Logo BeritaSatu

Perayaan Hari Kemerdekaan AS Diwarnai Penembakan Massal

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:11 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Chicago, Beritasatu.com- Perayaan Hari Kemerdekaan AS diwarnai penembakan massal di pinggiran kota Chicago, Senin (4/7/2022). Seperti dilaporkan Al Jazeera, pejabat di kota Highland Park, Illinois, mengatakan sedikitnya 6 orang tewas dalam penembakan saat parade 4 Juli.

Para pejabat mengatakan seorang pria bersenjata melepaskan tembakan dari atap pada parade Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Enam orang tewas dan 24 dibawa ke rumah sakit setelah serangan tengah hari, dan satu senapan ditemukan dari tempat kejadian. Seorang juru bicara rumah sakit kemudian melaporkan 31 orang terluka.

Advertisement

Beberapa jam setelah penembakan, pihak berwenang terus mencari tersangka, yang digambarkan sebagai pria kulit putih yang mengenakan T-shirt putih atau biru.

Polisi kemudian mengidentifikasi Robert E Crimo III yang berusia 22 tahun sebagai “orang yang berkepentingan” sehubungan dengan penembakan di AS itu. Polisi mengatakan bahwa Crimo diyakini bersenjata dan berbahaya.

Juru Bicara Satuan Tugas Kejahatan Utama Lake County Christopher Covelli mengatakan kepada wartawan bahwa pria bersenjata itu tampaknya menggunakan "senapan bertenaga tinggi" untuk menembak dari tempat di atas satu gedung sehingga "sangat sulit dilihat".

"Sangat acak, sangat disengaja dan hari yang sangat menyedihkan. Kami secara agresif mencari individu yang bertanggung jawab. Dia bisa berada di kota. Dia bisa berada di tempat lain,” kata Covelli.

Penembakan itu terjadi ketika Amerika Serikat berjuang untuk membendung lonjakan kekerasan senjata dan setelah serangkaian insiden mematikan baru-baru ini, termasuk pembantaian di satu sekolah dasar Texas, telah memperbarui seruan untuk peraturan senjata yang lebih ketat di negara itu.

Serangan di Highland Park, satu komunitas dengan sekitar 30.000 penduduk sekitar 40 km sebelah utara Chicago, Illinois, membuat ratusan peserta parade – beberapa tampak berlumuran darah – melarikan diri, dengan banyak meninggalkan kursi, kereta bayi, dan selimut.

Saksi mata menggambarkan melihat tubuh berlumuran darah ditutupi dengan selimut.

“Komunitas kami diteror oleh tindakan kekerasan yang telah mengguncang kami sampai ke inti kami. Hati kami bersama keluarga para korban selama masa yang menghancurkan ini,” kata Wali Kota Nancy Rotering kepada wartawan pada Senin sore.

Surat kabar Chicago Sun-Times melaporkan bahwa pawai dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat tetapi tiba-tiba dihentikan selama 10 menit kemudian setelah tembakan dilepaskan.

Amarani Garcia, yang berada di parade bersama putrinya yang masih kecil, mengatakan kepada afiliasi ABC setempat bahwa dia mendengar suara tembakan di dekatnya, kemudian da nada lebih banyak tembakan lagi.

“Ada orang-orang berteriak dan berlari. Itu benar-benar membuat trauma. Saya sangat ketakutan. Saya bersembunyi dengan putri saya sebenarnya di satu toko kecil. Itu hanya membuatku merasa kita tidak aman lagi,” kata Garcia.

Debbie Glickman, seorang warga Highland Park, mengatakan dia berada di kendaraan hias parade dengan rekan kerja dan kelompok itu sedang bersiap untuk berbelok ke rute utama ketika dia melihat orang-orang berlarian dari daerah itu.

"Orang-orang mulai berkata: 'Ada penembak, ada penembak, ada penembak.’ Jadi kita lari saja. Kami baru saja berlari. Ini seperti kekacauan massal di bawah sana," kata Glickman kepada kantor berita Associated Press.

AS telah mengalami 308 penembakan massal sepanjang tahun ini, menurut Arsip Kekerasan Senjata, satu organisasi nirlaba AS yang mendefinisikan penembakan massal sebagai insiden, tempat empat orang atau lebih ditembak atau dibunuh, tidak termasuk penyerang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

‎Sore Ini, Komnas HAM Periksa Ferdy Sambo di Mako Brimob

Komnas HAM bakal memeriksan tersangka Bharada E dan Irjen Pol Ferdy Sambo di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Kota Depok.

NEWS | 12 Agustus 2022

Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

Saiful Mujani mengungkapkan manuver politik PKB Partai Gerindra untuk membangun koalisi bukan berdasarkan kecenderungan aspirasi pemilih PKB.

NEWS | 12 Agustus 2022

Mukti Terjerat OTT, Wakil Bupati Pemalang Pimpin Roda Pemerintahan

Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat memimpin sementara roda pemerintahan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Jateng).

NEWS | 12 Agustus 2022

Laos Capai Target Vaksinasi Covid-19 terhadap 80% Populasi

Laos memenuhi target vaksinasi Covid-19 terhadap 80 persen populasi terhadap Covid-19. Sebanyak 5.885.061 orang Laos telah mendapat satu dosis vaksin Covid-19

NEWS | 12 Agustus 2022

Bharada E Menunjuk Ronny Talapesy Jadi Pengacara Baru

Bharada E dan orang tuanya kini memberi kuasa kepada Ronny Talapesy sebagai pengacaranya yang baru.

NEWS | 12 Agustus 2022

KPK Amankan Uang dalam OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di dua lokasi, yakni Jakarta dan Pemalang, Kamis (11/8/2022).

NEWS | 12 Agustus 2022

Rapimnas Gerindra, Prabowo Akan Jawab Maju Capres atau Tidak

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan memberikan jawaban bersedia maju sebagai calon presiden (capres) atau tidak.

NEWS | 12 Agustus 2022

Massa Partai Buruh Salat Jumat di Depan Kantor KPU

Partai Buruh diagendakan mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (12/8/2022).

NEWS | 12 Agustus 2022

Lima Negara Eropa Ikut Perangi Kebakaran Hutan di Prancis

Lima negara Eropa yakni Jerman, Yunani, Polandia, Rumania, dan Austria, ikut memerangi kebakaran hutan di Prancis.

NEWS | 12 Agustus 2022

Rapimnas Gerindra, Muzani: Besok Ada Tamu Mulia dari PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) rencananya akan menghadiri rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Gerindra di SICC.

NEWS | 12 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings