Logo BeritaSatu

UU Pendidikan dan Layanan Psikologi Disahkan, tentang Apa?

Kamis, 7 Juli 2022 | 21:09 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - DPR resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang (UU) dalam Rapat Paripurna ke-28 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021–2022 yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Di tahun 2020, UU yang baru disahkan ini dikenalkan dengan nama RUU Profesi Psikologi, yang kemudian berganti nama menjadi RUU Praktik Psikologi. Selanjutnya pada Mei 2022, RUU kembali berganti nama menjadi RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi (RUU PLP).

Advertisement

Salah satu hal yang menjadi dasar pembentukan UU ini adalah karena pengaturan tentang praktik psikologi belum diatur dalam satu undang-undang tersendiri sehingga hal ini belum memberikan perlindungan dan kepastian hukum.

Pengaturan penyelenggaraan praktik psikologi yang diatur dalam UU PLP ini memiliki tujuan untuk:

  • Meningkatkan mutu Praktik Psikologi
  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Tenaga Psikologi, Klien, dan masyarakat
  • Menjamin terwujudnya penyelenggaraan Pendidikan Psikologi dengan tata kelola yang baik, beretika, bermartabat, dan memiliki jati diri kebangsaan
  • Meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat

UU PLP tidak hanya mengatur hak dan kewajiban tenaga psikologi, melainkan juga hak dan kewajiban klien atau pasien yang mengunjungi praktik psikolog. Bagi Anda yang memang sudah rutin mengunjungi praktik psikolog atau baru ingin mencoba berkonsultasi dengan psikolog, ada beberapa hak yang bisa Anda dapatkan. Misalnya salah satu yang paling penting adalah, terjaminnya kerahasiaan informasi yang Anda berikan kepada tenaga psikologi.

Saat ini, masa di mana media sosial menjadi “panggung” bagi banyak orang, batas antara informasi yang bersifat penting dan pribadi menjadi kabur. Tak jarang kita melihat kasus di mana tenaga kesehatan membocorkan masalah dan keluhan pasien, dan menjadikannya sebagai objek untuk diunggah di media sosial, hanya demi mendapat perhatian dari banyak orang. Diharapkan dengan adanya UU PLP ini, klien yang merasa dirugikan akibat informasinya yang bocor, bisa menuntut haknya.

Poin lain dalam UU PLP yang juga penting adalah, memberikan kepastian penataan dan proses pada tahap penyelenggaraan pendidikan psikologi maupun profesi. Ini dikarenakan, hal tersebut diharap bisa berdampak terhadap layanan psikologi agar menjadi lebih optimal. Poin penting selanjutnya yakni, memberikan kepastian adanya kerja sama antara perguruan tinggi dengan organisasi profesi. Kedua entitas ini merupakan yang paling bertanggung jawab terhadap mutu layanan profesi psikolog.

Selanjutnya, UU PLP juga mengatur mengenai tenaga psikologi lulusan luar negeri. Psikolog lulusan luar negeri dan psikolog asing diberikan kepastian pengaturan layanan setelah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan mendapatkan Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP). UU PLP juga memberikan kepastian pengaturan bagi praktisi psikolog yang memiliki STR dan SIPP. STR diterbitkan oleh organisasi induk profesi. Sedangkan SIPP diterbitkan oleh pemerintah pusat dengan rekomendasi dari organisasi induk profesi psikologi.

Poin penting terakhir, UU PLP juga memberikan pengaturan dan kepastian pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah kepada organisasi profesi yang diarahkan pada kualitas layanan kepada klien. Kemudian perlindungan kepada praktisi psikologi dan keterbukaan layanan psikologi bagi masyarakat luas.

Dengan disahkannya UU ini, diharapkan dapat memiliki dampak signifikan terhadap pendidikan dan layanan psikologi. UU ini juga diharapkan dapat mendorong perwujudan SDM yang berkualitas, karena layanan psikologi yang baik dibutuhkan, selayaknya layanan kesehatan lainnya. Layanan psikologi sejatinya juga menjadi metode untuk mengetahui minat dan bakat seseorang, sehingga mampu mencetak SDM yang unggul dan bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Daftar ke KPU, Ini Target Partai Bhinneka Indonesia

Mendaftar ke KPU, Partai Bhinneka Indonesia (PBI) menargetkan bisa memperoleh kursi di DPR.

NEWS | 14 Agustus 2022

Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Sahabat Ganjar Gelar Jalan Sehat di Bogor

Peserta yang hadir pada kesempatan ini melakukan deklarasi dukungan bersama Sahabat Ganjar untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 14 Agustus 2022

Jakarta Sumbangkan Kasus Positif Covid-19 Terbanyak Hari Ini

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 diketahui bahwa tambahan kasus positif Covid-19 terbanyak hari ini disumbangkan DKI Jakarta, sebanyak 2.109 orang.

NEWS | 14 Agustus 2022

Hujan Deras Guyur Bogor, Katulampa Siaga 2 Banjir Jakarta

Hujan deras yang mengguyur Bogor, Minggu (14/8/2022) malam, mengakibatkan tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa naik.

NEWS | 14 Agustus 2022

Truk Bermuatan Terigu Kecelakaan di Cianjur, 6 Orang Tewas

Polisi masih melakukan pendataan terhadap korban kecelakaan truk bermuatan terigu di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi yang melibatkan sejumlah kendaraan.

NEWS | 14 Agustus 2022

Partai Pandu Bangsa Ingin Warnai Demokrasi Indonesia

Partai Pandu Bangsa menjadi salah satu parpol yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU. 

NEWS | 14 Agustus 2022

Kota Bogor Berencana PTM 100% pada Bulan September

Kota Bogor masih memberlakukan PTM 50% dan rencananya mulai berlakukan PTM 100% pada September 2022.

NEWS | 14 Agustus 2022

Pria Tanpa Identitas Tewas Tersambar KRL di Bogor

Pria tanpa identitas ditemukan tewas dunia di pinggir rel kereta di Cilebut Timur, Sukaraja, Bogor, Minggu (14/8/2022).

NEWS | 14 Agustus 2022

Ganjar Pranowo Jadi Inspirasi Ribuan Milenial Jabodetabek

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diklaim menjadi inspirasi untuk ribuan milenial yang tergabung dalam Relawan Ganjar Milenial Jabodetabek.

NEWS | 14 Agustus 2022

Tekankan Multilateralisme, Indonesia Finalisasi Hasil G-20 DWG

Indonesia melakukan finalisasi hasil pertemuan 3rd G-20 Development Working Group (DWG) Meeting yang telah digelar di Bali.

NEWS | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga Inggris: Gol Harry Kane Gagalkan Kemenangan Chelsea

Liga Inggris: Gol Harry Kane Gagalkan Kemenangan Chelsea

BOLA | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings