Logo BeritaSatu

Tarif TN Komodo Rp 3,75 Juta Per Orang, Sandiaga: Masih Dibahas

Senin, 4 Juli 2022 | 21:50 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan kenaikan tarif harga tiket masuk Taman Nasional (TN) Komodo dan Pulau Padar masih dalam pembahasan di kementerian/lembaga. Namun pihaknya berjanji akan mengkaji wacana harga tiket terusan yang ditetapkan menjadi Rp3,7 juta per orang.

"Wacana tiket terusan Taman Nasional Komodo Rp senilai 3,75 juta per orang sampai saat ini belum ada pembahasan di kementerian/lembaga, kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak," kata Sandiaga dalam dalam Weekly Press Briefing, Senin (4/7/2022).

Advertisement

Menurut dia, perlunya ada pembatasan di Taman Nasional Komodo. Di mana saat ini terlihat kurangnya dukungan, serta kepedulian kelestarian di taman nasional tersebut. Untuk itu pembatasan tersebut bertujuan menjaga habitat dari komodo.

Sandiaga menegaskan, pariwisata di Taman Nasional Komodo akan dikembangkan dengan konsep konservasi untuk kelestarian lingkungan. Sehingga jumlah kunjungan wisata akan dibatasi untuk tetap menjaga kelestariannya.

"Jadi fokusnya ke daya dukung dan jumlah turis yang bisa masuk akan dibatasi karena kita tidak mau ini punah dan alam terusik," kata dia.

Dia tak ingin wisata alam ini hanya dinikmati sebagai kunjungan biasa dan mengabaikan keanekaragaman yang ada di dalamnya.

"Saya pernah ke sana dan saya berkali-kali bilang tidak mau hanya menambah kunjungan ke sana kalau cuma lihat-lihat. Ini taman destinasi yang alamnya terus kita jaga, komodonya dan populasinya dijaga dan ini bisa kita wujudkan," ungkap dia.

Sandiaga mengaku akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk membantu mengambil keputusan. Terlebih saat ini Labuan Bajo menjadi tuan rumah kegiatan internasional, salah satunya ASEAN Summit.

Lagi pula, kata Sandiaga, destinasi wisata di Labuan Bajo tidak hanya Taman Nasional Komodo. Ada sejumlah destinasi wisata yang juga menarik seperti Waya Rebo, Karang Bolong, Pink Beach dan lainnya. Ada juga wisata berbasis sejarah dan wisata goa di Batu Cermin yang bisa menjadi alternatif pilihan wisatawan.

"Ini destinasi alternatif yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, menatap senja tanpa harus ke Taman Nasional Komodo," pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kajati Jawa Barat Dianugerahi Gelar Profesor Kehormatan dari UPI

Kajati Jawa Barat, Dr Asep N Mulyana SH MHum, Jumat (19/8/2022), menerima anugerah gelar profesor kehormatan bidang ilmu hukum dari UPI Bandung.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kronologi Identifikasi‎ Korban Kebakaran Indekos di Tambora

Empat dari enam jenazah korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat, telah terindentifikasi. 

NEWS | 19 Agustus 2022

Warga Tuntut Polisi Tuntaskan Pengusutan Kasus Pembunuhan Subang

Dengan membentangkan spanduk, warga menuntut kepolisian menuntaskan pengusutan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang yang terjadi setahun lalu. 

NEWS | 19 Agustus 2022

Ditemukan, CCTV yang Rekam Kejadian Sebelum hingga Sesudah Brigadir J Tewas

Polri berhasil menemukan CCTV yang menggambarkan situasi sebelum, sesaat, dan setelah Brigadir J tewas di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 19 Agustus 2022

Istri Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J, dan Putri terancam hukuman mati.

NEWS | 19 Agustus 2022

Alasan Polisi Belum Menahan Putri Candrawathi

Putri Candrawathi ditetapkan tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Namun, Putri Candrawathi belum ditahan karena sakit.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kemendagri Harap Kerja Sama Survei Demarkasi Indonesia-Malaysia Makin Baik

Kemendagri berharap kerja sama curvei demarkasi Indonesia-Malaysia untuk menentukan batas negara kedua negara akan berjalan makin baik.

NEWS | 19 Agustus 2022

Ketua FKMTI: Ada Upaya Membungkam Korban Mafia Tanah

Kriminalisasi yang dilakukan terhadap korban mafia tanah diduga sebagai upaya untuk membungkam suara mereka yang berjuang untuk mendapatkan hak.

NEWS | 19 Agustus 2022

Jaga Kelestarian Lingkungan, KVG Kembangkan Budi Daya Kenaf

Guna menjaga kelestarian lingkungan, KVG melakukan kerja sama dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemprov Aceh mengembangkan budi daya kenaf.

NEWS | 19 Agustus 2022

Sebelum Jadi Tersangka, Putri Candrawathi Sudah 3 Kali Diperiksa

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus Brigadir J, istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sudah diperiksa tiga kali oleh timsus Polri.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPC Hipmi Kepulauan Seribu Dukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata

BPC Hipmi Kepulauan Seribu Dukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata

EKONOMI | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings