Logo BeritaSatu

KSP Berkomitmen Percepat Pembangunan Mal Pelayanan Publik di Daerah

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:25 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kantor Staf Presiden (KSP) berkomitmen untuk membenahi dan mendorong percepatan pembangunan mal pelayanan publik (MPP) utamanya di daerah-daerah di luar Pulau Jawa. Kehadiran MPP merupakan bagian dari program reformasi birokrasi yang bertujuan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memimpin diskusi bersama Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Reformasi birokrasi belum optimal, ungkap Moeldoko, karena semua pihak belum serentak bergerak. Menurutnya, semua pihak perlu menyamakan persepsi karena targetnya sudah jelas. Untuk itu, KSP siap mengisi posisi leading sector dalam reformasi birokrasi dan memperkuat program yang dikepalai oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

“KSP akan mengundang kementerian/lembaga serta pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mengoordinasikan proses pembangunan dan penyelenggaraan MPP. Harapannya MPP bisa segera dibenahi dan ditambah jumlahnya,” kata Moeldoko.

Seperti arahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin selaku Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN), MPP diharapkan sudah terbentuk di 514 kabupaten/kota di Indonesia pada tahun 2024. Namun hingga saat ini, baru terdapat 57 MPP atau sekitar 11 persen dari target.

KSP sendiri adalah lembaga yang mengawal program strategis nasional dan mencarikan solusi atas hambatan-hambatan yang ada. Oleh karenanya, KSP akan menjembatani proses percepatannya dan mencari debottleneck atas permasalahan koordinasi yang tersendat.

“Saya membayangkan pelayanan publik di Indonesia sering kali dibatasi oleh ruang. Kita perlu memberi atensi terhadap sulitnya masyarakat di pelosok kabupaten/kota di luar Pulau Jawa untuk mendapatkan pelayanan publik,” tegas Moeldoko.

Sementara itu, guru besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI yang juga merupakan Sekretaris Eksekutif KPRBN, Eko Prasojo, menyoroti komitmen pemimpin daerah yang masih belum serentak terkait penyelenggaraan MPP.

“Padahal penyelenggaraan reformasi birokrasi, salah satunya melalui penyelenggaraan MPP ini, diproyeksikan mampu mengefisienkan anggaran belanja negara dan daerah sebesar 22%,” jelas Eko Prasojo.

Eko pun menyarankan agar pemerintah pusat segera membentuk satuan gugus tugas atau satgas yang bekerja menyusun roadmap percepatan pembangunan MPP yang terdigitalisasi dan terhubung dengan OSS (online submission system).

"Kemajuan reformasi birokrasi masih terpusat di Pulau Jawa. Stagnasi pemerintahan justru terjadi di daerah, padahal kita sistemnya desentralisasi. Jadi kita harus melompat ke birokrasi digital untuk mempercepat reformasi birokrasi di daerah," ujar Eko Prasojo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Salah satu jabatan di Polri yang dirotasi yaitu Kapolres Metro Jakarta Selatan dan saat ini dijabat oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi.

NEWS | 26 September 2022

Sesuai Agenda, KPK Jadwalkan Periksa Lukas Enembe Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 33

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 33 orang

NEWS | 26 September 2022

Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva Dilanjutkan Hari Ini

Polri akan melanjutkan sidang etik mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Jaksel, Ipda Arsyad Daiva Gunawan pada hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Relawan Tegaskan Komitmen Usung Anies dengan Cara Etis

Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menegaskan akan mengusung Anies pada Pilpres 2024 dengan cara-cara yang etis.

NEWS | 26 September 2022

Rencana Penculikan Menteri Kehakiman Belgia, 4 Orang Ditangkap

Polisi telah menangkap empat orang tersangka terkait rencana penculikan menteri kehakiman Belgia pada akhir pekan kemarin.

NEWS | 26 September 2022

Dedi Mulyadi Kirim Pesan Menyayat Hati Jelang Sidang Cerai

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyampaikan sebuah pesan "menyayat hati" menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Anne Ratna Mustika.

NEWS | 26 September 2022

BMKG: Awal Pekan, Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini, Senin (26/9/2022), akan cerah berawan hingga berawan.

NEWS | 26 September 2022

Visa Dikeluhkan Jokowi, Imigrasi Bentuk Satgas Kepatuhan

Dirjen Imigrasi segera membentuk Satgas Kepatuhan guna mempercepat proses pembuatan visa usai dikeluhkan oleh Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings