Logo BeritaSatu

Polri yang Presisi Mampu Bikin Polisi Makin Dicintai

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:38 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Setahun terakhir, Presiden Jokowi dua kali memberikan peringatan yang sama kepada Polri. Peringatan itu bukan karena kesalahan melainkan justru terkait prestasi, yakni ketika tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri meningkat.

Presiden memperingatkan, setiap anggota Polri harus hati-hati karena publik senantiasa mengamati dan menilai kinerja Polri.

Advertisement

“Di mana pun saudara-saudara bertugas, saudara-saudara selalu dalam pengamatan rakyat. Saudara-saudara selalu dalam penilaian rakyat. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat,” kata Presiden Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Peringatan serupa diungkapkan Presiden akhir tahun lalu. Persisnya ketika Jokowi memberikan pengarahan secara hibrid kepada jajaran kepala kesatuan wilayah mulai dari kapolda hingga kapolsek, di Nusa Dua, Bali, 3 Desember 2021.

Di antara sejumlah amanatnya, Presiden meminta Polri berhati-hati dalam menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah terbangun selama ini.

Pasti bukan karena kekurangan bahan arahan sehingga Presiden Jokowi mengulang peringatannya pada Hari Bhayangkara ini.

Polri yang Presisi Mampu Bikin Polisi Makin Dicintai
Foto dokumentasi bakti sosial Polri. Polres Sukabumi Kota memberikan sumbangan kaki palsu kepada sejumlah penyandang disabilitas.

Di era digital di mana hampir setiap orang memegang gawai dan mengakses media sosial, pelayanan korps baju coklat ini semakin transparan.

Tindak-tanduk polisi bisa seketika tersebar. Masyarakat yang tak puas akan kinerja Polri bisa dengan mudah mengunggahnya ke media sosial sehingga viral.

Persepsi masyarakat terhadap Polri bisa seketika berubah meski unggahan warga di media sosial belum tentu benar. Contoh paling menonjol adalah kemunculan tanda pagar (tagar) #PercumaLaporPolisi atau #NoViralNoJustice.

Tagar itu cukup menohok. Polisi seolah tak punya fungsi penegakan hukum. Respons polisi hanya ketika kasusnya viral di media sosial.

Contoh tersebut bukan tidak mungkin bakal terulang di kemudian hari. Karena itu, dua kali peringatan Jokowi agar setiap personel Polri berhati-hati menjadi sangat relevan.

Apa yang diungkapkan Presiden mengarah pada bagaimana Polri harus menjalankan fungsi melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat sebaik-baiknya.

Polri yang profesional dan kepercayaan masyarakat yang semakin tebal menjadi dasar kokoh terciptanya kamtibmas di seluruh pelosok Nusantara.

Kamtibmas tidak bisa tercipta semata-mata oleh tindakan represif aparat atas alasan penegakan hukum.

Sinergi kuat Polri dan rakyat justru lebih manjur dalam melanggengkan kamtibmas. Sinergi Polri-rakyat itu terwujud apabila kepercayaan masyarakat terhadap Polri senantiasa terjaga.

Sebaliknya, kinerja buruk Polri bakal mengikis kepercayaan publik.

Polisi korup, ketidakjelasan penanganan kasus, tidak responsif terhadap laporan masyarakat, atau tebang pilih penanganan kasus adalah contoh-contoh yang membuat citra Polri tergerus.

Lunturnya kepercayaan pada institusi Polri dapat berakibat tindak kriminal atau pelanggaran hukum yang meningkat, seperti persekusi atau main hakim sendiri. Masyarakat pun menjalankan aturan bukan karena kesadaran tunduk pada hukum melainkan hanya karena ada aparat yang menjaga.

Saat berbicara di Bali, Jokowi menyinggung kepuasan publik di bidang hukum menurun memasuki 2021. “Hati-hati, penegakan hukum harus tanpa pandang bulu. Ini dilihat masyarakat loh. Masyarakat itu menilai dan persepsi kepuasan publik itu tercermin dalam setiap survei,” kata Presiden ketika itu.

Dua hari setelah Presiden bicara, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei opini publik terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi negara, Minggu (5/12/2021).

Hasil survei menunjukkan Polri menempati urutan ke-3 di bawah Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Presiden.

Polri yang Presisi Mampu Bikin Polisi Makin Dicintai
Hasil survei kepercayaan publik terhadap Polri.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, tren kepercayaan publik terhadap Polri meningkat tajam mengalahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengalaman selama ini, posisi pada hasil survei bisa naik turun. Agar bisa bertahan dan bahkan menaikkan posisi ke level yang lebih baik, satu-satunya jalan adalah Polri harus membuktikan kinerja terbaiknya.

Baca selanjutnya
Sejauh mana kinerja Polri? Meningkatnya kepercayaan masyarakat sesuai hasil survei tak ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE