Logo BeritaSatu

Beijing Wajibkan Vaksinasi Covid-19 dan Mulai Longgarkan Pembatasan

Jumat, 8 Juli 2022 | 07:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Beijing mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi kebanyakan orang untuk memasuki tempat-tempat ramai seperti perpustakaan, bioskop, dan pusat kebugaran pada Rabu (6/7/2022). Aturan itu menjadi kebijakan pertama Beijing yang digabungkan potensi penyakit menular lain seperti infeksi cacar monyet.

Mulai 11 Juli, orang yang ingin memasuki ruang publik tertentu perlu divaksinasi kecuali memiliki masalah yang membuat mereka tidak cocok untuk divaksin. Restoran dan transportasi umum dikecualikan dari aturan tersebut.

Secara keseluruhan, Tiongkok telah mewajibkan karyawan berisiko lebih tinggi, seperti mereka yang bekerja di sektor transportasi umum dan industri rantai dingin, untuk divaksinasi, meskipun menahan diri dari mandat menyeluruh pada masyarakat umum dan menekankan vaksinasi bersifat sukarela.

Kota Beijing telah sepenuhnya menginokulasi 97,7 persen dari populasi orang dewasa pada September lalu. Sekarang mendesak warga untuk mendapatkan vaksin booster dan mencoba membujuk orang tua, kelompok dengan tingkat vaksinasi lebih rendah daripada orang dewasa muda, untuk ditusuk.

Pada 17 April, 80,6 persen dari orang-orang yang berusia 60 tahun ke atas di Beijing telah menerima dosis booster pertama mereka.

"Orang lanjut usia yang mengunjungi tempat-tempat tertentu yang menawarkan kegiatan khusus untuk warga lanjut usia harus divaksinasi sesegera mungkin," kata pejabat kesehatan kota Li Ang.

"Ini adalah tamparan di wajah Anda sendiri," tulis seorang pengguna di platform Tiongkok Weibo yang mirip Twitter, menyinggung kontradiksi antara aturan Beijing dan janji otoritas kesehatan nasional tahun lalu bahwa tidak akan ada pembatasan pergerakan oleh orang yang tidak divaksinasi.

Hu Xijin, seorang komentator Tiongkok yang produktif dan mantan pemimpin redaksi Global Times yang didukung negara, mengaku berharap akan ada "masa tenggang" yang tepat untuk aturan yang berdampak seperti itu, meskipun menambahkan bahwa aturan tersebut memiliki dasar ilmiah.

"Para pejabat harus mempertimbangkan bagaimana mengatasi keraguan di antara beberapa kelompok, seperti mereka yang bersiap untuk memiliki anak dan khawatir bahwa vaksinasi dapat mempengaruhi kesehatan bayi, kata Hu.

Beijing belum menentukan rincian mandat baru, seperti apakah itu hanya akan memerlukan dosis awal atau vaksinasi penuh atau bahkan booster, dan apakah akan mengenali vaksin asing seperti dari Pfizer dan Moderna yang tetap tidak disetujui di Tiongkok.

Kota Beijing melaporkan tiga kasus Covid-19 lokal baru pada hari Rabu pada pukul 3 sore, semuanya sudah diisolasi untuk observasi medis, menyusul total sembilan infeksi awal bulan ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings