Logo BeritaSatu

Jokowi Minta Polri Siaga, Waspada untuk Tiga Tugas Berat Ini

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:28 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siaga, waspada, dan siap dalam menjalankan tiga tugas berat yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

“Keluarga Bhayangkara yang saya banggakan, tugas berat kita bersama masih banyak. Pertama, pandemi Covid-19 masih perlu penanganan yang serius. Saya minta Polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19,” kata Jokowi saat memberikan amanah sebagai Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Advertisement

Presiden Jokowi yang hadir bersama Iriana Joko Widodo disambut Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. HUT ke-76 Bhayangkara tahun 2022 bertema "Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" juga dihadiri Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno, Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla.

Kedua, Jokowi meminta semua pihak waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, pangan dan keuangan. Oleh sebab itu, Polri harus memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar bangsa dan negara Indonesia lebih kokoh menghadapi tantangan tersebut. “Ketiga, kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujar Jokowi.

Untuk menghadapi tugas Polri yang semakin berat, Jokowi mengharapkan anggota dan kelembagaan Polri terus berinovasi serta harus semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern. Polri harus mampu bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga dalam menjalankan tugasnya. “Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan rakyat, harus dirasakan masyarakat,” terang Jokowi.

Polri, lanjut Jokowi, harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, melakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis tetapi tegas ketika diperlukan. “Jadikan penegakkan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM),” tegas Jokowi.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi mendoakan Bhayangkara Polri yang gugur dalam tugas agar diberikan tempat mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Ia mendoakan agar seluruh personel Polri dan keluarga senantiasa diberikan dan keselamatan. “Dirgahayu Kepolisian RI. Teruslah menjadi rastra sewakottama abdi utama nusa dan bangsa. Selamat bertugas,” ucap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua AEKI Lampung Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Kopi 59,5 ton

Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Lampung, Juprius, ditetapkan sebagai tersangka kasus penggelapan kopi seberat 59,5 ton.

NEWS | 13 Agustus 2022

Sidang Tahunan DPR, Puan Ungkap Makna Penggunaan Ornamen Batik

Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan Sidang Tahunan DPR 2022 kali ini akan menggunakan ornamen batik kawung khas Yogyakarta. 

NEWS | 13 Agustus 2022

Advokasi Warga, DPC Ikadin Jaksel Dirikan Posbakum Keliling

DPC Ikadin Jakarta Selatan (Jaksel) memberi bantuan hukum cuma-cuma kepada masyarakat melalui Posbakum keliling. 

NEWS | 13 Agustus 2022

Ini Capres Ideal di Pilpres 2024 Versi Amien Rais

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengungkap soal capres pada Pilpres 2024. Amien Rais menyebut kriteria pemimpin ideal yang bakal diusung.

NEWS | 13 Agustus 2022

Sebelum Ditangkap KPK, Bupati Pemalang Temui Seseorang di DPR

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo diketahui sempat menemui seseorang di DPR sebelum terjaring OTT KPK pada Kamis (11/8/2022) kemarin. 

NEWS | 13 Agustus 2022

Pansus BLBI DPD: Hentikan Anggaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap

Staf Ahli Pansus BLBI DPD, Hardjuno Wiwoho mendesak pemerintah menghapus anggaran pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

NEWS | 13 Agustus 2022

Jadi Tersangka KPK, Bupati Pemalang Diduga Terima Suap Rp 6,2 Miliar

KPK menetapkan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo sebagai tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan. Dia diduga menerima suap sekitar Rp 6,2 miliar.

NEWS | 13 Agustus 2022

DPR Dorong Posyandu Jadi Garda Terdepan Dukung Tumbuh Kembang Anak

Dalam momentum bulan imunisasi anak nasional (BIAN) 2022, DPR mendorong Posyandu menjadi garda terdepan mendukung tumbuh kembang anak. 

NEWS | 12 Agustus 2022

Hasto Kristiyanto Ingatkan Anak Muda untuk Berani Bermimpi

Hasto Kristiyanto mengatakan, Bung Karno sejak muda telah hadir sebagai pemimpin pejuang dan pemimpin visioner.

NEWS | 12 Agustus 2022

Polisi: Salman Rushdie Ditusuk di Leher, Tersangka Ditahan

Polisi negara bagian New York mengatakan, Salman Rushdie menderita luka tusuk di leher ketika dia diserang dan tersangka telah ditahan.

NEWS | 12 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua AEKI Lampung Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Kopi 59,5 ton

Ketua AEKI Lampung Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Kopi 59,5 ton

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings