikasi chat (4/7/2022).

Irfaan menjelaskan bahwa kehadiran program KTN bukti bahwa negara hadir dan terdapat atensi khusus bagi para mantan napiter. Negara tidak membiarkan apalagi menelantarkan mereka. “KTN Garut merupakan bentuk negara hadir dalam proses deradikalisasi berbasiskan kesejahteraan,” sambungnya.

“Keterlibatan banyak pihak merupakan penanda bahwa virus ini merupakan musuh bersama sehingga harus dilawan bersama,” tegasnya.

Irfan menerangkan bahwa pemilihan wilayah Garut di Jawa Barat merupakan wilayah yang tepat untuk menekan potensi yang mungkin saja muncul, sehingga program seperti ini disiapkan untuk membangun kewaspadaan bersama terhadap radikalisme terorisme.

“Dengan kehadiran KTN Garut, diharapkan semua pihak dapat merasakan manfaatnya terutama bagi para mitra derad atau mantan narapidana terorisme (napiter), agar mereka dapat berbaur serta diterima dengan baik oleh masyarakat umum,” ujarnya.

JAMMI pun menyebut bahwa program yang di dalam KTN terukur, terencana dan sistematis. Nantinya lahan yang berada di Desa Harumansari akan dimanfaatkan sebagai area budidaya lebah madu, jagung, gula aren, alpukat dan juga sebagai objek pariwisata.

“Pemberdayaan para napiter dan mitra deradikalisasi akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan mereka. Semoga KTN ini meminimalisir aksi-aksi teror dan mampu membendung paham-paham terorisme dan ekstrimisme di Indonesia,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bukti KPK di Kasus Garuda Indonesia Siap Diuji di Persidangan

KPK menegaskan, berbagai alat bukti terkait kasus dugaan suap pengadaan pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia siap untuk diuji di persidangan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Rizky Billar Diperiksa Polisi, Saksi Dipanggil Besok

Rizky Billar menjalani pemeriksaan terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap Lestiani alias Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Teleperformance Indonesia Bangun Jaringan Air Bersih di Sumba Barat

Jaringan air bersih hasil kerja sama Teleperformance Indonesia dengan Sumba Foundation ini akan dialirkan untuk di kampung di Sumba Barat.

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Pengacara: Hillary Lasut Tidak Antikritik

Pengacara Hillary Lasut, menegaskan, kliennya tidak antikritik. Ia pun membantah laporan polisi yang dibuat kliennya sebagai bentuk sikap antikritik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SPAM Kalsel Ditargetkan 74.402 SR dengan Investasi Rp 93 M

SPAM Kalsel Ditargetkan 74.402 SR dengan Investasi Rp 93 M

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings