Logo BeritaSatu

Uzbekistan: Pentingnya Keterlibatan Rakyat dalam Perumusan Konstitusi

Selasa, 5 Juli 2022 | 19:57 WIB
Oleh : JNS

Landasan Konstitusi Martabat Manusia

Advertisement

Sementara itu, Shavkat Mirziyoyev turut menyampaikan kepada publik mengenai usulan-usulannya yang secara spesifik berkaitan dengan nyawa, kebebasan, martabat manusia, serta hak-hak yang tidak dapat diganggu gugat dan kepentingan yang sah.

Menurut Presiden Uzbekistan, mengangkat martabat manusia harus menjadi tugas konstitusional dan tugas prioritas otoritas negara.

"Seseorang bukanlah sarana untuk mencapai suatu tujuan bagi negara dan masyarakat, sebaliknya, ia harus menjadi isi dan sumber utama dari tujuan ini dan memiliki nilai tertinggi," ujar Shavkat Mirziyoyev.

Terdapat usulan terkait pentingnya menambah norma dalam konstitusi mengenai dilarangnya hukuman mati.

“Hak terhadap hidup adalah hak alamiah setiap makhluk hidup, bukan negara. Sang Pencipta yang memberikan hak ini,” jelas Shavkat Mirziyoyev.

Ketiga, berdasarkan “Rule of Miranda”, sebagaimana yang tercerminkan dalam konstitusi dan undang-undang banyak negara maupun dokumen internasional hak asasi manusia, saat penangkapan seseorang, hak dan alasan dirinya tertangkap harus dijelaskan dalam bahasa yang mudah.

Keempat, pentingnya membentuk kelembagaan “habeas corpus”. Seseorang tidak dapat ditahan selama lebih dari 48 jam sebelum adanya putusan pengadilan.

"Jika pengadilan tidak membuat keputusan untuk menangkap seseorang atau membatasi kebebasannya dengan cara lain dalam jangka waktu yang ditentukan, maka kita harus mencerminkan norma bahwa orang tersebut harus segera dibebaskan dalam konstitusi,” ujar Presiden Uzbekistan.

Kelima, harus secara tegas tertulis dalam Konstitusi bahwa "keyakinan seseorang dan akibat hukum yang timbul darinya tidak dapat menjadi dasar untuk membatasi hak-hak kerabatnya."

Undang-undang dasar harus mencerminkan norma bahwa perlakuan manusiawi dan martabat semua orang yang dirampas kebebasannya harus dijamin. Konstitusi yang diperbarui juga harus memastikan tindakan hukum yang diterapkan pada seseorang dalam pertimbangan administrasi, perdata, ekonomi, tanggung jawab pidana dan kasus-kasus lain harus cukup untuk mencapai tujuan hukum dan memberikan bantuan sebanyak mungkin kepada orang itu sebaik mungkin.

Dalam undang-undang dasar, setiap warga negara harus berhak bebas bergerak di negara tersebut dan memilih tempat tinggal. Setiap warga negara juga bisa meninggalkan maupun kembali ke negara tersebut tanpa hambatan.

Shavkat Mirziyoyev menambahkan, privasi setiap warga negara dan jaminannya harus diperkuat di tingkat Konstitusi.

Tujuan utama dari proposal ini adalah untuk mengintegrasikan secara mendalam gagasan "untuk martabat manusia" dan prinsip utama reformasi saat ini, "Manusia - masyarakat-negara" ke dalam isi konstitusi, dan mengubahnya menjadi nilai utama dalam kehidupan praktis.

"Harkat, kehormatan, dan kebanggaan seseorang harus menjadi prioritas utama di semua bidang mulai sekarang," jelas Presiden Uzbekistan.

Adapun Shavkat Mirziyoyev mengatakan pihaknya telah membuat serangkaian proposal yang bertujuan untuk memperkuat gagasan Uzbekistan sebagai negara sosial dalam undang-undang dasar. Menurutnya, konsep “martabat manusia” erat kaitannya dengan konsep “negara sosial”.

Dirinya menjelaskan, “welfare state (atau negara kesejahteraan) adalah model negara yang melakukan kebijakan yang efektif untuk mengurangi perbedaan sosial dan membantu yang membutuhkan."

Shavkat Mirziyoyev juga menegaskan Uzbekistan adalah negara hukum.

"Aturan hukum adalah gagasan pembangunan dan penemuan besar yang terbentuk sebagai hasil kerja keras umat manusia selama ribuan tahun,” jelas Presiden Uzbekistan.

Adapun proposal yang direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam Konstitusi berkaitan dengan dengan isu pembangunan negara hukum yang demokratis dan manusiawi di Uzbekistan.

Baca selanjutnya
Tahap Kegiatan Komisi KonstitusiPresiden Uzbekistan mengatakan, terdapat tiga tahap kerja Komisi ...


hal 2 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,9 skala Richter melanda Turki selatan dan guncangannya dirasakan di Suriah yang sampai menghancurkan sebuah bangunan.

NEWS | 6 Februari 2023

Jokowi Ucapkan Terima kepada Prabowo dan Gerindra atas Dukungan untuk Pemerintahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapkan selamat kepada Partai Gerindra yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-15.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-fakta Baru Mutilasi di Bekasi

Polda Metro Jaya membeberkan fakta-fakta baru terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Bekasi yang dilakukan Ecky terhadap Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Uno Dampingi Prabowo di Acara HUT Partai Gerindra ke-15

Sandiaga Uno mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra

NEWS | 6 Februari 2023

Balon Mata-mata Muncul di Wilayah Udara Kolombia

Militer Kolombia melihat objek balon mata-mata di wilayah udaranya, hanya sehari setelah jet tempur AS menembak benda terbang dari Tiongkok tersebut.

NEWS | 6 Februari 2023

1.623 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Demo Buruh di Depan Gedung DPR RI

Sebanyak 1.623 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh yang digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

NEWS | 6 Februari 2023

Percintaan Menjadi Motif Pelaku Mutilasi di Bekasi

Mutilasi di Bekasi. Latar belakang percintaan menjadi motif tersangka M Ecky membunuh disertai mutilasi terhadap korban Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

SA Tengah Asyik dengan Wanita Bugil di Mobil Dinas DPRD Jambi Saat Kepergok Warga

SA remaja (17) pengemudi kendaraan dinas bersama wanita bugil mengaku panik dikejar oleh warga saat kedapatan tengah asyik memadu cinta di dalam sedan Camry.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE